Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare, mana yang lebih BAIK?

0
22504
Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare, mana yang lebih BAIK
Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare, mana yang lebih BAIK

Bidhuan.id – Diare adalah penyakit abdomen yang dapat disembuhkan dengan obat medis seperti entrostop atau diapet. Diare dapat muncul dikarenakan adanya kesalahan dalam melakukan pemilihan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Penderita penyakit ini akan merasakan rasa sakit pada bagian perut dan rangsangan untuk buang air besar secara terus menerus. Jika, sudah terkena Diare maka obat anti diare apa yang sebaiknya dikonsumsi? Apa saja kelebihan dan Kekurangan Obat Anti Diare Entrostop maupun Diapet?

Pilih Diapet atau Entrostop?

Selain menggunakan obat herbal diare, Anda juga dapat menggunakan Obat Antidiare entrostop atau diapet untuk mengatasi Diare. Kedua obat ini adalah obat-obat medis khusus diare yang mampu mengatasi serta menyembuhkan diare dan terbilang ampuh. Berikut adalah kelebihan serta kekurangan dari kedua obat tersebut:

  • Obat Anti Diare Entrostop

Salah satu Kelebihan Entrostop adalah memiliki kandungan zat kimia yang aman bernama colloidal attapulgite 650 mg dan pectin 50 mg, yang berfungsi sebagai penyerap racun, virus, bakteri, dan gas yang terdapat pada usus.

Indikasi dari obat ini adalah untuk meringankan rasa sakit serta menghilangkan keluhan atas penyakit diare ini. Obat ini dapat ditelan bersama atau tanpa makanan.

Bagaimana aturan minum Entrostop dan Berapa Dosis yang dibutuhkan?

  • Bagi orang dewasa dan anak-anak diatas umur 12 tahun yang terkena diare, obat ini dapat diminum 2 tablet hanya apabila diare muncul (maksimal 12 tab per hari).
  • Bagi anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun dianjuran untuk meminum 1 tablet setiap diare muncul (maksimal 6 tab per hari),
  • Obat ini tidak disarankan bagi anak-anak dibawah umur 6 tahun.
  • Yang harus diperhatikan, jika sedang mengkonsumsi obat lain, berilah selang waktu 2 hingga 3 jam sebelum meminum obat ini agar dapat menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan.

Kekurangan  Entrostop adalah memiliki dampak bahaya yang dapat ditimbulkan bagi penderita konstipasi atau sembelit. Konstipasi adalah suatu kondisi dimana seseorang sulit untuk buang air besar secara teratur. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, terutama wanita yang sedang hamil. Maka dari itu obat Entrostop ini tidak cocok untuk untuk wanita hamil atau siapapun yang memiliki kondisi ini.

Kenapa tidak cocok? Karena Entrostop adalah obat yang tidak hanya menyerap racun-racun dan hal-hal berbahaya lainnya, namun juga dapat mengurangi rangsangan untuk buang air besar yang dapat memperkeruh kondisi konstipasi. Oleh karena itu, penggunaan obat Entrostop ini secara terus menerus juga dapat menyebabkan penderita diare memiliki konstipasi, apabila sudah terlanjur mengalami konstipasi tersebut maka segera konsultasikan ke dokter.

Info Lengkap Baca: Obat Entrostop – Komposisi, Efek Samping, Dosis dan Harganya

  • Obat Anti Diare Diapet

Kelebihan Diapet adalah dengan mengandung berbagai zat herbal yang berupa ekstrak dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut tertulis pada kemasannya yang menggunakan bahasa latin. Bahan-bahan zat herbal tersebut antara lain daun jambu biji (Psidii folium), rimpang kunyit(Curcuma dosmestica), buah mojokeling(Chebulae fructus) dan kulit buah delima(Granati pericarpium).

Selain itu juga terdapat Ekstrak dari bahan-bahan alami yang terdapat dalam obat ini mengandung tanin, astringen, flavonoid, fenol, alkaloid, minyak astiri, dan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antibakteri yang dapat menghambat pengeluaran feses, mengeraskan feses, serta menyembuhkan diare.

Bagaimana aturan minum diapet?

Untuk diare non-spesifik, sebaiknya diminum 2 kapsul 2 kali sehari untuk dewasa dan anak-anak sedangkan untuk diare akut sebaiknya diminum 2 kapsul 2 kali sehari dengan jarak waktu 1 jam. Obat ini tidak cocok untuk anak-anak dibawah 5 tahun.

Kekurangan Diapet adalah tidak bisa diminum apabila pengguna memiliki konstipasi. Salah satu khasiat dari obat ini mampu menghambat pengeluaran feses, apabila seseorang memiliki konstipasi maka keadaan konstipasi tersebut akan semakin parah dan dapat menjadi berbahaya setelah penggunaan obat Diapet ini.

Kesimpulan

Kedua obat, yakni Entrostop ataupun Diapet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kedua obat ini pun sudah tidak lagi diragukan keampuhannya dalam mengatasi Diare yang muncul. Jika anda lebih menyukai penggunaan Obat yang mengandung bahan Herbal, tentu Obat Anti Diare Diapet adalah pilihannya. Namun, jika anda tidak masalah dengan bahan kimia yang ada pada Obat Entrostop, maka anda dapat memilih menggunakannya. Karena meskipun mengandung bahan kimia dalam obatnya, bahan kimia yang ada pada Entrostop pun merupakan zat kimia yang aman untuk dikonsumsi.



Baca: Lodia Obat Diare – Obat Golongan Agonis Opioid Reseptor untuk Atasi Diare Akut dan Kronis