Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Obat Salep Anti Jamur

0
1198
Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Obat Salep Anti Jamur
Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Obat Salep Anti Jamur

Bidhuan.id – Bagi Anda yang sedang mengalami masalah karena kutu air, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutu air dengan berbagai pilihan merk obat kutu air di apotik yang terdiri dari salep hingga kapsul antijamur yang dapat kamu coba gunakan. Apa sajakah obat-obat kutu air paling bagus itu? Berapa harga obat salep kutu air? Bagaimana cara penggunaannya serta Tips mencegah terkena kutu air kembali? Temukan jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Cara mengobati kutu air yang sudah parah

Secara garis besar, ada 2 tipe pengobatan kutu air yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara tradisional (alami) dan dengan penggunaan obat, baik yang berbentuk kapsul maupun salep kutu air. Di artikel kali ini, hanya akan dibahas cara pengobatan dengan obat modern (obat kutu air di apotik).

Mengobati Kutu Air dengan Obat kutu air di apotik

Saat ini sudah ada banyak produsen obat yang menyediakan salep kutu air ataupun kapsul untuk mengobati kutu air. Berikut ini adalah pilihan-pilihan obat kutu air yang dapat coba untuk digunakan:

  • Miconazole (obat kutu air paling bagus)

Tak hanya dapat digunakan untuk mengobati kutu air yang sudah parah saja, Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati panu, kaki atlet, kurap hingga infeksi pada mulut.

Dosis penggunaan miconazole adalah: obat dioleskan 2 kali sehari. Oleskan obat ini selama 10 hari sampai sembuh. Sedangkan untuk oral  bisa diminum 1 kali sehari selama 14 hari.

Untuk harganya pun sangatlah terjangkau, cukup dengan membayar Rp 5.000,00, kamu sudah bisa mendapatkan obat ini.

Info lengkap mengenai Obat Salep ini, silahkan baca di artikel sebelumnya Salep Miconazole: Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit

  • Clotrimazole (obat salep kutu air pada kaki)

Obat ini, selain dapat digunakan untuk mengobati kutu air juga bisa digunakan untuk mengobati panu dan kurap. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur di v*gina dan tenggorokan serta bisa juga mengobati sariawan.

Untuk cara penggunaannya obat ini sebaiknya digunakan 2 kali sehari selama 2 sampai 8 minggu untuk pengobatan infeksi kulit.

Harga dari obat salep Clotrimazole ini sendiri adalah Rp 22.000,00.

  • Ketoconazole (obat kutu air di telapak kaki)

Obat Salep Ketoconazole merupakan obat anti jamur untuk infeksi jamur terutama pada kulit. Untuk dewasa,  konsumsi 200 mg setiap hari selama 14 hari. Sedangkan untuk anak, dosisnya adalah 3 mg / kg bb / hari. Obat ini dikonsumsi bersama makanan.

Harga obat salep kutu air ini pun terbilang murah, di apotik salep Ketoconazole dapat kamu beli dengan harga Rp 4.500,00.

Selengkapnya baca: Obat Ketoconazole: Obat Anti Jamur yang Efektif Atasi Infeksi Jamur

  • Betamethasone (Obat kutu air yang sudah parah)

Betamethasone cream adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti manifestasi inflamasi dan pruritus pada psoriasis resisten atau berat dan dermatosis yang peka terhadap obat golongan kortikosteroid.

Untuk penggunaannya cukup di Oleskan tipis dan merata pada kulit yang terinfeksi, 1-2 x sehari, tidak lebih dari 4 minggu.

Harga obat salep ini ialah Rp 3.500

  • Fluconazole (Obat Kapsul untuk Kutu Air)

Obat Fluconazole dapat digunakan untuk mengobati beragam jenis infeksi jamur. Mulai dari mengobati infeksi jamur pada mulut, tenggorokan, bahkan aliran darah.

Obat ini harus dikonsumsi dengan dosis 50 mg / hari selama 2-4 minggu untuk mengobati kutu air.

Hanya gunakan obat ini paling lama, selama 6 minggu. Untuk harga obat Fluconazole di apotik ialah Rp 28.000

  • Itraconazole

Obat Itraconazole dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur seperti kandidiasis, aspergillosis, dan kriptokokosis. Obat ini digunakan ketika obat antijamur yang sudah digunakan tidak lagi efektif untuk mengobati kutu air yang ada.

Obat Itraconazole disarankan untuk diminum setiap hari dengan dosis 100 mg / hari dan dikonsumsi selama 30 hari. Untuk harganya, 1 kemasan adalah Rp 53.000,00  sedangkan perbutir Rp 5.600,00.

Tips Mencegah Kutu Air

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kutu air datang kembali adalah:

  1. Selalu menjaga kaki tetap kering.
  2. Selalu potong kuku tangan dan kaki dengan gunting kuku yang bersih. Jangan pernah mengunakan gunting kuku yang digunakan untuk memotong kuku yang terinfeksi.
  3. Pilih kaus kaki yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak lembab.
  4. Selalu pastikan sepatu dalam kondisi yang kering saat dipakai.
  5. Bisa juga menggunakan bedak anti jamur untuk mencegah kutu air di kaki.
  6. Jangan gunakan pakaian (Misalnya:kaos kaki) atau alat yang digunakan oleh orang yang terkena kutu air.

Berikut itulah cara untuk mencegah agar kutu air tidak datang kembali. Setiap Obat salep maupun kapsul untuk mengobati kutu air yang disebutkan diatas mungkin akan memberikan hasil yang berbeda pada setiap orang. Untuk info lebih lengkap mengenai masing-masing obat kutu air tersebut, bisa anda tanyakan kepada Apoteker di Apotik tempat membeli Obat. Jika anda mempunyai kulit yang sensitif, akan lebih baik untuk berkonsultasi dulu pada Dokter guna menghindari timbulnya efek samping pada penggunaan obat. Selamat mencoba!



Baca: 4 Nama Obat Jamur untuk Mengatasi Jamur Kulit dengan Cepat