Glucodex Tablet: Obat Anti Diabetes Tipe 2 (Penyakit Kencing Manis)

0
854
Glucodex Tablet Obat Anti Diabetes Tipe 2 (Penyakit Kencing Manis)
Glucodex Tablet Obat Anti Diabetes Tipe 2 (Penyakit Kencing Manis)

Bidhuan.id – Informasi tentang Glucodex tablet dosis, efek samping dan harga perlu diketahui oleh para pasien, terutama pasien diabetes. Glucodex itu sendiri merupakan obat yang digunakan sebagai obat anti diabetes tipe 2, yang juga dikenal dengan nama “penyakit kencing manis“. Obat ini diberikan secara oral, dan untuk dapat membeli obat ini diperlukan terlebih dahulu resep dokter. Sehubungan dengan hal tersebut, apa sajakah kegunaan obat ini lebih lengkap dan adakah efek samping Obat Anti Diabetes Tipe 2 ini yang membahayakan? Perhatikan ulasan singkat di bawah ini.

Kegunaan Glucodex Tablet (Obat Anti Diabetes Tipe 2)

Selain informasi Glucodex tablet dosis, efek samping dan harga, kegunaan obat anti-diabetes tingkat dua ini juga penting diketahui. Di dalam obat ini terdapat kandungan yang disebut gliclazide. Kandungan glicazide ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula di dalam darah, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tingkat dua.

Tidak hanya itu, obat yang sama ini juga bermanfaat untuk mengurangi timbunan lemak di dalam arteri.

  • Komposisi

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan setiap tabletnya mengandung 80 mg gliclazide.

  • Indikasi

Obat ini digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2 pada orang dewasa jika penderita diabetes tipe ini melakukan diet. Obat ini sangat bermanfaat, sebab melakukan latihan fisik dan menurunkan berat badan saja tidak cukup mampu untuk mengendalikan kadar gula darah sesuai keinginan. Selain itu, pengobatan dengan menggunakan obat ini dapat dikombinasikan dengan biguanida.

  • Dosis Glucodex Tablet untuk Penyakit Kencing Manis

Dosis pemberian obat ini disesuaikan dengan anjuran dokter.

Namun lazimnya pada awal pengobatan dosis yang digunakan adalah ½-1 tablet per hari dan harus dikonsumsi sebelum makan pagi.

Selanjutnya, dosis tersebut ditingkatkan menjadi ½ -1 tablet (40–80 mg) sampai dengan 3 tablet (240 mg) per hari terutama untuk penyakit diabetes parah.

Dalam situasi tertentu, dosis ini bisa naik menjadi 4 tablet (320 mg) per hari yang terbagi menjadi dua kali pemakaian.

  • Cara Pemakaian Glucodex Tablet

Pasien wajib memperhatikan dosis yang diberikan oleh dokter. Obat ini harus dikonsumsi segera sebelum makan.

  • Cara Penyimpanan Obat

Obat Glucodex Tablet ini sebaiknya disimpan dalam ruangan dengan suhu di bawah 30° C dan terlindung dari cahaya langsung.

  • Cara Kerja Obat Glucodex Tablet: Obat Anti Diabetes Tipe 2

Sebagaimana sedikit disinggung di atas, obat ini mengandung gliclazide yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dan juga mengurangi penimbunan lemak pada arteri. Gliclazide menurunkan kadar gula darah dengan cara mengikat selektif reseptor sulfonilurea (SUR 1) yang terdapat di atas permukaan sel beta pankreas.

Akibatnya dari mekanisme ini, gliclazide mampu memblokir sebagian potassium channel di antara sel beta pada pulau langerhans dalam organ pankreas. Dengan menghalangi potassium channel tersebut, sel mengalami depolarisasi sehingga voltage-gated calcium channels terbuka dan kalsium masuk.

Kalsium yang masuk mendorong insulin sehingga insulin terlepas dari sel beta. Mengingat gliclazide juga merupakan turunan sulfonilurea, gliclazide juga dapat menyebabkan penurunan serum glukagon dan berpotensi menyebabkan aksi insulin pada jaringan ekstra pankreatik.

Baca juga: 3 Inovasi Penghantaran Obat Untuk Terapi Kanker dan Diabetes


Efek Samping Obat Penyakit Kencing Manis (Glucodex Tablet)

Obat Anti Diabetes Tipe 2 ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  1. Mual dan muntah
  2. Nyeri lambung
  3. Sakit kepala
  4. Reaksi kulit

 

Kontra Indikasi

Obat ini tidak boleh diberikan kepada:

  1. Wanita hamil
  2. Penderita diabetes yang memiliki ketergantungan insulin
  3. Pasien diabetes yang memiliki komplikasi ketosis atau asidosis
  4. Pasien diabetes mellitus turunan
  5. Pasien yang bersifat hipersensitif terhadap sulfonilurea
  6. Pasien diabetik koma, pembedahan, infeksi berat, dan trauma berat

Peringatan dan Perhatian

Obat ini dapat diberikan bersamaan dengan antikoagulan dengan pengawasan hematologis yang sering dilakukan. Pasien yang memiliki gangguan hati atau ginjal perlu diawasi dengan ketat dan wajib diberikan obat ini dalam dosis yang kecil terlebih dahulu.

  • Kemasan dan Harga Glucodex Tablet

Kemasan berbentuk dus yang berisi 10 strip dan masing-masing strip berisi 10 tablet.

Harga per tablet adalah Rp 2.039,00.

Diproduksi oleh PT Dexa Medica.

Berikut itulah informasi mengenai Glucodex Tablet: Obat Anti Diabetes Tipe 2 (Penyakit Kencing Manis). Semoga dapat menambah pengetahuan Bidhuaners semua ya mengenai obat-obatan.



Baca juga: 5 Mahasiswa UGM Sulap Lendir Lele Jadi Obat Luka Penderita Diabetes