FG Troches Meiji: Obat Antibiotik Hisap untuk Atasi Radang Tenggorokan dan Sariawan

8126
FG Troches Meiji Obat Antibiotik Hisap untuk Atasi Radang Tenggorokan dan Sariawan
FG Troches Meiji Obat Antibiotik Hisap untuk Atasi Radang Tenggorokan dan Sariawan

Bidhuan.id – Obat FG Troches Meiji adalah salah satu jenis obat antiobitik hisap yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, rasa tidak nyaman di tenggorokan, hingga mengatasi radang tenggorokan dan berbagai macam infeksi karena bakteri pada mulut dan gusi. Lalu, apa saja informasi detail obat FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin ini? Berapa dosis penggunaannya dan efek samping obat Troches itu apa saja? Selain itu juga, berapa harga FG Troches Meiji di apotik? Mari kita temukan jawabannya bersama pada ulasan dibawah ini.

Dikatakan sebagai obat hisap, karena FG Troches Meiji memang cenderung mirip seperti permen dengan rasa yang manis dan dikonsumsi dengan cara dihisap. Kendati demikian, tentu saja penggunaan obat ini sebaiknya tidak sembarangan. Karena FG Troches Meiji merupakan jenis obat antibiotik yang harus digunakan sesuai dengan anjuran.

Farmakologi FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin

Fradiomycin dan Garamicidin merupakan kandungan antibiotik yang terdapat di dalam obat hisap FG Troches Meiji. Dua jenis antibiotik tersebut memiliki efek membunuh bakteri dan bersifat spektrum luas. Fradiomycin dapat membantu membunuh jenis bakteri gram negatif, sedangkan Gramicidin dapat membantu membunuh jenis bakteri gram negatif.

Dan kedua jenis kandungan antibiotik tersebut memang sudah terbukti efektif dalam melawan jenis bakteri yang kerap menyerang tenggorokan dan rongga mulut seperti Streptococci dan Staphylococci. Apa saja indikasi, kontra indikasi, hingga dosis dan efek samping FG Troches? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Informasi Obat FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin :

  • Indikasi FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin

Terdapat beberapa indikasi yang dimiliki oleh FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin. Beberapa diantaranya dapat mengatasi infeksi atau radang seperti :

  • Radang gusi/gingivitis
  • Radang rongga mulut (sariawan)/stomatis
  • Radang tenggorokan/faringitis
  • Radang amandel/tonsilitis
  • Radang selaput lendir dengan tukak berselaput/angina vincent
  • Radang bronkhus dan cabang tenggorok/bronkhitis
  • Periodontitis geraham bungsu
  • Kontra Indikasi Obat FG Troches Meiji

Tidak semua penderita dapat menggunakan obat hisap ini, terdapat beberapa kontra indikasi yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin seperti :

  • Hindari pada penderita yang hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat.
  • Hindari pada penderita yang yang hipersensitif terhadap jenis antibiotik dari golongan aminoglikosida seperti kanamisin, gentamisin, streptomisin, bacitracin, dan fradiomisin.
  • Sebaiknya digunakan secra hati-hati pada lansia. Karena beresiko mengalami kondisi seperti avitaminosis atau kekurangan vitamin.
  • Komposisi FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin

Dalam tablet hisap FG Troches Meiji diketahui memiliki dua kandungan antibiotik, yakni :

  • Fradiomycin Sulfat sebanyak 2.5 mg
  • Gramicidin-S HCI sebanyak 1 mg
  • Efek Samping FG Troches Meiji (Obat Antibiotik Hisap)

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan FG Troches Meiji ini antara lain seperti :

  1. Mukosa mulut menjadi kemerahan, terjadi kehitaman pada lidah, serta glossitis
  2. Adanya risiko pendarahan karena defisiensi vitamin K (jarang terjadi)
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Stomatis atau sariawan
  5. Hingga nyeri-nyeri pada syaraf
  • Dosis FG Troches Meiji

Dosis penggunaan obat yang tepat adalah sesuai dengan anjuran atau petunjuk dokter. Adapun dosis yang dianjurkan antara lain adalah :

  • Dewasa : 1 hingga 2 tablet – 4 hingga 5 kali dalam sehari
  • Anak-anak : 1 tablet – 4 hingga 5 kali dalam sehari

Baca: Obat EFISOL Lozenges: Obat Sariawan, Infeksi Gusi, Tenggorokan dan Nafas Bau

Perhatian

Adapun beberapa hal lain yang sebaiknya diperhatikan ketika menggunakan obat FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin adalah :

  1. Alangkah baiknya jika menguji sensitivitas serta resistensi bakteri terlebih dahulu. Agar penggunaan obat tepat, maka gunakan obat ini hanya jika infeksi yang terjadi tersebut memang sensitif terhadap FG Troches Meiji.
  2. Tidak dianjurkan untuk jangka panjang, sebaiknya digunakan tidak melebihi 1 minggu.
  3. Jika terjadi reaksi negatif atau efek samping, maka sebaiknya hentikan penggunaan obat dan berkonsultasi langsung dengan dokter.
  • Harga FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin di Apotik

Adapun harga FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin di apotik yakni sekitar Rp. 11.500 dengan kemasan strip yang memiliki isi 10 tablet.

Demikian di atas tadi adalah informasi mengenai obat FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin. Semoga informasi obat-obatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus dapat bermanfaat untuk Bidhuaners semuanya.



Baca: Degirol Tablet Hisap: Meredakan Radang Tenggorokan, Radang Gusi,Amandel dan Sariawan