Suplemen Makanan Ibu Hamil (Alinamin-F): Kegunaan, Dosis, Harga dan Efek Samping

0
2019
Suplemen Makanan Ibu Hamil (Alinamin-F) Kegunaan, Dosis, Harga dan Efek Samping
Suplemen Makanan Ibu Hamil (Alinamin-F) Kegunaan, Dosis, Harga dan Efek Samping

Bidhuan.id – Mempelajari informasi tentang Suplemen Makanan Ibu Hamil (Alinamin-F) merupakan hal yang penting. Perlu diketahui, obat ini merupakan suplemen vitamin B1 dan B2 yang sering digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Kedua vitamin tersebut, terutama B1, disimpan dalam bentuk TTFD. Benarkah Suplemen ini sering dijadikan obat perangsang kontraksi sebagai cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan? Kemudian, apa sajakah efek samping Alinamin-f serta Dosis yang diperlukan? Berapa Harga Suplemen Ibu Hamil ini di apotik? Pelajarilah ulasan di bawah ini guna mendapatkan informasi lebih lengkap.

Kegunaan Alinamin-F

Sebagaimana disebutkan sedikit di atas, Alinamin F merupakan suplemen vitamin B1 dan B2 yang sering digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin B1 dan B2 ini disimpan dalam bentuk TTFD atau Thiamine Tetrahydrofurfuryl Disulfidi Hydrochloridum.

Karakteristik dari TTFD ini adalah tidak rusak oleh enzim aneurinase (enzim yang dihasilkan oleh beberapa bakteri di dalam usus dan berpotensi merusak vitamin B1) sehingga dapat diserap secara optimal dari saluran pencernaan.

Sebagai obat perangsang kontraksi

Obat Alinamin-F ini banyak membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui akan asupan vitamin B1 dan B2. Selain itu, suplemen ini juga dapat digunakan ketika pasien membutuhkan banyak energi dan mengalami gangguan penyerapan seperti diare.

Maka dari itu tak jarang pula kita dengar bahwa obat/suplemen Alinamin-F ini digunakan sebagai cara merangsang agar cepat kontraksi pada ibu hamil.

  • Komposisi Alinamin-F

Setiap tablet Alinamin-F ini mengandung:

  • TTFD sebanyak 54.58 mg
  • Riboflavinum sebanyak 5.0 mg
  • Indikasi

Obat ini dapat digunakan untuk memenuhi kekurangan vitamin B1 dan B2 di dalam tubuh.

  • Dosis Suplemen Ibu Hamil (Alinamin-F)

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 dan B2, pasien hanya perlu mengkonsumsi satu tablet setiap harinya setelah makan.

  • Cara Pemakaian

Cara memakai obat ini cukup mudah. Pasien hanya perlu meminumnya bersama segelas air putih (240 ml) setelah makan. Obat ini pun juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan. Perhatikanlah selalu aturan pakai supaya hasil yang didapatkan menjadi  maksimal.

  • Cara Penyimpanan Obat

Simpan di dalam ruangan pada suhu antara 25O – 30O C dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

  • Cara Kerja Obat

Vitamin B1 dan B2 disimpan dalam bentuk TTFD (Thiamine Tetrahydrofurfuryl Disulfidi Hydrochloridum). Dalam bentuk ini, vitamin B1 dan B2 terlindung dari enzim aneurinase yaitu enzim yang diproduksi oleh beberapa bakteri di dalam usus.

Enzim tersebut dapat merusak vitamin B1 dan B2 yang ada. Karena terlindung, ketika beredar di dalam usus vitamin B1 dan B2 ini dapat diserap dengan lebih mudah dan lebih maksimal oleh tubuh.

  • Efek Samping Alinamin-F

Obat ini hanya merupakan suplemen vitamin sehingga tidak menyebabkan efek samping apapun bagi pasien. Namun demikian, apabila terdapat gejala gata-gatal atau ruam kulit kemerahan harap segera menghubungi dokter atau mendatangi rumah sakit terdekat.

  • Kontra Indikasi

Obat ini tidak boleh diberikan kepada penderita hipersensitivitas atau alergi TTFD.

Baca : Asam Mefenamat untuk ibu hamil, Aman Digunakan Tidak?

Peringatan dan Perhatian

Meskipun obat ini memiliki kandungan yang aman, obat ini wajib dijauhkan dari jangkauan anak-anak guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu supaya mendapatkan dosis yang sesuai. Jika sakit masih berlanjut, segera hubungi dokter atau rumah sakit.

  • Kemasan dan Harga Alinamin-F di Apotik

Kemasan meliputi boks dan setiap boks berisi 100 tablet.

Harga per boks Suplemen Alinamin-F di Apotik adalah Rp 94.900,00, sedangkan harga per tablet adalah Rp 949,00.

Diproduksi oleh PT Takeda Indonesia.

Berdasarkan ulasan di atas, dapat kita ketahui bahwa selain obat ini mudah didapatkan, Alinamin-F juga tidak menimbulkan efek samping apapun. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika kita berkonsultasi terlebih dahulu baik pada Dokter ataupun Apoteker sebelum mulai menggunakan Obat ini. Terutama pada pasien yang sedang dalam masa kehamilan (Ibu Hamil).



Baca : Suplemen Untuk Ibu Hamil Folamil Genio: Kandungan Lengkap dan Harganya