4 Salep Antibiotik Untuk Luka Sunat (Khitan) Agar Cepat Kering dan Sembuh

0
11035
4 Salep Antibiotik Untuk Luka Sunat (Khitan) Agar Cepat Kering dan Sembuh
4 Salep Antibiotik Untuk Luka Sunat (Khitan) Agar Cepat Kering dan Sembuh

Bidhuan.id – Salep antibiotik untuk luka sunat apa sih yang biasanya digunakan setelah habis sunat? Mungkin, masih banyak dari kita yang bingung soal pilihan salep antibiotik untuk luka khitan (sunat) tersebut. Sebenarnya banyak obat pengering luka sunat yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengeringan luka setelah sunatan tersebut.  Salah satunya, bioplacenton untuk luka khitan. Nah, selain menggunakan Salep Antibiotik Bioplacenton, masih banyak loh pilihan salep lainnya yang bisa digunakan. Apa sajakah nama-nama salep obat luka sunat cepat sembuh tersebut? Berapa harga Salep Antibiotik tersebut di Apotik? Simak ulasannya dibawah ini.

Obat luka sunat cepat sembuh

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai Merk Salep Antibiotik Untuk Luka Sunat/Khitan yang dapat digunakan. Akan coba kami bahas terlebih dulu mengenai sunat/Khitan. Memangnya apa sih itu? barangkali ada yang belum tahu..

Sunatan adalah hal yang harus dilakukan setiap anak laki-laki yang akan menginjak remaja. Meskipun sunatan telah selesai, biasanya luka pada alat kelamin masih akan mengeluarkan darah atau membengkak. Untuk itu obat salep antibiotik diperlukan agar luka tersebut cepat sembuh.

Berikut adalah beberapa salep Antibiotik untuk luka khitan yang dapat digunakan:

  • Betadine Salep Antiseptik

Betadine Salep antiseptik adalah obat salep antibiotik yang dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri pada luka dan mengobatinya. Untuk menggunakan salep ini, pertama-tama bersihkan permukaan kulit yang terluka dengan kain kering, kemudian oleskan salep betadine antiseptic pada permukaan kulit yang terkena luka. Biarkan mengering dengan sendirinya. Lakukan perawatan ini secara intensif, yaitu 2 hingga 3 kali per hari.

Salep ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp9.000 hingga Rp11.000 per tube yang berisi 10 gram.

  • Lanakeloid-E (Obat pengering luka sunat)

Lanakeloid-E adalah salep antibiotik yang dikenal sebagai obat pengering luka sunat yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi. Sunat termasuk operasi walau tidak darurat.

Seperti yang kita ketahui, setelah proses sunat selesai, maka sisa dari bagian alat kel*min yang telah terpotong akan dijahit agar tetap steril. Namun, apabila bagian tersebut terkena gesekan dari celana maka luka akan menimbulkan rasa perih. Untuk mempercepat serta menyembuhkan luka tersebut, gunakan obat salep ini dengan mengoleskannya secara perlahan pada bagian yang perih.

Obat Salep ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp 65.000 hingga Rp 75.000 per tube nya. Dengan isi kemasan satu tube nya berisi 10 gram.

  • Enbatic (Obat luka sunat cepat sembuh)

Enbatic adalah salep antibiotik yang berguna untuk membunuh kuman dan mengobati luka. Untuk menggunakannya, bersihkan dahulu permukaan kulit yang terluka, tapi jangan dibasahi atau bahkan dibilas dengan air.

Setelah sunat, alat kel*min tidak diperbolehkan terkena air. Setelah itu oleskan sedikit salep ini pada luka dan biarkan mengering. Lakukan sebanyak 3 kali sehari agar luka cepat mongering dan sembuh. Apabila terjadi iritasi atau gatal-gatal, segera konsultasikan ke dokter.

Harga obat salep untuk luka khitan ini berkisar antara Rp12.000 hingga Rp20.000 rupiah per 10 gram nya. Obat salep ini dapat dibeli di apotik-apotik, namun diperlukan terlebih dahulu resep dokter untuk dapat membelinya.

  • Salep Bioplacenton untuk luka khitan

Bioplacenton dikenal sebagai salep antibiotik untuk luka bakar atau luka bernanah, namun salep ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada permukaan kulit yang dijahit setelah operasi atau sunat.

Salep Bioplacenton memiliki kandungan ekstrak placenta yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel serta menyembuhkan luka dan zat kimia neomycin sulfate yang berperan untuk membunuh kuman dan mencegahnya tumbuh kembali. Penggunaannya sama dengan salep-salep lainnya, yaitu diolesi pada luka jahitan yang sudah dikeringkan. Bioplacenton memiliki efek dingin setelah digunakan yang dapat mengurangi rasa sakit. Gunakan salep ini 3 hingga 5 kali per hari untuk hasil maksimal.

Salep ini dapat dibeli di apotik dengan harga Rp15.000 hingga Rp19.000 per tube yang berisi 15 gram.

Itulah salep-salep antibiotik untuk luka khitan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka sunat, namun ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak cocok terhadap penggunaan salep-salep tersebut. Apabila ini terjadi maka efek samping dari obat tersebut mungkin akan muncul. Jika, anda termasuk orang yang memiliki kulit sensitif tersebut, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter sebelum mulai menggunakan salep antibiotik untuk luka sunat yang disebutkan diatas.



Baca: 6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi