Obat Kolesterol Gemfibrozil: Obat Hiperkolesterolemia Dari Golongan Fibrat

0
98
Obat Kolesterol Gemfibrozil Obat Hiperkolesterolemia Dari Golongan Fibrat
Obat Kolesterol Gemfibrozil Obat Hiperkolesterolemia Dari Golongan Fibrat

Bidhuan.id – Obat Gemfibrozil adalah salah satu jenis obat hiperkolesterolemia atau obat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain menjaga asupan makanan, cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh yang cepat adalah menggunakan obat yang tepat. Lantas, apa saja informasi detail memgemai obat Gemfibrozil ini? Bagaimana dosis minum Gemfibrozil yang tepat? Berapa harga Obat Kolesterol ini di Apotik? Mari kita ketahui jawabannya melalui ulasan dibawah ini.

Mengatasi penyakit seperti kolesterol tentu sebaiknya diatasi dengan cara dan juga obat yang tepat. Pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol juga merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Selain memperhatikan pola makan, cara mengatasi penyakit kolesterol juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat seperti obat Gemfibrozil.

Farmakologi Obat Gemfibrozil

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa Gemfibrozil sendiri merupakan jenis obat hiperkolesterolemia yang masuk pada kategori obat fibrat. Fungsi utamanya yakni menurunkan kadar lemak atau lipid tertentu dalam jumlah yang berlebihan di dalam tubuh. Selain mengurangi kolesterol, Gemfibrozil juga dapat membantu menurunkan kadar asam lemak atau trigliserida.

Sistematis atau cara kerja obat ini adalah mengaktivasi reseptor yang memiliki peran dalam proses metabolisme karbohidrat serta lemak, dan juga diferensiasi pada jaringan adiposa. Kondisi tersebut akan menyebabkan peningkatan pada sintesis lipoprotein lipase hingga meningkatkan clearance trigliserida.

Selain itu, obat Gemfibrozil juga merupakan obat resep sehingga hanya dapat digunakan dengan atau dibawah anjuran ahli medis seperti dokter. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, berikut ini adalah informasi obat Gemfibrozil yang dapat kita ketahui bersama.

Informasi Obat Gemfibrozil :

  • Indikasi Obat Gemfibrozil (Obat Hiperkolesterolemia)

Fungsi utama dari obat ini adalah menurunkan kadar lemak hingga mencegah penyakit jantung serta permasalahan pada sirkulasi darah lainnya. Adapun indikasi lainnya yang dapat diketahui antara lain seperti :

  1. Pengobatan hiperlipidemia tipe IIa, IIb, III, Iv, dan juga V pada penderita yang memiliki risiko seperti pankreatitis.
  2. Mengurangi terkena risiko penyakit jantung koroner, khususnya pada pria dengan rentang usia antara 40 hinga 55 tahun tanpa riwayat atau pernah memiliki gejala penyakit jantung koroner.
  • Kontra Indikasi Obat Gemfibrozil

Beberapa kontra indikasi yang wajib diperhatikan sebelum menggunakan obat Gemfibrozil adalah :

  1. Sebaiknya tidak digunakan pada penderita dengan riwayat hipersensitif atau alergi terhadap obat golongan fibrat.
  2. Tidak boleh digunakan pada penderita yang memiliki riwayat disfungsi hati dan juga ginjal yang berat serta penyakit kandung empedu.
  3. Sebaiknya tidak mengkombinasikan obat Gemfibrozil dengan obat-obatan lain seperti dari golongan statin (simvastatin dan cerivastatin) serta repaglinide.
  4. Tidak dianjurkan untuk pecandu alkohol.
  • Efek Samping Obat Gemfibrozil

Adapun beberapa efek samping yang mungkin terjadi ketika menggunakan obat Gemfibrozil ini, antara lain seperti :

  1. Gangguan saluran pencernaan dengan gejala seperti nyeri perut, mual, hingga muntah.
  2. Mengalami vertigo, pandangan kabur, pusing, angioderna, pankreatitis, fibrilasi atrium, edema larings, miopati, miastenia, mialgia, nyeri ekstremitas, rabdomiolisis, dermatitis, urtikariam impotensi, eksim, anemia, trombositopenia, dll.
  3. Dan efek samping yang sebaiknya sangat diwaspadai adalah adanya peningkatan pada pembentukan batu empedu, kondisi hipokalmia, hingga peningkatan risiko penyakit kanker.
  • Dosis Obat Gemfibrozil (Dosis Minum Gemfibrozil)

Obat Gemfibrozil ini dapat diberikan dengan dosis atau anjuran sebagai berikut :

  1. Dua kali sehari sebanyak 600 mg.
  2. Untuk pasien atau penderita intoleran terhadap dosis normal, maka dapat diberikan dosis sebanyak 900 mg.
  3. Dosis maksimum hingga 1500 mg untuk penurunan tingkat trigliserida maksimal pada penderita tipe V.
  4. Gemfibrozil digunakan 30 menit sebelum sarapan atau makan pagi dan juga makan malam.

Baca: Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam

Perhatian

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum menggunakan obat Gemfibrozil :

  1. Hentikan penggunaan obat jika terjadi ruam kulit atau reaksi alergi lainnya.
  2. Hindari mengemudi saat menggunakan obat, karena menyebabkan kantuk dan pusing.
  3. Lakukan tahap pemeriksaan kadap lipid secara berkala, dan hentikan pengobatan jika tidak memberikan hasil setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian.
  4. Hentikan penggunaan obat jika penderita memiliki kadar kreatinin fosfokinase yang tinggi, pembentukan batu empedu, hingga miositis.
  5. Hindari penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui.

Demikian di atas tadi adalah informasi mengenai obat Gemfibrozil yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi obat kolesterol diatas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Bidhuaners semuanya.

Baca: Fakta Ilmiah – Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat