5 Nama Obat Penenang Generik yang Paling Banyak dipakai

0
1418
5 Nama Obat Penenang Generik yang Paling Banyak dipakai
5 Nama Obat Penenang Generik yang Paling Banyak dipakai

Bidhuan.idNama obat penenang generik yang ada saat ini sudah tersedia dalam berbagai pilihan. Obat penenang sendiri merupakan obat yang sering digunakan oleh dokter pada pasien. Terutama, pada pasien yang akan menjalani operasi karena membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengantuk. Tidak ada cara mendapatkan resep obat penenang secara cuma-cuma, Dokter hanya akan memberikan Obat penenang jika dirasa perlu. Sebab, obat penenang sangat rawan sekali disalahgunakan. Lantas, apa saja nama obat penenang dari dokter yang merupakan obat generik? Apa Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan masing-masing obat penenang ini? obat penenang yang paling banyak dipakai itu apa? Lihat, jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Nama obat penenang pikiran

Untuk dapat membeli berbagai obat penenang di apotik, diperlukan resep Dokter. Hal ini dikarenakan obat penenang seringkali disalahgunakan oleh sebagian orang. Selain itu juga, Efek samping dari penggunaan obat penenang pun sangat berbahaya jika digunakan dengan dosis yang tidak dianjurkan oleh resep dokter, dan tentu saja penggunaan obat penenang dalam hal ini dapat menjadi ilegal.

Berikut adalah nama-nama obat penenang generik yang ada dan cukup sering diresepkan oleh Dokter:

  1. Amitryptiline 25mg

Amitryptiline adalah nama obat penenang generik  yang merupakan antidepresan golongan trisiklik. Obat ini memiliki efek anti nyeri yang sering digunakan oleh dokter saraf sebagai obat penenang yang dapat diminum 3 kali sehari, namun akan lebih baik apabila obat penenang ini diminum sebelum tidur saja sehingga tidak menimbulkan ketergantungan.

Obat penenang ini memiliki efek yang berbahaya bagi jantung, maka dari itu obat ini tidak dapat digunakan oleh penderita penyakit jantung, orang-orang lanjut usia, dan orang dewasa muda.

Harga dari obat ini sekitar Rp 200 hingga Rp 800 per tablet dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Baca: Nama Obat Penenang, Cek Daftar Lengkapnya di Sini

  1. Kalxetin 10mg (obat penenang yang paling banyak dipakai)

Kalxetin adalah obat penenang generik golongan serotonin yang mengandung zat kimia fluoxetine. Fluoxetine yang terdapat pada obat ini memiliki toleransi bagi kondisi tubuh serta memiliki efek samping yang lebih tidak berbahaya bagi tubuh daripada kandungan dalam obat penenang lainnya. Sehingga tidak heran kalau obat ini jadi obat penenang yang paling banyak dipakai oleh dokter.

Efek samping dari obat Penenang Kalxetin ini adalah menurunkan berat badan, gatal-gatal, mual, dan gangguan perut yang biasanya terjadi apabila menggunakan dosis kecil. Namun dapat dinetralkan apabila dosis semakin naik.

Obat ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp 5.000 per tablet dan harus disertai resep dokter.

  1. Xanax 1mg

Mungkin, nama obat penenang Xananx sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Xanax sendiri adalah salah satu obat penenang keras generik golongan serotonin-norepinofrin yang mengandung alprazolam.

Obat ini tidak dijual bebas karena kebebasan dalam penjualan obat ini akan sangat berbahaya bagi tubuh pengguna yang membelinya dengan tujuan penyalahgunaan. Kandungan alprazolam ini memiliki efek menenangkan dengan dosis yang tinggi dan biasanya digunakan bagi penderita gangguan panik.

Efek negatif yang dihasilkan oleh obat ini dapat membuat ketergantungan psikologis dan fisiologis bagi penggunanya. Obat ini sudah tidak dipakai lagi karena efek yang berbahaya tersebut.

  1. Serlof 50mg

Serlof adalah obat penenang yang masuk ke dalam antidepresan generik golongan serotonin yang tidak memiliki efek samping minimal pada tubuh setelah digunakan. Obat ini memiliki kandungan sertraline yang berfungsi untuk mempengaruhi kinerja sel syaraf secara positif pada sistem syaraf pusat serta mengembalikan keseimbangan pada otak.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat Serlof ini adalah gangguan perut atau mual, namun dapat disterilkan dengan penambahan dosis.

Obat ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp 17.000 dan hanya dapat dibeli dengan resep dokter.

  1. Ludiomil 50mg

Ludiomil adalah obat penenang antidepresan generik golongan tertrasiklik yang mengandung maproptiline. Obat ini termasuk obat keras yang hanya boleh digunakan pada penderita neurosis depresif dan penyakit depresi akut lainnya.

Obat ini dapat menimbulkan beragam efek samping seperti gangguan psikiatrik dan efek syaraf lainnya. Obat penenang ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp 11.000 dan diperlukan resep dokter untuk dapat membelinya.

Itulah nama-nama obat generik yang biasa digunakan dokter sebagai obat penenang. Efek samping dari obat-obat tersebut beragam tergantung pada kondisi penggunanya. Beberapa nama obat penenang generik ini sebaiknya tidak digunakan tanpa resep dan pengawasan langsung dari dokter. Selain berbahaya, penggunaan di luar kebutuhan medis bisa dianggap ilegal.



Baca: Obat Dumolid – Kegunaan, Efek Samping, Bahaya dan Harganya