2 Merk Obat Sembelit Anak yang Aman untuk Mengatasi Sembelit

2912
2 Merk Obat Sembelit Anak yang Aman untuk Mengatasi Sembelit
2 Merk Obat Sembelit Anak yang Aman untuk Mengatasi Sembelit

Bidhuan.id – Apa saja pilihan Nama Obat sembelit anak yang aman digunakan? Memilih obat sembelit untuk anak, tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena tidak semua Obat Sembelit yang ada, bisa juga digunakan untuk anak-anak. Cara mengatasi sembelit pada anak sebenarnya bisa dengan terlebih dahulu memberikan si anak makanan-makanan atau obat herbal untuk mengatasi sembelit agar lebih aman. Namun, jika hal itu belum juga berhasil mengatasi sembelit si anak, maka anda bisa mencoba Obat sembelit yang ada di Apotik. Lantas, Apa sajakah Merk Obat Sembelit Anak yang Aman digunakan? Berapa harga Obat sembelit tersebut? Berikut ini ulasannya.

Merk Obat Sembelit untuk Anak

Sembelit sendiri merupakan kondisi yang membuat tubuh tidak dapat mengeluarkan kotoran. Sembelit biasanya lebih sering terjadi pada wanita. Namun apabila anak anda mengalaminya, jangan khawatir. Anda bisa coba mengatasi Sembelit pada anak tersebut dengan menggunakan obat-obat sembelit untuk anak. Apa sajakah nama obat sembelit tersebut?

Berikut ini adalah obat-obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit pada anak :

  • Microlax untuk anak

Microlax adalah salah satu obat sembelit anak berbentuk tube yang berfungsi sebagai pencahar serta melancarkan buang air besar. Kegunaan dari obat ini adalah melunakkan feses dan melumasi rektum sehingga feses dapat keluar. Obat ini bekerja dengan cepat serta aman untuk digunakan pada anak-anak.

Anak berusia diatas 3 tahun diberikan dosis sebanyak 1 tube, sedangkan untuk anak dibawah 3 tahun cukup diberikan dosis setengah tube.

Obat ini mengandung bahan-bahan kimia yaitu, Natrium lauril sulfoasetat yang membasahi feses, Sorbital dan natrium sitrat yang menyerap air dan melunakkan feses yang keras, serta PEG 400 yang melumasi rektum sehingga feses mudah dikeluarkan.

Kontra indikasi obat ini adalah obat ini tidak diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki wasir akut atau peradangan usus. Cara menggunakan obat microlax untuk anak ini adalah dengan memasukkan ujung tube ke dalam dubur dengan hati-hati, namun sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu tube telah steril.

Obat ini dapat dibeli di apotik dan tersedia dalam 2 kemasan dan harga yang berbeda. Kemasan pertama adalah kemasan yang hanya berisikan 1 tube yang dijual di apotik-apotik dengan harga Rp20.000 hingga Rp24.000, kemasan kedua adalah kemasan kotak yang berisikan 3 tube dan dijual dengan harga Rp57.000 hingga Rp65.000.

Baca: Lodia Obat Diare – Obat Golongan Agonis Opioid Reseptor untuk Atasi Diare Akut dan Kronis

  • Protexin Infant Sachet

Protexin Infant Sachet adalah obat penyembuh serta obat peningkat kekebalan tubuh akan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare pada bayi dan anak. Obat ini diproduksi oleh Combiphar. Combiphar sendiri adalah nama produsen obat yang tentunya sudah tidak asing lagi, produsen obat paten ini dikenal masyarakat dan hanya memproduksi obat-obat yang bermutu saja. Seperti namanya, Protexin Infant Sachet diproduksi dalam kemasan sachet sehingga memudahkan para orang tua untuk mengatur dosis yang diberikan pada anak.

Obat ini mengandung 7 jenis bakteri probiotik yang berguna untuk saluran pencernaan anak, sehingga dapat mencegah serta mengobati sembelit yang ada. Salah satu bakteri probiotik tersebut adalah Fructooligosaccharide atau FOS yang berguna untuk menurunkan jumlah bakteri pathogen serta meningkatkan bakteri baik dalam tubuh anak. Bakteri-bakteri probiotik ini juga dapat membantu proses fermentasi makanan dalam usus besar serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak.

Bagaimana Cara minum Protexin Infant Sachet?

Untuk menggunakannya, sebaiknya diminum 1 sachet per hari dan dapat dimasukkan ke dalam makanan atau jus buah.

Obat ini dapat dibeli di apotik ataupun secara online. Biasanya obat ini dijual per sachet apabila dibeli di apotik, harga per sachet yaitu sekitar Rp17.000 hingga Rp21.000. Namun apabila obat ini dibeli secara online, maka obat ini seringkali dijual per kotak yang berisi 15 sachet. Harga per kotak adalah Rp235.000 hingga Rp250.000, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung penjual.

Itulah 2 nama obat sembelit anak yang dapat digunakan pada anak dengan aman. Namun sebelum memilih obat mana yang akan digunakan untuk anak, sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi anak ke dokter, terutama pada anak yang masih berusia dibawah 3 tahun.

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan anak dengan memberinya asupan cukup dan hindarkan dari bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, selain itu jangan lupa juga untuk selalu menggunakan obat sembelit anak yang aman.



Baca: Obat Lactulax Lactulose – Obat Kontipasi untuk Atasi Sembelit Tanpa Habituasi (Ketergantungan)