7 Obat Antidepresan Alami yang Ampuh Mengatasi Depresi

4766
7 Obat Antidepresan Alami yang Ampuh Mengatasi Depresi
7 Obat Antidepresan Alami yang Ampuh Mengatasi Depresi

Bidhuan.id – Obat antidepresan alami saat ini mudah didapatkan di pasaran seiring penggunaannya yang semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang beralih ke obat-obatan tradisional dalam bentuk tanaman herbal antidepresan, makanan antidepresan, rempah-rempah tradisional hingga buah untuk mengatasi Depresi yang ada. Dibanding menggunakan obat antidepresan di apotik, penggunaan obat antidepresan alami dirasa lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Lantas apa saja Obat Antidepresan Alami yang Ampuh untuk digunakan tersebut? Temukan jawabannya pada ulasan dibawah.

Aneka Pilihan Obat Antidepresan Alami hingga Tradisional

Obat antidepresan alami merupakan jenis antidepresan yang mempunyai kandungan herbal di dalamnya yang ditujukan untuk pengobatan depresi, meringankan gejala-gejala depresi, dan termasuk penyakit psikis lainnya.

Baca: Nama Obat Penenang, Cek Daftarnya di Sini

Berikut adalah beberapa pilihan tanaman berjenis herbal , rempah-rempah dan makanan antidepresan yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah depresi yang ada.

  1. Hypercicum Perforatum (Tanaman herbal antidepresan)

Hypercicum Perforatum atau dikenal dengan nama St John’s Wort merupakan salah satu jenis obat antidepresan alami , jenis suplemen yang mengandung tanaman herbal. Tanaman herbal antidepresan ini memiliki kandungan kimia hypericin dan hiperofin yang berkerja seperti antidepresan, berfungsi menghalangi penyerapan kembali reseptor serotonin yang terkandung di otak sehingga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Tambahkan satu atau dua sendok makan St John’s wort kering ke dalam secangkir air panas dan biarkan terendam selama 10 menit. Saring dan minum teh ini dua kali sehari, lakukan secara teratur untuk meningkatkan suasana hati Anda. Obat jenis tanaman herbal ini cocok untuk mengatasi depresi ringan hingga sedang.

  1. Saffron (Obat depresi tradisional)

Saffron merupakan jenis rempah kering yang didapat dari putik bunga Crocus sativus asal Mediterania, mengandung kadar karotenoid dan vitamin B yang tinggi. Kandungan ini membantu meningkatkan kadar serotonin dan bahan kimia lainnya yang terkandung di dalam otak.

Konsumsi 15 mg ekstrak kering saffron dua kali sehari sebagai obat depresi tradisional untuk mengatasi depresi ringan sampai sedang. Dapat juga dikonsumsi dengan memasukkan sedikit saffron ke dalam masakan, susu kocok atau smoothie.

  1. Tanaman herbal Antidepresan Ginko Biloba

Ginko Biloba merupakan jenis tanaman herbal antidepresan yang juga dapat membantu mengobati depresi, dan juga dapat melawan perubahan otak atau pikun akibat penuaan.

Tanaman ini juga dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan dan dapat meningkatkan kadar serotin dalam otak dengan mengkonsumsi 80 mg ekstrak ginko biloba sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Bubuk dan Minyak Kapulaga sebagai Obat Antidepresan Alami

Bubuk dan minyak kapulaga dapat membantu detoksifikasi dan meremajakan sel-sel tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda dan mengatasi depresi.

Tambahkan satu setengah sendok teh bubuk kapulaga ke dalam satu cangkir air hangat atau susu dan diminum sehari sekali. Dapat juga menambahkan beberapa tetes minyak kapulaga ke dalam air mandi yang Anda gunakan, berdiamlah di bak berendam Anda dengan air yang beraroma menyegarkan ini selama 30 menit setiap hari.

  1. Kacang Mede

Kacang mede kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mambantu merangsang sistem saraf. Selain itu, riboflavin dalam kacang mede juga meningkatkan energi sehingga anda menjadi aktif dan bahagia. Sedangkan nutrisi lain didalam kacang mede yang sangat membantu Anda mengatasi depresi adalah magnesium, triptofan dan vitamin B6.

Tambahkan satu sendok teh bubuk kacang mede ke dalam satu cangkir susu hangat dan minum sehari sekali. Anda juga bisa makan segenggam kacang mede panggang kering sebagai camilan sehat untuk meningkatkan suasana hati Anda.

  1. Minyak Ikan sebagai Obat antidepresan

Penelitian telah menunjukan bahwa orang yang mengalami depresi memiliki asupan asam lemak omega-3 yang rendah juga. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, dan diperlukan untuk fungsi otak yang normal, serta sangat dianjurkan untuk orang yang mengalami depresi.

Konsumsi minyak ikan setiap untuk mengatasi depresi, namun dianjurkan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

  1. Buah Apel sebagai Obat antidepresan

Buah apel mengandung vitamin B, kalium dan fosfor dengan kadar tinggi. Semua nutrisi ini membantu otak Anda dalam memperbaiki sel-sel saraf yang rusak untuk meningkatkan fungsinya, yang juga termasuk untuk membantu mengatasi gejala depresi. Dapat dikonsumsi dengan memakan buahnya ataupun dikonsumsi sebagai jus.

Demikian informasi mengenai beberapa obat anti depresan alami yang tidak memiliki efek samping. Silahkan mencoba obat-obat tersebut sesuai kebutuhan Anda.



Baca: Jenis-jenis Obat Antidepresan (Disertai Nama Obat Merk & Generik nya)