7 Nama Obat Bisul di Apotek (Obat Salep dan Oral/Pil)

0
15474
7 Nama Obat Bisul di Apotek (Obat Salep dan OralPil)
7 Nama Obat Bisul di Apotek (Obat Salep dan OralPil)

Bidhuan.id – Bisul pastinya sangat menganggu bagi siapa saja yang mengalaminya sehingga Nama obat bisul di apotek perlu diketahui oleh orang sebagai solusi saat mengalami masalah bisulan ini. Ada banyak sekali obat bisul yang bisa dipilih dengan harga salep bisul yang terjangkau. Tak hanya yang berbentuk salep, obat bisul oral juga bisa digunakan sebagai
obat bisul paling ampuh. Lantas, apa sajakah nama/merk obat bisul itu? Berapa harga obat bisul tersebut? Temukan jawabannya, pada ulasan dibawah ini

Nama obat bisul paling ampuh

Pengobatan bisul/bisulan tak selalu bisa dilakukan menggunakan obat salep bisul saja. Pilihan penggunaan obat oral untuk bisul pun dapat dijadikan cara mengobati bisul yang ampuh. Langsung saja, Berikut ini pembahasannya  masing-masing obatnya mulai dari salep bisul hingga pil/obat oral untuk bisul:

Pilihan Nama Salep Bisul Paling ampuh

  • Salep Benzocaine

Benzocaine adalah salah satu nama obat bisul di apotek yang digunakan untuk mengobati bisul. Salep ini bekerja dengan menghalangi transmisi sinyal rasa sakit di kepala. Obat ini sebaiknya digunakan secara wajar dan sesuai resep dokter karena tergolong sebagai obat keras.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan ke bisul setelah mandi atau bisa juga tiga kali sehari secara rutin selama dua minggu saja. Untuk harganya adalah sekitar Rp 20.000,00

  • Obat bisul salep ichtyol (Salep Hitam)

Obat bisul Salep Ichtyol atau yang biasa disebut juga Salep Hitam ini mengandung ichtammolum sebanyak 10% yang berperan sebagai sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antifungi. Penggunaan yang dianjurkan adalah dengan mengoleskan pada bisul sebanyak 2 – 3 kali sehari pada bisul.

Harga dari obat salep ichtyol ini pun cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 30.000.

  • Salep Asam Fusidat (Fusidic acid cream)

Salep ini terbukti mampu melawan Staphylococcus, Corynebacterium, Streptococcus, dan  Clostridium yang menyebabkan bisul. Salep ini digunakan dengan cara mengoleskan pada bisul tiga kali sehari.

Harga salep Asam Fusidat ini adalah sekitar Rp 40.000,00.

  • Salep Mupirocin

Mupirocin adalah salep untuk bisul yang bersifat topikal. Antibiotik yang ada pada obat salep ini mampu mengatasii MRSA (meticillin resistant Staphylococcus aureus).

Salep ini sebaiknya digunakan tiga kali sehari dengan cara mengoleskan tipis di kulit. Penggunaan sebaiknya tidak lebih dari dua minggu. Efek samping dari penggunaan obat salep Mupirocin ini bisa berupa gatal, rasa terbakar, sakit, menyengat serta ruam kulit.

Salep Mupirocin dijual di Apotik dengan harga Rp 65.000,00

  • Gentamicin salep untuk bisul

Obat salep Gentamicin, mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Salep ini mengandung antibiotik yang membantu menyembuhkan kulit yang terinfeksi bisul. Untuk menggunakan salep ini, cukup dengan mengoleskannya pada bisul tiga atau empat kali dalam sehari.

Melalui riset yang pernah dilakukan, Gentamisin tidak memberikan efek samping pada penggunanya. Untuk harga obat gentamicin ini pun sangatlah terjangkau, Kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 10.000,00.

Baca: Cara Mengobati Bisul, Cara Tradisional namun Manjur

Obat Oral/Pil untuk Mengobati Bisul

Mengobati bisul, selain dapat dilakukan dengan menggunakan salep-salep obat bisul yang telah disebutkan sebelumnya, dapat juga dilakukan dengan Obat Pil/Oral. Apa sajakah nama obat pil untuk bisul yang dapat digunakan? Berikut ini nama-nama obatnya

  • Obat Bisul Oral – Flukloksasilin

Obat golongan penisilin ini  juga seringkali diresepkan oleh dokter untuk pengobatan bisul. Obat ini diminum sebanyak empat kali sehari satu jam sebelum atau bisa juga dua jam setelah makan.

Untuk penggunaan obat ini, pasien harus menghabiskannya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari resistens bakteri. Penggunaan obat dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti gangguan fungsi hati, nyeri sendi, diare, demam, ruam kulit, dan nyeri otot. Sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi terhadap penisilin.

Harga dari obat Flukloksasilin terbilang cukup mahal yaitu Rp 170.000,00.

  • Obat Bisul Eritromisin

Eritromisin adalah obat golongan Antibiotik makrolida yang dijadikan obat pilihan oleh dokter untuk mengobati bisul terutama untuk pasien yang tidak bisa menerima penisilin sebagai obat bisul.

Obat ini diminum tiga sampai empat kali dalam sehari atau sesuai dengan instruksi dokter. Begitu juga dengan durasi pengobatan. Hal ini sangat tergantung pada seberapa parah infeksi terjadi.

Efek samping dari penggunaan obat ini adalah kram perut, diare, sakit perut, muntah dan ruam kulit. Apabila sudah mengonsumsi obat ini, sebaiknya dihabiskan karena jika sampai tidak habis, bakteri akan resisten terhadap obat yang diberikan.

Harga perbutir dari obat Eritromisin ini adalah Rp 3.000,00.

Itulah beberapa jenis obat bisul mulai dari salep hingga obat yang diminum secara oral untuk mengobati bisul. Semoga daftar nama obat bisul di apotek ini bisa membantumu memilih obat yang tepat!



Baca: 3 Penyebab Munculnya Bisul Ternyata Cuma Mitos, Salah Satunya Banyak Makan Telur