Obat Valdoxan: Obat Antidepresan Dari Golongan Agomelatine

1749
Obat Valdoxan Obat Antidepresan Dari Golongan Agomelatine
Obat Valdoxan Obat Antidepresan Dari Golongan Agomelatine

Bidhuan.id – Obat Valdoxan adalah obat antidepresan yang biasanya akan di berikan pada pasien dengan indikasi depresi berat. Salah satu cara efektif mengatasi depresi memang dengan menggunakan obat-obatan khusus yang disesuaikan dengan jenis depresi penderitanya. Dan salah satunya yakni menggunakan obat Valdoxan ini. Lantas, apa saja indikasi hingga efek samping dari obat anti depresi berat ini? Bagaimana dosis penggunaan Obat Valdoxan yang tepat? Serta, berapa harga Obat Antidepresan ini di apotik? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus ulasan dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa depresi adalah salah satu jenis penyakit gangguan kesehatan mental. Penyakit gangguan mental ini sebenarnya tidak dapat hilang dengan sendirinya dan butuh pengobatan khusus. Selain dengan terapi psikologis, depresi juga dapat diatasi dengan penggunaan berbagai obat-obatan medis. Salah satunya yakni dengan obat Valdoxan ini.

Farmakologi Obat Valdoxan

Obat anti depresi berat seperti Valdoxan memiliki komposisi utama Agomelatine, dimana kandungan tersebut diketahui aktif terhadap model divalidasi depresi. Agomelatine juga dapat meningkatkan proses pelepasan dopamin serta norepinefrin, khususnya pada daerah korteks prefrontal. Dan pada umumnya, pasien akan tertidur setelah mengkonsumsi obat ini.

Kendati obat Valdoxan ini merupakan jenis obat anti depresi berat yang dijual bebas di pasaran, namun tetap saja penggunaannya sebaiknya dibawah pengawasan ahli medis dan sesuai dengan aturan pakai. Agar tidak salah ketika menggunakan, maka berikut ini adalah informasi lengkap mengenai Obat Valdoxan yang dapat kita ketahui bersama.

Informasi Obat Valdoxan :

  • Indikasi Obat Valdoxan (Obat Anti Depresi Berat)

Indikasi utama dari obat Valdoxan adalah sebagai obat anti depresi. Dapat digunakan untuk mengobati dan juga untuk terapi depresi secara berkala. Selain itu, dapat pula digunakan untuk mengontrol kondisi depresi pada pasien yang memiliki gejala serupa hingga mencegah depresi.

  • Kontra Indikasi Obat Valdoxan

Terdapat beberapa kontra indikasi dari obat Valdoxan yang sebaiknya diperhatikan. Obat Valdoxan sebaiknya tidak diberikan pada pasien dengan kondisi :

  1. Hipersensitivitas pada golongan obat agomelatine.
  2. Gangguan atau kerusakan hati
  3. Kerap menggunakan inhibitor CYP1A2
  • Komposisi Obat Antidepresan Valdoxan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa obat Valdoxan memiliki komposisi utama Agomelatine.

  • Dosis dan Pemberian Obat Valdoxan

Obat Valdoxan dapat diberikan bersamaan dengan makanan atau dapat juga diberikan tanpa makanan.

Untuk dosis yang dianjurkan adalah 1 kali dalam sehari sebanyak 25 mg, diberikan pada saat akan atau menjelang tidur.

Jika tidak terdapat perubahan setelah 2 minggu penggunaan obat, maka dosis dapat ditingkatkan menjadi 1 kali sehari hingga 50 mg.

  • Efek Samping Obat¬†Antidepresan Valdoxan

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsi obat Valdoxan adalah :

  1. Migren yang disertai mual
  2. Konstipasi
  3. Diare
  4. Nyeri pada perut di bagian atas
  5. Nyeri punggung
  6. Rasa lelah menyeluruh
  7. Hiperhidrosis
  8. Peningkatan ASAT dan/atau ALAT
  9. Gangguan cemas

Baca: 5 Nama Obat Penenang Generik yang Paling Banyak dipakai

Perhatian dan Peringatan

Terdapat beberapa hal lain yang juga wajib diperhatikan dengan baik saat akan menggunakan obat Valdoxan. Beberapa diantaranya yakni :

  1. Hati-hati pada penderita dengan riwayat hipomania/mania, kejadian yang berhubungan dengan pemikiran bunuh diri hingga upaya untuk bunuh diri dalam derajat yang signifikan.
  2. Lakukan tes pada fungsi hati sevara berkala.
  3. Sebaiknya tidak menjalankan mesin atau mengemudi saat mengkonsumsi obat Valdoxan.
  4. Penggunaan pada ibu hamil dan anak/remaja sebaiknya dibawah pengawasan dokter.
  • Kemasan dan Harga Obat Valdoxan

Obat Valdoxan tersedia dalam sediaan tablet 25 mg yang dikemas dalam bentuk stip film, dan dijual dengan kisaran harga Rp. 440.000 / pak.

Demikian di atas tadi adalah ulasan mengenai informasi obat Valdoxan yang merupakan salah satu dari Obat Antidepresan yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi depresi berat. Semoga informasi obat-obatan di atas dapat menjadi sumber serta referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Bidhuaners semuanya.



Baca: Obat Penenang Calmlet: Indikasi, Dosis, Efek Samping dan Harga