Obat EFISOL Lozenges: Obat Sariawan, Infeksi Gusi, Tenggorokan dan Nafas Bau

0
5334
Obat EFISOL Lozenges Obat Sariawan, Infeksi Gusi, Tenggorokan dan Nafas Bau
Obat EFISOL Lozenges Obat Sariawan, Infeksi Gusi, Tenggorokan dan Nafas Bau

Bidhuan.id – Obat EFISOL Lozenges untuk sariawan memang sudah terbukti keampuhannya. Namun, tak hanya untuk sariawan saja, obat ini juga bisa digunakan untuk Infeksi Gusi, Infeksi Tenggorokan bahkan Nafas bau yang disebabkan oleh infeksi mulut. Obat ini beredar luas di pasaran dan mudah didapatkan, karena kategorinya adalah obat bebas. Harga EFISOL Lozenges yang cukup terjangkau pun membuat obat ini jadi semakin populer di kalangan masyarakat. Namun demikian, banyak hal yang mesti diperhatikan ketika menggunakan obat ini. Apa sajakah yang perlu diperhatikan?

Kegunaan Obat EFISOL Lozenges

EFISOL Lozenges untuk sariawan sangat efektif dalam membunuh kuman dan jamur di rongga mulut dan tenggorokan. Selain itu, obat ini juga ampuh digunakan untuk radang, infeksi gusi, sariawan, tenggorokan, dan juga kerongkongan. Obat ini juga dapat bekerja sebagai antiseptik dan tidak mengandung anestesi lokal sehingga tidak mengganggu fungsi lidah.

Kemudian, obat ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rasanya pun enak dan tidak menyebabkan gangguan atau iritasi terhadap lidah, mulut, dan saluran pencernaan.

Baca juga: Cara Alami Obati Sakit Tenggorokan Tanpa Harus Ke Dokter

  • Komposisi

Komposisi obat ini termasuk sederhana. Dalam setiap tablet terkandung dequalinium klorida sebanyak 0,25 mg dan vitamin C (ascorbic acid) sebanyak 50,00 mg.

  • Indikasi

Obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan sariawan, infeksi mulut dan kerongkongan (angina, faringitis, tonsilitis, gingivitis), dan nafas bau yang disebabkan oleh infeksi tersebut.

  • Dosis EFISOL Lozenges

Obat ini aman dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Gunakanlah setiap 3 jam sekali dengan dosis tidak lebih dari 8 tablet per hari. Apabila radang sudah mulai membaik, ulangi pengobatan yang sama dengan interval 4 sampai 5 jam sekali.

Cara Pemakaian

Pedoman yang wajib diperhatikan dalam pemakaian obat ini adalah:

  1. Biarkanlah obat perlahan-lahan larut di dalam mulut setiap 3 jam sekali
  2. Obat dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan
  3. Alternatif lainnya, obat ini dapat dikonsumsi dengan cara dihisap
  4. Apabila radang sudah mereda, tetap gunakan obat ini dengan interval 4-5 jam sekali
  5. Dapat dikombinasikan dengan EFISOL Liquid untuk memaksimalkan pengobatan
  • Cara Penyimpanan Obat

Obat ini wajib disimpan dalam suhu kamar (di bawah 30O C). Selain itu, obat ini juga tidak boleh terpapar cahaya langsung dan wajib dijauhkan dari anak-anak serta hewan peliharaan.

  • Cara Kerja Obat

Segera setelah dikonsumsi, kandungan dequalinium klorida akan menyebar ke area mulut dan bekerja pada bakteri jamur. Mengingat sifatnya sebagai antiseptik, tentunya jamur di dalam rongga mulut akan dibasmi.

Ditambah dengan vitamin C, yang befungsi memperkuat daya tahan tubuh, tubuh pasien akan menjadi lebih sehat dan kebal terhadap infeksi jamur sehingga jamur tidak akan tumbuh kembali.

  • Efek Samping Obat EFISOL Lozenges

Obat ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya, sehingga aman untuk dikonsumsi. Namun demikian, pemakaian dosis yang berlebihan, yaitu lebih dari 8 tablet per hari, mungkin dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

  • Kontra Indikasi

Obat ini jangan diberikan kepada penderita hipersensitivitas atau alergi obat. Apabila terjadi, segera hubungi dokter.

Peringatan dan Perhatian

Obat ini memang aman untuk dikonsumsi. Namun, bagi pasien yang menderita penyakit atau gangguan kesehatan berat seperti gangguan fungsi hati dan ginjal ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat ini.

Kemasan dan Harga EFISOL Lozenges

Obat ini diproduksi oleh PT. Novell Pharmaceutical Laboratories dalam bentuk dus. Satu dusnya berisi 2 strip dan masing-masing strip berisi 10 lozenges.

Adapun harga EFISOL Lozenges per stripnya adalah Rp 10.000,00. – Rp 25.000,00

Meskipun aman dikonsumsi dan termasuk dalam kategori obat bebas yang tidak memerlukan terlebih dahulu resep dokter untuk membelinya, namun petunjuk pemakaian wajib perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi EFISOL Lozenges.



Baca juga: Varian Obat Sariawan di Tenggorokan yang Ampuh dan Manjur