4 Pilihan Salep Untuk Mengeringkan Luka Infeksi

0
10514
4 Pilihan Salep Untuk Mengeringkan Luka Infeksi
4 Pilihan Salep Untuk Mengeringkan Luka Infeksi

Bidhuan.id – Apa saja salep untuk mengeringkan luka infeksi yang dapat digunakan? Luka akibat benda tajam atau benda yang berkarat sangat beresiko menyebabkan infeksi. Nah, apabila terjadi infeksi pada luka, maka harus segera dikeringkan agar tidak menjadi lebih parah. Selain, cara mengobati luka infeksi secara alami, kita juga bisa mengobati dengan
salep antibiotik untuk luka. Salah satunya ialah salep futaderm. Lalu, apa lagi pilihan Salep Luka Infeksi lainnya? Temukan, jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Salep antibiotik untuk Luka Infeksi

Berikut ini beberapa obat salep untuk luka yang bisa digunakan untuk mengeringkan/ mengobati luka infeksi yang ada:

  • Nufacort Cream

Nufacort Cream adalah salah satu salep untuk mengeringkan luka infeksi yang dapat kamu coba gunakan. Obat salep ini tergolong obat antibiotik yang berguna untuk menyembuhkan luka infeksi pada kulit. Salep ini mengandung zat kimia hydrocortisone yang dapat mengurangi peradangan, mengeringkan dan menyembuhkan luka infeksi.

Untuk penggunaannya, cuci dahulu bagian kulit yang terkena infeksi, tunggu hingga kering, lalu oleskan salep ini ke bagian kulit yang terkena infeksi tersebut. Lakukan perawatan intensif sehari 2 hingga 3 kali agar luka cepat kering.

Salep Nufacort adalah obat generik, maka dari itu salep ini dapat dibeli di apotik dan memiliki harga yang terjangkau, yakni hanya berkisar pada harga Rp8.000 hingga Rp11.000 untuk per tube nya yang berisi 5 gram.

  • Futaderm Cream

Futaderm Cream adalah obat salep antibiotik yang berguna untuk mengobati serta mengeringkan luka infeksi pada kulit. Kandungan zat kimia yang ada pada salep ini adalah asam fusidat. Zat kimia ini bekerja dengan menghambat translasi bakteri yang menyebabkan infeksi terhenti.

Salep ini termasuk obat keras yang hanya disarankan oleh dokter, tidak untuk dibeli di apotik tanpa resep dokter. Bagi yang memiliki disfungsi hati sebaiknya tidak menggunakan salep ini. Efek samping dari penggunaan salep ini adalah iritasi, gatal, dan kulit seperti terbakar. Bila ada bengkak yang muncul setelah penggunaan obat salep ini, segera hubungi dokter sebelum semakin parah.

Baca: Macam-Macam Salep Antibiotik Untuk Luka yang Bagus

  • Sagestam Cream

Obat salep Sagestam adalah antibiotik dengan zat kimia gentamicin yang dapat digunakan untuk mengobati dan mengeringkan luka infeksi oleh bakteri yang bereaksi terhadap obat ini.

Sagestam Cream merupakan obat keras yang hanya dianjurkan oleh resep dokter. Obat ini tidak cocok bagi orang yang memiliki hipersentitifitas pada gentamicin, wanita hamil maupun menyusui, dan bayi.

  • Betadine Salep Antiseptik

Obat salep Betadine merupakan obat paten yang bisa dibeli di apotik manapun tanpa resep dokter. Mungkin, kita sudah tidak asing lagi dengan obat yang satu ini, Betadine sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai obat antiseptic untuk luka ringan atau sedang. Nah, bila pada permukaan kulit terdapat luka infeksi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka serta mengeluarkan nanah yang ada. Setelah bersih, oleskan Betadine Salep Antiseptic dan tunggu hingga kering.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter apakah luka yang terinfeksi tersebut harus ditutup menggunakan perban atau dibiarkan begitu saja. Harga obat salep ini ada di kisaran harga  Rp9.000 hingga Rp12.000 per tube nya yang berisi 10 gram.

Itulah salep-salep antibiotik untuk luka yang dapat digunakan untuk mengeringkan luka infeksi. Salep-salep tersebut dapat dibeli di apotik dengan harga terjangkau, namun akan lebih baik apabila Anda memilih salep untuk mengeringkan luka infeksi setelah melakukan kunjungan ke dokter, terutama pada beberapa salep yang tergolong dalam obat keras. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui obat salep manakah yang terbaik untuk kondisi luka Infeksi Anda.



Baca: Obat Salep Luka Bakar yang Bagus