Mecobalamin Injeksi dan Kapsul: Indikasi, Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

0
7156
Mecobalamin Injeksi dan Kapsul - Indikasi Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga
Mecobalamin Injeksi dan Kapsul - Indikasi Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga

Bidhuan.id – Apa Itu Mecobalamin? Mecobalamin obat apa? Pertanyaan yang demikian mungkin akan jadi pertanyaan umum yang sering ditanyakan karena memang banyak orang yang belum memahami atau mungkin belum pernah mendengar apa itu mecobalamin. Suplemen yang memiliki nama asli Methylcobalamin ini sebenarnya tergolong dalam kategori vitamin. Mengandung vitamin B12, suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul maupun ampul suntikan. Lantas, apa saja mecobalamin indikasi selain vitamin B12? Apa kegunaannya dan bagaimana dosisnya? Selain itu juga berapa harga mecobalamin injeksi dan kapsul? Temukan semua jawabannya dibawah ini.

Kegunaan Mecobalamin Injeksi dan Kapsul

Pada dasarnya mecobalamin sering digunakan untuk mengobati neuropati perifer dan juga beberapa jenis anemia yang lain. Kandungan vitamin B12 di dalamnya berguna untuk membantu tubuh kita dalam memproduksi sel darah merah. Agar lebih jelas mengenai informasi mecobalamin obat apa, ada baiknya kita cari tahu lebih lanjut apa komposisinya dan bagaimana cara pakainya.

Komposisi Mecobalamin

Seperti yang telah disebut di awal, mecobalamin adalah suplemen yang kandungan utamanya adalah mecobalamin itu sendiri. Suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi.

  • Mecobalamin 250 mcg Kapsul
  • Mecobalamin 500 mcg Injeksi

Indikasi Mecobalamin

Sebelum mengkonsumsi, mecobalamin indikasi menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Suplemen ini dianjurkan bagi mereka yang menderita anemia karena akan membantu proses pematangan dan pembelahan sel darah merah dalam tubuh. Suplemen ini juga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Dosis Mecobalamin Injeksi dan Kapsul

Dosis untuk suplemen ini bisa berbeda, disesuaikan pada kebutuhan setiap pasien. Dosis dalam bentuk kapsul dan injeksi pun juga berbeda. Suplemen dalam bentuk kapsul idealnya dikonsumsi tiga kali sehari.

Sementara itu, mecobalamin injeksi terdiri dari dua jenis yaitu neuropati purifier dan anemia pernisiosa. Keduanya dapat disuntikkan dengan takaran 500 Mcg perhari, sebanyak tiga kali dalam seminggu. Khusus untuk bentuk injeksi, dosis bisa diturunkan setelah dua bulan, menjadi satu suntikan saja setiap satu sampai tiga bulan.

Cara Pemakaian 

Untuk suplemen dalam bentuk kapsul, pasien tinggal meminumnya seperti biasa, layaknya ketika meminum obat atau vitamin lain. Sedangkan untuk bentuk injeksi, pasien disarankan agar meminta tolong pada klinik terdekat, kecuali ada anggota keluarga yang mampu dan kompeten untuk melakukannya.

Cara Penyimpanan Obat

Obat sebaiknya disimpan pada suhu di bawah 25°C, namun jangan sampai membeku ataupun tersiram air. Suplemen ini tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kamar mandi dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Kerja Obat

Kandungan siproheptadin pada obat ini bersifat antiserotonin dan antihistamin. Setelah masuk ke tubuh, kandungan ini akan menghambat efek histamine dalam tubuh yang dapat mengurangi gejala alergi pada tubuh. Selain itu, kandungan ini juga bersifat anestesi lokal.

Baca: Renadinac (Diclofenac Sodium) – Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan Harga

Efek Samping Obat Mecobalamin

Adapun efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan obat Mecobalamin  ini adalah sebagai berikut:

  • Parenteral: Sakit kepala, ruam, penurunan nafsu makan, gangguan pada saluran pencernaan yang bisa timbul setelah penggunaan.
  • Oral: Muntah-muntah, anoreksia, mual dan gejala diare.

Kontra Indikasi

Suplemen ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit jantung, paru-paru dan darah tinggi.

Peringatan dan Perhatian

Yang perlu diperhatikan ialah Suplemen ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak.

Selain itu juga jika ada yang menanyakan apakah Mecobalamin aman untuk ibu hamil? 

Maka jawabannya ialah, Penggunaan pada ibu hamil hanya bisa dilakukan jika ada saran dokter karena penggunaan secara sembarangan akan berbahaya bagi ibu maupun calon bayi. 

Kemasan dan Harga Mecobalamin Kapsul dan Injeksi

Berikut ini adalah harga Mecobalamin injeksi (suntik) dan kapsul di apotik

  • Mecobalamin Kapsul: berisi 10 kapsul dengan harga Rp 24.300,- per strip
  • Mecobalamin Suntik: berisi 10 ampul dengan harga Rp 324.600,- per kemasan

Diproduksi oleh PT. LAP LABORATORIES, PT. NOVELL dan PT. PHARMACEUTICAL

Suplemen penambah darah yang satu ini ternyata memiliki efek samping yang tidak sedikit. Mengingat adanya dua jenis suplemen berdasarkan cara mengkonsumsinya, pasien diharap untuk lebih teliti dalam mengkonsumsi mecobalamin untuk mengurangi terjadinya efek samping yang berlebihan.



Baca: Neurosanbe 5000 (Vitamin B kompleks) – Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan harga