Obat Anakonidin: Obat Batuk Sirup Tanpa Alkohol yang Bagus untuk Anak

0
1176

Bidhuan.id – Obat Anakonidin adalah jenis obat batuk Sirup Tanpa Alkohol untuk anak-anak dengan kisaran usia minimum 2 tahun. Obat batuk syrup ini merupakan jenis obat bebas sehingga dapat dibeli di berbagai apotik terdekat. Cara mengatasi batuk pada anak-anak tentu sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Sebaiknya Bidhuaners semua mengetahui terlebih dahulu obat batuk yang ampuh dan efektif. Lantas, bagaimana dengan obat Anakonidin ini? Apa saja indikasi, kontra indikasi, hingga dosis serta Efek Samping Anakonidin? Berikut ini adalah penjelasannya.

Batuk adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Dan anak-anak merupakan golongan yang mungkin paling rentan terkena batuk. Untuk menyembuhkannya, tentu Bidhuaners semua harus mengetahui jenis obat batuk pilek anak yang bagus dan efektif serta cocok untuk si kecil. Salah satu contohnya seperti obat Anakonidin ini.

Farmakologi Obat Anakonidin

Obat Anakonidin sendiri merupakan jenis obat bebas yang dirilis oleh PT. Konimex. Cara kerjanya sendiri yakni menjadi analgetis – antipiretik, antihistamin, ekspektoran, serta nasal dekongestan. Untuk itu, obat ini tidak hanya dapat menyembuhkan batuk pada anak-anak saja. Melainkan juga dapat membantu meringankan gejala penyakit lain seperti demam, gejala flu, hingga bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Baca juga: 4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

Untuk mengetahui detail yang lebih lengkap mengenai obat batuk pilek anak tersebut, maka berikut ini adalah informasi obat Anakonidin yang dapat kita ketahui bersama.

Informasi Obat Anakonidin :

  • Indikasi Obat Anakonidin

Pada dasarnya, obat Anakonidin sendiri merupakan obat yang dapat digunakan untuk meredakan dan mengatasi batuk pada anak-anak. Namun obat batuk syrup ini juga dapat membantu meringankan beberapa gejala penyakit lain seperti :

  1. Sakit kepala.
  2. Bersin-bersin.
  3. Hidung tersumbat.
  • Kontra Indikasi

Beberapa kontra indikasi yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat Anakonidin ini antara lain adalah :

  1. Sebaiknya tidak diberikan pada penderita yang memiliki gangguan fungsi hati yang berat, gangguan jantung serta diabetes melitus.
  2. Tidak diberikan pada penderita hypersensitif terhadap jenis obat simpatomimetik.
  3. Sebaiknya hati-hati saat memberikan pada penderita tekanan darah tinggi atau stroke.
  • Komposisi / Kandungan Obat Anakonidin (Tanpa Alkohol)

Obat batuk Sirup Anakonidin merupakan salah satu dari obat Batuk anak yang tidak mengandung Alkohol. Dalam setiap 5 ml obat diketahui mengandung :

  1. Succus liquiritieae 100 mg
  2. Paracetamol 120 mg
  3. Amonium klorida 50 mg
  4. Pseudoefedrin HCL 7.5 mg
  5. CTM 1 mg

Perhatian dan Peringatan

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan Obat Anakonidin ini antara lain seperti :

  1. Tidak dianjurkan digunakan pada wanita hamil dan menyusui, serta pada anak-anak dengan usia dibawah 6 tahun. (Kecuali atas petunjuk dokter)
  2. Sebaiknya hati-hati untuk penggunaan yang bersamaan dengan jenis obat lain, khususnya yang menekan susunan syaraf pusat.
  3. Hindari mengendarai kendaraan saat mengkonsumsi obat ini.
  4. Tidak boleh diberikan melebihi dosis yang telah ditentukan atau dianjurkan dokter.
  5. Jika dalam 3 hari gejala flu dan batuk tidak juga berkurang, maka sebaiknya segera hubungi dokter.
  6. Hentikan penggunaan obat jika penderita menjadi sulit tidur, jantung berdebar dan juga pusing.
  • Efek Samping Anakonidin

Beberapa efek samping dari penggunaan obat Anakonidin yang mungkin terjadi antara lain adalah :

  1. Mengantuk
  2. Mengalami gangguan pencernaan
  3. Mengalami gangguan psikomotor
  4. Aritmia
  5. Takhikardi
  6. Palpitasi
  7. Mulut kering
  8. Retensi urine
  9. Dan untuk penggunaan jangka panjang, kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan pada hati.
  • Kemasan dan Harga Anakonidin Batuk Pilek

Obat Anakonidin tersedia dalam dua kemasan botol yakni 30 ml dan 60 ml dengan rasa cherry. Dan untuk harganya sendiri dijual mulai dari Rp. 7.000 hingga Rp. 12.000 perbotol.

  • Cara Penyimpanan Obat Batuk Pilek Anakonidin

Agar kandungan obat tidak rusak, maka sebaiknya obat Anakonidin disimpan ditempat atau ruangan yang memiliki suhu antara 25o hingga 30o Celcius.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai obat Anakonidin yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi obat-obatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermafnaat untuk Bidhuaners semuanya.



Baca juga: 3 Pilihan Obat Batuk Kering untuk Anak Terbaik