Suplemen Ibu Hamil Promavit VS Folavit, Mana yang lebih Baik?

0
205
Suplemen Ibu Hamil Promavit VS Folavit, Mana yang lebih Baik
Suplemen Ibu Hamil Promavit VS Folavit, Mana yang lebih Baik

Bidhuan.id – Kedua suplemen ini cukup populer di kalangan calon ibu hamil. Hanya saja, terkadang terjadi kebingungan untuk memilih antara suplemen promavit atau folavit. Apabila Anda adalah seorang ibu hamil, maka suplemen-suplemen diperlukan agar proses kehamilan dapat berlangsung dengan baik dengan asupan nutrisi yang lengkap. Sebab, masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi tubuh calon ibu, maka dari itu kesehatan dan daya tahan harus diijaga. Lantas, suplemen ibu hamil manakah yang sebaiknya anda pilih untuk digunakan? Apa saja kelebihan dan kekurangan suplemen Promavit dan Folavit? Temukan jawabannya pada ulasan berikut.

Pilih Suplemen Promavit atau Folavit?

Para dokter kandungan sering kali memberikan resep kedua suplemen ini kepada pasiennya untuk memastikan asupan nutrisi yang diperlukan terpenuhi. Ingin tahu apa bedanya? Membandingkan promavit vs folavit memang diperlukan untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing suplemen.

Mari kita cari tahu lebih banyak Perbedaan Promavit dan Folavit.  

  • Suplemen Promavit untuk Ibu Hamil

Kelebihan dari suplemen ibu hamil promavit adalah suplemen ini mengandung zat besi, DHA, EPA, asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin d3, kalsium, magnesium dan omega 3 yang berguna bagi ibu menyusui dan hamil. Suplemen ini memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil.

  • Manfaat yang pertama adalah memperkuat kekebalan tubuh. Vitamin-vitamin yang terdapat dalam suplemen inilah yang membuat kekebalan tubuh semakin kuat. Dengan begitu, kuman, bakteri, virus, dan penyakit-penyakit akan dapat dihindari.
  • Manfaat yang kedua adalah suplemen ini mencegah sakit gigi atau keropos tulang. Bayi akan mengambil mineral dan kalsium dari sang ibu, sehingga mineral dan kalsium dalam suplemen ini berperan untuk mencegah permasalahan tersebut pada ibu hamil saat masa kehamilan.
  • Manfaat yang ketiga adalah zat besi yang terkandung dalam suplemen ini dapat mencegah anemia pada saat kehamilan.
  • Keempat, asam folat dan omega-3 dalam suplemen ini juga dapat membantu pertumbuhan otak janin, membuat bayi menjadi lebih cerdas nantinya.

Untuk lebih jelas lagi mengenai ke-4 manfaat tersebut, telah kami uraikan di artikel sebelumnya (4 Manfaat Promavit untuk Program Hamil yang Lebih Baik )

Kekurangan suplemen ini adalah terdapat berbagai efek samping bagi yang memiliki ketidakcocokan pada salah satu zat yang terkandung dalam suplemen ibu hamil ini.

Contohnya bagi yang sedang memiliki gangguan pendarahan, suplemen ini sebaiknya tidak diminum karena kandungan Omega 3-nya dapat meningkatkan resiko terjadinya pendarahan. Pendarahan yang dimaksud disini seperti mimisan dan kencing berdarah. Omega 3 yang terkandung pada suplemen Promavit ini juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi lebih rendah. Oleh sebab itu, Ibu hamil yang merupakan penderita hipotensi tidak dianjurkan untuk meminum suplemen ini.

Untuk info lebih lengkap mengenai Suplemen ini, baca: Kandungan Promavit, Dosis dan Harga Promavit Kapsul

  • Suplemen Ibu Hamil Folavit

Folavit adalah suplemen yang baik diminum oleh ibu hamil, calon ibu hamil, dan ibu menyusui. Suplemen ini mengandung asam folat yang tinggi, yang berguna serta bermanfaat untuk sang ibu dan janinnya sekaligus.

  • Manfaat yang pertama adalah dengan meminum suplemen ini secara teratur, ibu akan terhindar dari anemia. Asam folat yang terkandung dalam suplemen ini berguna dalam pembentukan sel darah merah, menghindarkan sang ibu dari kekurangan sel darah merah atau anemia.
  • Manfaat yang kedua, kandungan asam folat dalam suplemen ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan otak pada janin. Hal ini berperan penting dalam pertumbuhan kecerdasan bayi nantinya.
  • Ketiga, asam folat juga berperan penting dalam pembentukan sel dan jaringan kuat pada tubuh janin, membuat daya tahannya semakin kuat.
  • Manfaat yang terakhir, asam folat berperan sebagai zat untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi. Kekurangan asam folat memang diketahui dapat membuat bayi menjadi cacat.

Kekurangan dari suplemen ini adalah dosis asam folatnya yang tinggi. Konsumsi asam folat yang berlebih akan berbahaya bagi kesehatan dan daya tahan tubuh si ibu. Beberapa masalah yang dapat timbul bagi tubuh yaitu kurangnya konsentrasi, perut terasa mual, cepat lelah, depresi, sulit tidur, kekurangan atau kelebihan nafsu makan, dan darah tinggi.

Kesimpulan

Kedua suplemen memiliki kelebihan yang berguna tidak hanya bagi janin namun juga berguna bagi sang ibu yang mengandung. Namun, masing-masing suplemen memiliki kekurangannya. Kekurangan suplemen-suplemen ini bahkan dapat dikategorikan dalam efek samping yang cukup berbahaya bagi si ibu hamil. Oleh karena itu, membandingkan promavit vs folavit saja tidak cukup. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat pilihan yang tepat mana Suplemen Ibu Hamil yang sebaiknya anda gunakan.

Baca: Perbedaan Nulacta Dan Nulacta Plus (Komposisi, Manfaat dan Cara Konsumsi)