Obat Antibiotik Thiamycin: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

0
7381
Obat Antibiotik Thiamycin Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga
Obat Antibiotik Thiamycin Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

Bidhuan.id – Pasien wajib mempelajari informasi tentang Thiamycin kapsul, syrup dan kaplet sebelum mengkonsumsinya. Thiamycin sendiri merupakan salah satu obat antibiotik yang dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan infeksi pada saluran pernafasan, pencernaan, dan kemih. Mengingat sifatnya sebagai antibiotik, pasien tentunya harus memahami lebih lanjut obat ini. Lantas, apa saja Kegunaan lengkap obat antibiotik ini? Apa efek samping dan Peringatan penggunaan yang perlu diperhatikan? Berapa harga Obat Antibiotik Thiamycin di Apotik? Selengkapnya, silahkan baca ulasannya dibawah ini.

Kegunaan Thiamycin Antibiotik

Antibiotik Thiamycin ini mengandung thiamphenicol. Thiamphenicol merupakan antibiotik spektrum luas yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Biasanya bakteri yang menyebabkan infeksi ini adalah Hemophillus influenza, Salmonella sp, bakteri gram negatif, riketsia, dan limfogranuloma–psitakosis.

  • Komposisi

Setiap tablet dan sirup Thiamycin mengandung thiamphenicol. Adapun jumlah kandungan Thiamphenicol ini bervariasi, tergantung dari ukuran Thiamycin.

Thiamycin 250 mg mengandung 250 mg thiamphenicol, Thiamycin 500 mg mengandung 500 mg thiamphenicol, Thiamycin sirup kering mengandung 125 mg thiamphenicol dan Thiamycin 1000 mg mengandung 1000 mg thiamphenicol.

Indikasi

Obat Thiamycin Antibiotik ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh:

  1. Salmonella sp.
  2. Hemophillus influenza, terutama bagi penderita infeksi meningeal
  3. Riketsia
  4. Limfogranuloma – psitakosis
  5. Bakteri gram negatif yang menyebabkan bakteremia meningitis (namun bukan untuk hepatobiller dan gonorrhoea).
  6. Bakteri yang resisten terhadap antibiotik lain.

Selain itu, obat ini juga dapat digunakan dalam pengobatan terhadap demam tifus dan paratifus serta infeksi saluran pernafasan, pencernaan, dan kemih.

Baca juga: Mekanisme Kerja Antibiotik itu Bagaimana?

  • Dosis Antibiotik Thiamycin

Dosis obat antibiotik ini harus diberikan sesuai dengan anjuran dokter. Maka, pasien wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

  • Cara Pemakaian

Mengingat dosis obat ini hanya diberikan sesuai dengan anjuran dokter, maka cara pemakaian obat ini juga akan ditentukan sesuai dengan anjuran atau resep dokter. Khusus untuk Thiamycin Syirup, wajib dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan.

  • Cara Penyimpanan Obat

Obat ini harus disimpan dalam ruangan yang sejuk dan kering serta terlindung dari cahaya. Obat ini juga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

  • Cara Kerja Obat

Sebagaimana disinggung di atas, obat ini memiliki kandungan thiamphenicol yang merupakan antibiotik antibiotik spektrum luas. Thiamphenicol ini berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab infeksi dengan cara mengikat ribosom bakteri secara terbalik (reversible) sehingga menghambat sintesis protein dari bakteri yang peka.

Pada gilirannya, pertumbuhan bakteri pun menjadi terhambat. Thiamphenicol ini memiliki aktivitas bakteriostatik yang luas baik terhadap organisme gram positif maupun gram negatif.

Di samping itu, thiamphenicol juga memiliki spektrum aktivitas yang sama kuat dengan chloramphenicol namun tingkat kekuatan thiamphenicol 2–2.5 kali lebih kuat dibandingkan dengan chloramphenicol.

  • Efek Samping Obat Thiamycin Antibiotik

Obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping pada pasien seperti:

  1. Menyebabkan hipersensitivitas/alergi
  2. Menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, dan diare
  3. Menyebabkan sariawan, glositis, depresi mental, sakit kepala, ototoksisitas, kelainan otak, anemia hemolitik, dan reaksi jarish-herxheimer
  4. Menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang serta sindrom abu-abu pada bayi yang baru lahir dan prematur (dapat berakibat fatal)
  • Kontra Indikasi

Obat Antibiotik Thiamycin ini tidak dapat diberikan kepada:

  1. Penderita yang hipersensitif atau alergi terhadap thiamphenicol
  2. Penderita yang memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal berat

Di samping itu, obat ini juga tidak dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi bakteri dan infeksi pengobatan trivial, infeksi tenggorokan, serta influenza.

Peringatan dan Perhatian

Adapun beberapa hal yang patut diperhatikan ketika mengkonsumsi obat ini adalah:

  1. Obat ini hanya digunakan untuk infeksi yang penyebabnya sudah diketahui dengan jelas.
  2. Pemakaian dalam jangka waktu lama akan memerlukan pemeriksaan hematologis berkala.
  3. Dosis obat ini wajib disesuaikan untuk penderita gangguan fungsi ginjal.
  4. Pemakaian obat ini wajib dihentikan bila timbul gejala retikulositopenia, leukopenia, trombositopenia, atau anemia.
  5. Pemakaian obat ini sebaiknya tidak melebihi jangka waktu yang ditentukan.
  6. Pemakaian obat ini pada ibu hamil dan menyusui wajib diperhatikan sebab thiamphenicol dapat menembus plasenta dan diekskresikan melalui ASI.
  7. Obat ini wajib diberikan dengan ekstra hati-hati pada bayi yang baru lahir (berusia 2 minggu) dan bayi prematur guna menghindari terjadinya sindrom abu-abu.
  8. Pemakaian obat ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan tumbuh mikroorganisme tak sensitif seperti fungi dan bakteri.
  • Kemasan dan Harga Thiamycin Antibiotik di Apotik

Obat ini tersedia dalam kemasan dus tiga varian yaitu kapsul, kaplet, dan botol.

Untuk kemasan dus, obat ini tersedia kemasan dus berisi 10 strip, yang masing-masing strip berisi 10 kapsul @250 mg, kemasan dus berisi 10 strip dan masing-masing strip berisi 10 kapsul @500 mg, kemasan dus berisi satu botol berukuran 60 ml beserta sendok takar, serta kemasan dus berisi 10 strip dan masing-masing strip berisi 10 kaplet @ 1000 mg.

Harga per strip adalah sekitar Rp 43.700,00, sedangkan harga per botol adalah Rp 35.000,00.

Obat Antibiotik Thiamycin ini diproduksi oleh Interbat.

Mengingat obat ini adalah obat antibiotik, pasien harus selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Obat Antibiotik Thiamyicin.



Baca juga: Antibiotik Tetrasiklin: Jenis Antibiotik Spektrum Luas untuk Atasi Berbagai Infeksi