3 Merk Obat Salep Kutu Air Paling bagus di Apotik dan Harganya

31111
3 Merk Obat Salep Kutu Air Paling bagus di Apotik dan Harganya
3 Merk Obat Salep Kutu Air Paling bagus di Apotik dan Harganya

Bidhuan.id – Merk Obat salep kutu air paling bagus apa sih? Pertanyaan semacam itu seringkali ditanyakan oleh orang yang terkena masalah kutu air pada kaki, telapak kaki ataupun di tangan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutu air ini, mulai dari obat kutu air alami hingga cara mengobati kutu air yang sudah parah menggunakan Salep anti Jamur di Apotik. Banyaknya pilihan salep yang ada saat ini, kadang membuat kita jadi bingung harus memilih yang mana. Lantas merk obat kutu air paling bagus itu apa? Berapa harga obat kutu air di apotik? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Obat salep kutu air

Kutu air adalah jamur yang tumbuh di permukaan kulit yang lembab karena sering terkena air. Apabila jamur mulai tumbuh, maka harus segera diobati agar tidak menular. Berikut adalah obat-obat mujarab salep kutu air yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kutu air serta cara mencegah kutu air:

Pilihan Merk Salep Anti Jamur di Apotik

Merk obat salep kutu air dengan kandungan zat-zat kimia anti jamur yang sering digunakan adalah:

  1. Canesten (obat kutu air di telapak kaki)

Obat kutu air Canesten adalah obat salep dari merk ternama Bayer yang dapat membunuh serta menyembuhkan kutu air pada kaki, tangan, atau permukaan kulit lainnya. Canesten adalah obat salep yang mengandung klotrimazol, yang berfungsi untuk mengganggu pertumbuhan sel membran yang membuat jamur bertumbuh pesat serta membunuhnya.

Obat kutu air di telapak kaki ini terkenal ampuh karena dapat membunuh jamur hingga ke akar-akarnya. Untuk menggunakannya, pertama-tama basuhlah permukaan kulit dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk kering yang bersih pula. Kemudian oleskan salep ini pada permukaan kulit yang terkena kutu air dan biarkan kering dengan sendirinya.

Untuk mencapai hasil maksimal lakukan perawatan ini sehari 3 kali. Apabila selama 4 minggu tidak sembuh maka segera hubungi dokter.

Harga obat kutu air Canesten ini di Apotik sekitar Rp35.000 hingga Rp 45.000 per 10 gramnya.

  1. Daktarin (Obat salep kutu air pada kaki)

Daktarin memiliki kandungan mikonazol yang berfungsi untuk membunuh jamur dan bakteri di permukaan kulit. Apabila klotrimazol adalah zat kimia yang mengganggu pertumbuhan sel membran jamur, kandungan mikonazol dalam Daktarin dapat melubangi sel membrane tersebut dan membunuhnya. Kandungan mikonazol dalam Daktarin juga dapat berfungsi sebagai anti bakteri pada infeksi dan membunuhnya.

Cara penggunaanya sama dengan Canesten, yaitu dengan membersihkan permukaan kulit terlebih dahulu lalu oleskan daktarin di permukaan kulit yang terkena kutu air. Lakukan perawatan ini sehari 2 hingga 3 kali.

Harga obat salep kutu air pada kaki ini sekitar Rp35.000 hingga Rp 42.000 per 10 gramnya.

Baca: Salep 88 Obat Topikal Antijamur untuk Atasi Beragam Penyakit Kulit

  1. Miconazole (Merk obat kutu air generik)

Obat salep ini adalah obat salep generik yang memiliki fungsi dan dosis yang sama dengan Daktarin, hanya saja harga dari produk ini jauh lebih rendah. Karena Miconazole adalah obat generik, maka harga per 10 gramnya adalah sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000 saja.

Apabila pengguna tidak cocok atau memiliki alergi dengan kandungan zat dalam obat-obatan ini, maka efek samping seperti gatal-gatal, mulut bengak, lidah bengkak, wajah membengkak , kesulitan bernafas, bibir pecah-pecah, dan kulit memerah akan muncul.

Pada dasarnya obat salep yang menggunakan klotrimazol dan miconazole ini adalah obat keras yang hanya dianjurkan oleh dokter. Maka dari itu, Apabila efek-efek samping tersebut muncul, segera hubungi dokter.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai salep ini, Baca: Salep Miconazole: Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit

Cara Mencegah Kutu Air

Kutu air dapat menyebabkan warna kulit memerah dan membuat rasa gatal-gatal pada kulit. Apabila terkena air, maka rasa gatal itu akan berubah menjadi perih dan nyeri. Maka dari itu, upaya pencegahan harus dilakukan.

  • Yang pertama, selalu bersihkan kamar mandi paling tidak dua minggu sekali. Kamar mandi yang kotor serta lembab dapat membuat jamur tumbuh lebih cepat.
  • Yang kedua, selalu memakai alas kaki kemanapun, kecuali di dalam rumah.
  • Ketiga, mengepel lantai rumah agar kaki terhindar dari segala kotoran yang menempel. Terakhir selalu cuci tangan dan kaki menggunakan sabun antiseptik.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, namun jika sudah terlanjur terkena kutu air dan kondisinya cukup parah, segeralah hubungi dokter agar tidak menular. Apabila anda adalah seseorang yang tidak memiliki alergi apapun terhadap obat jamur (obat salep kutu air), maka anda dapat membeli di apotik terdekat dan menggunakan salah satu obat salep kutu air sebagaimana disebutkan diatas. Apapun obat salep kutu air yang dipilih, perawatan intensif adalah solusinya.



Baca: Salep 88 : Obat Topikal Antijamur untuk Atasi Beragam Penyakit Kulit