10 Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil (Obat Medis dan Hebal)

0
242
10 Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil (Obat Medis dan Hebal)
10 Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil (Obat Medis dan Hebal)

Bidhuan.idApa saja Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil ? Ada dua jenis obat masuk angin untuk ibu hamil, yaitu obat alami dan obat medis. Mengobati Ibu hamil yang sedang masuk angin tidak boleh sembarangan, obat-obat masuk angin yang digunakan untuk ibu hamil akan berbeda dengan obat masuk angin untuk orang pada umumnya. Lalu apa saja obat masuk angin herbal dan medis yang disarankan untuk ibu hamil? ibu hamil masuk angin bahayakah? bolehkan ibu hamil masuk angin kerokan? Temukan jawaban mengenai nama-nama obat masuk angin buat ibu hamil pada ulasan dibawah ini.

Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil

Obat alami yaitu obat yang dibuat berdasarkan ramuan herbal yang menggunakan bahan-bahan di sekitar yang memiliki khasiat dalam menyembuhkan masuk angin. Sementara itu, obat medis adalah obat-obatan yang dapat ditemui di apotek dan pembeliannya biasanya memerlukan resep dari dokter.

Obat Alami Masuk Angin untuk Ibu Hamil

Ramuan alami sebagai obat masuk angin untuk ibu hamil bisa diramu dari bahan-bahan berikut ini:

  1. Jahe

Untuk mengatasi masuk angin pada ibu hamil, jahe merupakan empon-empon yang sering digunakan. Jahe mengandung gingerol, filandrena, bisabolena, kurkumen, dan zingirona yang tidak hanya berperan untuk mengatasi masuk angina tetapi juga beberapa penyakit lainnya.

Selain itu, jahe juga mengandung senyawa kimia yang dapat mengatasi mual atau muntah serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Cara menggunakan jahe sebagai obat masuk angin adalah dengan cara merebus jahe yang sudah dicuci bersih lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat.

  1. Kencur

Mengolah kencur untuk dijadikan obat masuk angin dapat dilakukan dengan merebus kencur bersama dengan kapulaga dan jahe. Sesudah mendidih, air rebusan kencur disaring dan diminum setidaknya 2x sehari dengan teratur.

  1. Temulawak

Temulawak mengandung borneol, turmerol, minyak asiri dan kurkumin, dan phelandren yang dapat menyembuhkan masuk angin. Selain itu, borneol yang terkandung pada temu lawak dapat mempercepat proses kesembuhan dari masuk angin.

Cara mengonsumsinya pun sama dengan jahe dan kencur, yaitu rebus dulu temulawak yang sudah dicuci bersih, saring ketika sudah mendidih, dan minum airnya selagi hangat.

  1. Lengkuas

Cara mengolah lengkuas untuk dijadikan obat masuk angin adalah dengan cara mengiris lengkuas dan mencampurkannya dengan irisan jahe, cengkeh, serai, kapulaga dan gula aren. Lalu, rebuslah campuran tersebut dan minum air rebusannya sebagai obat.

  1. Cengkeh

Menggunakan cengkeh sebagai obat masuk angin sangat mudah. Teteskan 10 tetes minyak cengkeh pada gelas dan tambahkan madu. Minum ramuan tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selain obat alami, masuk angin juga identik dengan penanganan alami yaitu kerokan. Namun, ibu hamil masuk angin kerokan sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu janin yang ada di dalam kandungan.

Baca: 3 Produk Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil

Obat Medis Masuk Angin buat Ibu Hamil

Selain mengobati masuk angin dengan menggunakan obat herbal, ibu yang sedang hamil juga dapat menggunakan obat medis untuk mengatasi masuk angin yang dideritanya.

Ada lima Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil yang dapat diikonsumsi untuk mengatasi masuk angin yang dialami tersebut, antara lain:

  1. Obat Disflatyl.

Obat ini berfungsi untuk mengeluarkan gas di perut atau di bagian pencernaan. Landungannya dinilai aman untuk ibu hamil.

  1. Obat Cisapride.

Obat ini dapat digunakan untuk meredakan gejala perut kembung sebelum semakin parah.

  1. Obat Dimethicone.

Obat ini berfungsi untuk mengurangi tegangan gas pada perut kembung.

  1. Obat Metoclopramide.

Berbeda dengan obat-obat sebelumnya, obat ini mampu merangsang kontraksi otot sehingga dapat mengatasi gejala masuk angin.

  1. Obat Domperidone.

Obat ini tidak hanya berguna untuk mengobati masuk angin tetapi dapat juga untuk mengatasi mual dan muntah.

Karena obat medis merupakan obat-obatan berbahan kimia, maka akan lebih baik untuk mengutamakan konsumsi obat alami sebagai obat masuk angin untuk ibu hamil karena tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan medis.

Selain itu, agar dosis pada obat masuk angin medis diatas dapat digunakan dengan tepat. Ibu hamil akan lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter sebelum mulai menggunakannya.

Ibu hamil masuk angin bahayakah?

Jika ditanya ibu hamil masuk angin bahayakah, tentu jawabannya adalah tidak walaupun kondisi ini perlu segera ditangani.

Jadi, untuk mengatasi masuk angin pada ibu hamil, ada dua jenis obat yang bisa digunakan, yaitu obat herbal (alami) dan obat-obatan medis. Dengan demikian, ibu hamil tidak perlu khawatir apabila mengalaminya. Mengapa? Karena ada banyak pilihan obat masuk angin untuk ibu hamil yang manjur dan aman.



Baca: Suplemen Ibu Hamil Osfit DHA