Degirol Tablet Hisap: Meredakan Radang Tenggorokan, Radang Gusi,Amandel dan Sariawan

0
1119
Degirol Tablet Hisap Meredakan Radang Tenggorokan, Radang Gusi,Amandel dan Sariawan
Degirol Tablet Hisap Meredakan Radang Tenggorokan, Radang Gusi,Amandel dan Sariawan

Bidhuan.id – Degirol tablet hisap, mungkin masih banyak yang belum mengetahui info seputar obat ini. Obat ini digunakan untuk meredakan radang tenggorakan dan rongga mulut seperti sariawan, radang gusi, dan radang amandel. Karena termasuk obat bebas, maka obat ini bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus menggunakan resep dokter. Meskipun mudah didapatkan, bukan berarti pasien dapat menggunakannya begitu saja. Simak ulasan berikut ini yang berhubungan dengan kegunaan, dosis, indikasi, efek samping degirol, serta beberapa hal penting lainnya. Seperti Harga Degirol di Apotik serta Peringatan Penting yang perlu diketahui sebelum mulai menggunakan Obat Degirol ini.

Kegunaan Degirol

Degirol tablet hisap bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan dan mencegah infeksi selaput lendir mulut seperti sariawan. Obat ini memiliki kandungan dequalinium klorida yang merupakan bahan anti-bakteri dan anti-jamur. Bahan ini terkenal efektif dalam membunuh berbagai bakteri gram-positif dan gram-negatif serta beberapa bakteri lain seperti Borrelia vincenti, Candida albicans, dan bakteri resistan antibiotik.

Baca juga: Varian Obat Sariawan di Tenggorokan yang Ampuh dan Manjur

Obat ini tersedia dalam varian rasa jeruk sitrun, sehingga rasanya pasti menyegarkan dan juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

  • Komposisi

Setiap tablet hisap obat ini mengandung:

  1. Dequalinium Chloride 1.10 mg
  2. Decamethylenebis (4-aminoquinaldinum chloride) 0.25 mg
  • Indikasi

Obat ini dapat digunakan untuk menyembuhkan:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan (misalnya: gingivitis, periodontitis, faringitis, laringitis, dan angina)
  3. Infeksi selaput lendir mulut seperti sariawan (degirol untuk sariawan)
  •  Dosis Degirol

Obat ini memiliki rasa jeruk sitrun yang menyegarkan sehingga terasa tidak seperti mengkonsumsi obat melainkan permen. Selain itu, obat ini juga aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak-anak.

Kemudian, untuk Dosis Degirol yang biasa digunakan adalah satu tablet hisap setiap 3 sampai 4 jam sekali dan dalam sehari konsumsi obat ini tidak boleh melebihi 8 tablet.

Ada baiknya bila berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini guna mendapatkan dosis yang sesuai

  • Cara Pemakaian

Cara pemakaian obat ini cukup sederhana. Satu tablet hisap hanya perlu dihisap seperti memakan permen.

  • Cara Penyimpanan Obat

Obat ini harus disimpan dalam ruangan dengan suhu antara 25°–30°C.

  • Cara Kerja Obat

Obat ini dikonsumsi dengan cara dihisap. Setelah dihisap, obat ini akan terurai dan bahan aktif yang ada di dalamnya dapat segera menjangkau daerah terinfeksi. Dengan cara demikian, Degirol akan melumasi dan meredakan daerah yang sakit. Mekanisme ini membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari infeksi mulut dan tenggorokan.

  • Efek Samping Degirol Tablet Hidap

Obat Degirol selalu ditoleransi dengan baik dan jarang sekali menimbulkan efek samping. Namun demikian, pengobatan harus segera dihentikan begitu gejala alergi seperti gatal, ruam kemerahan, dan sesak nafas muncul.

Kemudian, efek samping ringan yang dapat muncul seperti rasa panas atau sakit pada lidah sebagai akibat dari penggunaan obat ini.

  • Kontra Indikasi

Obat Degirol ini tidak boleh diberikan kepada penderita hipersensitivitas atau alergi dequalinium c hlorida.

Peringatan dan Perhatian

Meskipun aman dikonsumsi, pasien tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Degirol tidak boleh digunakan dalam jangka panjang
  2. Degirol harus digunakan dengan hati-hati dalam masa kehamilan dan menyusui. Untuk hal ini, pasien sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
  3. Jika gejala penyakit masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Kemasan dan Harga Degirol di Apotik

Kemasan meliputi boks dan terdiri dari dua jenis. Boks yang pertama berisi 5 strip dan dalam tiap strip terdapat 4 tablet hisap, sedangkan boks yang kedua berisi 25 strip dan dalam tiap strip terdapat 4 tablet hisap.

Harga per strip Degirol di Apotik adalah Rp 4.100,00.

Diproduksi oleh PT Darya-Varia.

Demikianlah penjelasan tentang obat Degirol untuk Sariawan, Meredakan Radang Tenggorokan, Radang Gusi serta Amandel. Meskipun aman dikonsumsi, namun Bidhuaners tetap harus memperhatikan aturan dan tentu akan lebih baik lagi jika berkonsultasi dengan dokter atau Apoteker sehubungan dengan penggunaan Degirol tablet hisap.



Baca juga: Ambroxol Sirup: Obat Pengencer Dahak/Lendir di Tenggorokan