Obat Lambucid: Obat Asam Lambung di Apotik untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

7589
Obat Lambucid Obat Asam Lambung di Apotik untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
Obat Lambucid Obat Asam Lambung di Apotik untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bidhuan.id – Obat Lambucid adalah salah satu jenis obat asam lambung yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti maag atau tukak lambung. Cara mengatasi gangguan pada pencernaan memang dapat dilakukan dengan banyak metode. Namun, salah satu yang paling tepat sudah tentu menggunakan jenis obat asam lambung yang tepat. Lalu, bagaimana dengan informasi obat Lambucid ini? Apa saja sediaan obat Lambucid? Berapa Dosis obat untuk asam lambung di apotik ini? Berapa juga harganya? Untuk menemukan jawabannya, silahkan ikuti terus ulasan di bawah ini.

Gangguan asam lambung yang menyebabkan penyakit maag memang dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Cara mengatasinya pun dapat dikatakan cukup beragam dengan metode yang berbeda-beda. Namun langkah yang paling tepat sudah tentu menggunakan obat yang dapat dibeli di Apotik, baik itu Obat Omeprazole , Obat Antasida Doen atau  obat Lambucid ini.

Farmakologi Obat Lambucid

Lambucid sendiri merupakan jenis obat yang memiliki kandungan atau komposisi mh(OH)2. Kandungan tersebut merupakan antasida yang berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung. Dengan begitu, efek dekstruktif asam lambung akan berkurang, serta aktivitas proteolitik dari pepsin pun akan berkurang.

Selain itu, efek dari kosntipasi AI(OH)3 dan juga efek katarik Mg(OH)2 dapat saling menetralkan. Pasalnya diketahui bahwa AI(OH)3 juga merupakan salah satu adsorben dan juga demulsen. Sedangkan dimethyl polysiloxane atau zat anti-busa merupakan senyawa yang dapat mengurangi busa serta cairan di lambung.

Untuk itulah mengapa obat Lambucid ini mampu meredakan gangguan asam lambung hingga penyakit maag dengan efektif. Untuk Bidhuaners yang ingin mengetahui informasi lengkapnya, maka dapat mengetahui informasinya melalui ulasan dibawah ini.

Informasi Obat Lambucid :

  • Indikasi Obat Lambucid (Obat Asam Lambung)

Obat Lambucid memiliki indikasi utama untuk meredakan asam lambung atau kelebihan asam lambung. Namun obat asam lambung ini juga dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan lain seperti :

  1. Tukak Lambung
  2. Tukak usus 12 jari
  3. Mual
  4. Kembung
  5. Perasaan penuh padabagian lambung
  • Kontra Indikasi Obat Lambucid

Beberapa kontra indikasi yang sebaiknya diperhatikan ketika akan menggunakan obat ini antara lain seperti :

  • Hipersensitif terhadap kandungan obat seperti AI, dimethyl polysiloxane, dan Mg.
  • Penderita dengan riwayat gangguan fungsi ginjal yang berat.
  • Komposisi Obat Lambucid

Adapun komposisi atau kandungan yang terdapat di dalam obat ini adalah :

  • Alumunium Hydroxide 300 mg
  • Magnesium Hydroxide 300 mg
  • Dymethil Polysiloxane 30 mg
  • Dosis Obat Lambucid (Obat Asam Lambung di Apotik)

Walaupun merupakan obat bebas, namun penggunaan obat Lambucid juga tentu saja sebaiknya mengikuti dosis yang dianjurkan. Adapun dosis yang dianjurkan adalah :

  • Dewasa : 1 hingga 2 tablet atau 5 hingga 10 ml suspensi, 3 hingga 4 kali sehari
  • Anak (6-12 tahun) : ½ hingga 1 tablet atau 2.5 ml suspensi, 4 hingga 4 kali sehari

Untuk pemberian obat, sebaiknya obat ini diberikan antara 1 hingga 2 jam setelah makan dan menjelang tidur. Dan untuk tablet kunyah, sebaiknya dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan.

  • Efek Samping Obat Lambucid

Adapun beberapa efek samping yang mungkin terjadi ketika menggunakan obat Lambucid antara lain seperti :

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Konstipasi
  4. Diare

Beberapa gejala efek samping tersebut biasanya akan langsung hilang ketika penggunaan obat dihentikan.

Baca: Timbul Efek Samping! Ayo Mulai Beralih ke Obat Tradisional Asam Lambung

Perhatian

Terdapat beberapa hal yang juga wajib diperhatikan ketika akan menggunakan obat ini, beberapa diantaranya adalah :

  1. Hati-hati pada penderita yang memiliki riwayat gangguan pada fungsi ginjal, karena dapat menyebabkan hipermagnesemia.
  2. Penggunaan obat lebih dari 2 minggu dapat menimbulkan ketergantungan pada fungsi lambung.
  3. Sebaiknya obat diberikan dengan interval sekitar 2 jam. Karena diketahui dapat mengganggu absorpsi tetracyline dan juga cimetidine per-oral.
  4. Tidak dianjurkan digunakan pada anak-anak dengan kisaran usia dibawah 6 tahun.
  • Sediaan dan Harga Obat Lambucid di Apotik

Untuk bentuk sediaan, Obat Lambucid tersedia dalam bentuk sirup dan tablet kunyah. Untuk harganya, Obat Lambucid dijual dengan kisaran harga antara Rp. 60.000 hingga Rp. 65.000.

Demikian di atas tadi adalah informasi obat Lambucid yang telah kita ketahui bersama yang dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi gangguan pencernaan salah satunya Maag. Semoga informasi obat-obatan yang ada di Apotik sebagaimana telah dijelaskan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.



Baca: Penyakit Infeksi Lambung : Penyebab, Gejala dan Obat yang Digunakan