Obat Spasminal Tablet: Efek Samping, Dosis dan Harga di Apotik

10763
Obat Spasminal Tablet Efek Samping, Dosis dan Harga di Apotik
Obat Spasminal Tablet Efek Samping, Dosis dan Harga di Apotik

Bidhuan.id РBagi penderita nyeri pada bagian saluran cerna dan saluran kemih, pada umumnya Spasminal Tablet merupakan obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengobati penyakit tersebut. Manfaat spasminal kedokteran pun sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, apa saja informasi yang dapat diperoleh dari obat ini? Berapa Dosis yang dianjurkan? Efek samping apa saja yang biasa timbul pada pasien yang menggunakan obat Obat Spasminal ini? Berapa harga obat spasminal di apotik? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai obat ini, simaklah penjelasan berikut ini.

Kegunaan Obat Spasminal

Seperti yang telah disinggung di atas, Spasminal Tablet merupakan obat yang digunakan untuk mengobati rasa nyeri yang terjadi pada keadaan kolik.

Kolik adalah istilah untuk rasa sakit yang diderita karena kontraksi otot polos pada saluran cerna dan saluran kemih. Rasa sakit ini dapat timbul kemudian menghilang, sehingga seperti bergelombang.

  • Komposisi Obat

Spasminal tersedia dalam bentuk tablet. Setiap tabletnya mengandung 500 metampiron, 10 mg ekstrak beladona, dan 25 mg papaverin hidroklorida.

  • Indikasi Obat

Kegunaan Spasminal adalah sebagai obat analgetik dan spasmolitik. Sehingga, obat ini sangat baik digunakan untuk mengobati serangan kolik.

Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut:

  1. Kolik Andomen

Istilah umum kolik andomen adalah kram perut. Kram perut terjadi karena obstruksi atau sumbatan pada usus, radang usus buntu, radang pada pankreas, keracunan makanan, dan lain-lain.

  1. Kolik Ureter

Pada umumnya, kolik ureter disebabkan oleh batu ginjal. Sehingga, penderita kolik ureter akan mengalami rasa sakit pada bagian bawah perut dan menjalar sampai ke punggung bagian bawah, namun dapat pula menjalar sampai daerah selangkangan dan paha bagian atas.

Baca juga: Obat Omeprazole 20 Mg: Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag


  • Dosis Obat Spasminal Tablet

Dosis pemakaian bagi orang dewasa yang dianjurkan adalah 1 tablet pada saat terjadi serangan kolik, baik itu kolik andomen maupun kolik ureter, kemudian dilanjutkan 1 tablet lagi setiap 6 sampai 8 jam.

Maksimal dosis yang dianjurkan adalah 1 sampai 4 tablet setiap terjadi serangan kolik. Hentikanlah penggunaan obat ini setelah gejala kolik sudah terobati.

Selain itu, ada baiknya apabila pasien mengikuti anjuran dari dokter ataupun Apoteker tentang dosis dan cara penggunaan yang tepat.

  • Cara Pemakaian Obat

Spasminal digunakan hanya pada saat terjadi serangan kolik. Obat dapat ditelan langsung atau dihancurkan terlebih dahulu dan diminum bersama air putih.

  • Efek Samping Obat Spasminal

Obat ini juga berpotensi menimbulkan efek samping. Efek samping yang pernah terjadi pada pasien setelah mengkonsumsi obat ini antara lain:

  1. Obat ini dapat memicu timbulnya reaksi alergi berupa biduan, bercak kemerahan dan gatal pada kulit, dan pembengkakan. Reaksi ini sering disebut sebagai reaksi hipersensitivitas.
  2. Obat ini menyebabkan terjadinya gangguan komponen darah yang berupa agranulositosis sel darah putih.
  3. Obat ini menyebabkan timbulnya gangguan pada saluran pencernaan yang berupa perut kembung dan motilitas usus. Hal ini dikarenakan obat ini meminimalisir gerak usus.
  4. Pada kasus yang jarang terjadi, obat ini mampu menimbulkan reaksi hipersensitivitas pada sel hati dan sindrom neuropati akibat penggunaan jangka panjang.
  • Kontra Indikasi

Spasminal dilarang penggunaannya pada beberapa kondisi berikut:

  1. Penderita yang memiliki gangguan fungsi hati
  2. Penderita kolik yang sedang hamil dan sedang menyusui
  3. Penderita yang memiliki tekanan darah rendah
  4. Penderita kolik yang mempunyai riwayat alergi terhadap obat ini atau obat sejenisnya

Peringatan dan Perhatian

Adapun peringatan dan perhatian dari obat ini sebagai berikut:

  1. Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini melebihi dosis yang sudah ditetapkan karena dapat menyebabkan overdosis.
  2. Obat ini sebaiknya digunakan sesuai dengan resep atau anjuran dari dokter pada wanita hamil, wanita menyusui, dan anak-anak.
  3. Obat ini tidak dianjurkan untuk pengobatan jangka panjang.
  4. Hentikan pengobatan kalau timbul efek samping yang berat.
  • Harga Obat Spasminal dan Kemasan

Spasminal dikemas dalam dus yang berisi 10 strip @10 tablet.

Harga per strip adalah Rp 7.700,00.

Meskipun obat ini dijual atau diperdagangkan secara bebas di apotek di berbagai daerah, namun haruslah diketahui bahwa penggunaan Obat Spasminal Tablet harus sesuai dengan anjuran dan tidak boleh melebihi dosis yang ditetapkan mengingat efek samping yang dapat ditimbulkan.



Baca juga: Obat Antasida Doen: Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harganya