4 Merk Salep Antibiotik Untuk Luka Terbuka Basah / Berair

0
1090
4 Merk Salep Antibiotik Untuk Luka Terbuka Basah Berair
4 Merk Salep Antibiotik Untuk Luka Terbuka Basah Berair

Bidhuan.id – Apakah Anda sering merasa bingung memilih salep antibiotik untuk luka terbuka yang aman dan efektif? Banyaknya berbagai merk salep untuk luka yang ada saat ini kerap kali membuat kita jadi bingung harus memilih salep pengering luka mana yang haru digunakan, baik itu untuk luka bernanah, luka lecet yang terbuka hingga untuk mengeringkan luka berair. Pengobatan luka harus dilakukan dengan segera untuk menghindari terjadinya infeksi. Lantas, salep antibiotik luka apa saja yang sebaiknya digunakan? Berapa harga Salep Antibiotik Untuk Luka tersebut di Apotik? Berikut ini adalah jawabannnya.

Pilihan Salep antibiotik luka di Apotik

Penggunaan salep dipercaya bisa mengeringkan dan menyembuhkan luka secara aman dan efektif lebih cepat. Penggunaan salep antibiotik untuk luka juga bertujuan untuk menghindari terjadinya pembengkakan maupun infeksi pada bagian yang terluka tersebut.

Berikut ini beberapa salep antibiotik untuk luka yang dapat di beli diapotik yang bisa anda coba untuk gunakan.

  1. Salep Gentamicin

Mungkin, kita sudah tidak asing lagi dengan Salep antibiotik yang satu ini. Gentamicin merupakan salah satu salep antibiotik untuk luka yang multi fungsi dan salah satunya bisa digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka.

Salep ini termasuk ke dalam golongan antibiotik yang mengandung Gentamicin Sulfate yang setara dengan Gentamicin 0,1%. Unsur ini berfungsi membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Untuk mengobati luka yang terbuka, cukup oleskan salep ini pada bagian yang mengalami peradangan secara merata. Oleskan sebanyak tiga hingga empat kali sehari secara teratur sampai luka sembuh.

Salep Gentamicin bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat dengan harga Rp 9.000,00.

  1. Salep Garamycin (Salep untuk mengeringkan luka berair)

Garamycin salep adalah obat yang biasa digunakan untuk mengeringkan luka berair/basah yang sangat peka terhadap serangan bakteri. Salep ampuh yang mengandung antibiotik gentamicin ini termasuk dalam antibiotik golongan aminoglikosida dan mampu menyerang basilus aerobik gram positif dan negatif dengan cukup cepat.

Setelah menggunakan salep ini, luka basah di kulit biasanya akan segera kering. Salep ini mengandung beberapa zat aktif yang mampu memerangi bakteri pada luka basah, seperti 1 mg Gentamycin Sulfate. Luka yang basah dapat dirawat dengan cara diolesi salep ini secara merata. Perawatan ini perlu dilakukan sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Karena formulanya yang cukup keras, salep ini hanya bisa didapatkan menggunakan resep dokter.

Harga Salep Garamycin pun masih cukup terjangkau, yaitu Rp 36.855,00.

Baca: Macam-Macam Salep Antibiotik Untuk Luka yang Bagus

  1. Betadine Salep Antiseptic

Betadine Salep Antiseptik adalah salah satu salep antibiotik untuk menyembuhkan luka terbuka dengan waktu yang relatif cepat. Di Indonesia, salep ini sangat populer dan paling sering digunakan dan disarankan oleh dokter.

Salep ini mengandung Povidone-iodine 10% yang dipercaya mencegah infeksi pada bekas-bekas luka. Salep ini perlu dioleskan secara merata pada luka agar luka cepat sembuh. Tiga hingga empat kali pengaplikasian dalam sehari sudah dosis yang cukup baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Salep ini bisa dibeli di apotik terdekat tanpa resep dari dokter.

Harganya pun juga cukup murah hampir sama dengan harga Salep Gentamicin, hanya Rp 10.900,00.

  1. Salep Kulit Mederma

Mederma merupakan salah satu dari beberapa salep luka terbaik di Indonesia dan Amerika Serikat. Salep ini terbukti sangat ampuh dalam menyembuhkan luka pada kulit dan mengandung bahan-bahan yang ampuh, seperti aqua, PEG-4, Xanthan Gum, Alkohol, Allium Cepa, dan Allantoin.

Untuk segera menutup luka dan mencegah terjadinya infeksi, cukup oleskan salep ini pada bagian yang terluka dengan merata. Gunakan salep ini sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari sampai lika sembuh. Dosis ini cukup untuk dewasa dan anak-anak.

Salep berbentuk gel ini bisa dibeli di apotik terdekat dengan harga Rp 200.000,00. Memang cukup mahal, tetapi harga ini sebanding dengan performa salep yang luar biasa.

Luka terbuka memang memerlukan perawatan yang baik dan segera. Luka terbuka yang dibiarkan tanpa perawatan berisiko mengalami infeksi dan peradangan. Hal ini bisa menjadi penyebab masalah kulit lainnya. Untuk perawatan yang maksimal dan menyeluruh, Merk salep antibiotik untuk luka terbuka  di atas menjadi rekomendasi yang terbaik. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pilihan salep yang tepat.



Baca: 6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi