6 Nama Obat yang Bisa Bikin Mabuk, Hindari Penggunaannya Secara Berlebihan

0
1266
6 Nama Obat yang Bisa Bikin Mabuk, Hindari Penggunaannya Secara Berlebihan
6 Nama Obat yang Bisa Bikin Mabuk, Hindari Penggunaannya Secara Berlebihan

Bidhuan.id – Akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan beberapa nama obat yang bisa bikin mabuk. Apa tujuan mengkonsumsi obat? Pastinya untuk memulihkan kesehatan, bukan? Namun waspadai beberapa jenis obat yang berbahaya bagi tubuh, yang bahkan bisa memberi efek samping yang tidak terduga, seperti mabuk maupun hal-hal lain yang lebih buruk. Hal tersebut biasanya terjadi, karena penyalahgunaan dari obat itu sendiri. Lantas, apa saja obat warung yang memabukkan tersebut? Simak ulasannya dibawah ini

Contoh obat yang bikin mabuk

Obat-obatan yang dapat menyebabkan mabuk ini bukan secara sengaja memang dibuat untuk itu. Namun, obat-obatan tersebut disalahgunakan penggunaannya melebihi dosis serta aturan penggunaan yang seharusnya. Hal ini dilakukan oleh sebagian orang yang ingin merasakan efek mabuk namun dengan sensasi yang berbeda atau dengan biaya yang lebih terjangkau. Oleh karena itu biasanya mereka akan mencari obat warung yang memabukkan karena dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Langsung saja, berikut ini beberapa contoh obat yang bikin mabuk:

  1. Anadex

Anadex merupakan salah satu nama obat yang bisa bikin mabuk walaupun sebenarnya biasa digunakan untuk meringankan gejala-gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan demam. Obat ini bisa dikatakan cukup berbahaya karena obat ini bisa digunakan sebagai pengganti putaw dan shabu jika jatuh ke tangan pecandu narkoba.

Obat ini mengandung bahan-bahan aktif seperti Paracetamol 500 mg, Dextromethorphan HBr 15 mg, Chlorpheniramine Maleate 1 mg, dan Phenylpropanolamine HCl 15 mg. Obat ini bisa dibeli di apotik dengan harga Rp 1.515,00.

Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai gejala flu, penggunaannya yang benar ialah minum satu kapsul tiga hingga empat kali dalam sehari.

  1. Dextromethorphan

Dextromethorphan merupakan salah satu obat yang digunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai dengan flu. Obat ini mengandung senyawa aktif seperti Dextromethorphan yang mampu mendorong otak untuk batuk sehingga dahak bisa keluar dari tubuh.

Sebagai obat batuk, minum obat ini sebanyak tiga hingga lima kali dalam sehari. Namun mengingat efek sampingnya, obat ini sebaiknya tidak diminum apalagi tanpa pengawasan dari dokter.

Apa jadinya jika dikonsumsi berlebihan? obat ini dapat memberikan efek samping memabukkan.

Baca: Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian

  1. Romilar

Romilar merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menyembuhkan batuk kering. Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini karena juga bisa memberi efek memabukkan.

Obat ini mengandung bahan-bahan aktif seperti Dextromethorphan HBr 15 mg, Ammonium Klorida 90 mg, dan Dekspantenol 50 mg.

Obat ini bisa dibeli di apotik dengan harga Rp 5.090,00. Untuk hasil yang maksimal, pada penggunaan yang seharusnya ialah konsumsi obat ini sebanyak tiga hingga empat kali sehari sebanyak satu sampai dua tablet.

  1. Komix DT (Obat komix bikin mabuk)

Obat ampuh ini biasa digunakan untuk meredakan batuk dan pilek. Komix DT mengandung Dextrometorfan HBr 14 mg, Klorfeniramini Maleat 1,4 mg, Fenilpropanolamin HCl 12,5 mg, dan Ammonium Klorida 87,5 mg.

Obat ini memang tergolong ampuh untuk mengatasi batuk dan pilek. Namun, penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan akan berefek memabukkan. Lebih baik Anda menggunakan resep dokter jika ingin mengkonsumsi obat ini.

Obat ini pernah ditarik dari pasaran karena seringkali disalahgunakan. Bahkan obat ini terkenal dengan sebutan “obat komix bikin mabuk” dikalangan para penyalahgunaan obat.

  1. Bisolvon Antitisuf

Bisolvon Antitusif merupakan salah satu obat batuk yang memiliki efek samping memabukkan kalau digunakan tidak sesuai dengan aturan. Sama seperti beberapa obat diataas, Obat yang mengandung Dextrometorfan HBr ini seringkali digunakan sebagai obat yang bikin mabuk dengan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Obat sirup ini bisa dibeli dengan harga Rp 26.000,00. Penggunaan obat ini secara benar ialah dengan Minum tiga kali sehari untuk menyembuhkan batuk dengan segera.

Baca: 4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

  1. Vicks Formula 44 DT

Obat batuk ampuh yang mengandung Dextromethorphan HBr 5 mg dan Doksilamin Suksinat 3 mg ini juga memiliki efek samping memabukkan jika digunakan secara berlebih.

Padahal seharusnya, penderita sakit batuk hanya perlu meminumnya 4 jam sekali sebanyak 5 ml setiap kali minum. Pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan rasa mabuk. Obat ini bisa dibeli dengan harga Rp 14.000,00.

Adanya kandungan Dextromethorphan pada beberapa nama obat yang bisa bikin mabuk yang telah disebutkan diatas memang rawan sekali disalahgunakan. Namun, anda juga tak perlu takut dengan obat-obatan tersebut. Karena jika digunakan sesuai aturan dan dosis yang tepat, obat tersebut tentu akan berfungsi sebagai mana mestinya dan tidak akan menimbulkan efek memabukkan.



Baca: Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak