Trifamycetin: Salep Antibiotik untuk Atasi Infeksi Bakteri di Kulit

0
2048
Trifamycetin Salep Antibiotik untuk Atasi Infeksi Bakteri di Kulit
Trifamycetin Salep Antibiotik untuk Atasi Infeksi Bakteri di Kulit

Bidhuan.id – Trifamycetin adalah salah satu jenis obat topikal yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Dari sekian banyak obat untuk mengatasi gejala tersebut, diketahui bahwa Trifamycetin merupakan salah satu jenis obat topikal yang ampuh untuk mengatasi infeksi kulit. Lalu, apa saja manfaat salep kulit Trifamycetin ini? Berapa harga Trifamycetin di Apotik? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Alih-alih mendapatkan kesembuhan, salah pemilihan obat justru hanya akan membuat infeksi kulit tersebut tak kunjung sembuh atau bahkan semakin parah. Untuk itu sebaiknya Bidhuaners semua mengetahui terlebih dahulu jenis obat yang tepat, seperti salah satu contohnya yakni Trifamycetin ini.

Farmakologi Salep Trifamycetin

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa Trifamycetin adalah salah satu jenis obat yang mengandung Kloramfenikol. Kandungan ini merupakan kandungan antibiotik yang dapat digunakan secara luas untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dengan kata lain, Kloramfenikol ini merupakan spektrum luas yang aktif terhadap jenis bakteri Gram Positif dan juga Gram negatif.

Sedangkan cara kerjanya sendiri adalah menghambat sintesa protein pada sel-sel mikroba. Sehingga kandungan tersebut akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri hingga membunuhnya.

Baca juga: Infeksi Jamur Candidiasis, Pengobatan dan Pencegahan

Trifamycetin merupakan jenis obat resep yang hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter. Kendati demikian, jenis obat topikal ini cenderung mudah ditemukan di berbagai apotik. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Berikut ini adalah informasi obat topikal salep Trifamycetin yang dapat kita ketahui bersama.

Informasi Salep Trifamycetin :

  • Indikasi Salep Trifamycetin (Manfaat Salep Kulit Trifamycetin)

Pada intinya, salep Trifamycetin ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri Gram positif maupun Gram Negatif hingga berbagai macam jenis kuman yang memang sensitif terhadap kandungan kloramfenikol.

  • Kandungan Salep Trifamycetin

Dalam satu kemasan/tube salep Trifamycetin ini mengandung Kloramfenikol sebanyak 2%.

  • Kontra Indikasi Salep Trifamycetin

Untuk kontra indikasi dari salep Trifamycetin ini adalah sebaiknya tidak diberikan pada penderita yang memiliki hipersensitif terhadap kandungan Kloramfenikol.

  • Efek Samping Salep Trifamycetin

Beberapa efek samping seperti iritasi lokal yang mungkin terjadi saat penggunaan salep Trifamycetin adalah :

  1. Gatal-gatal
  2. Rasa panas seperti terbakar
  3. Dermatitis

Perhatian dan Peringatan

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan salep Trifamycetin adalah lamanya penggunaan obat. Diketahui bahwa penggunaan obat jangka panjang tidak disarankan, karena dapat menyebabkan tumbuhnya mikroorganisme yang berlebihan serta tidak peka. Seperti contohnya fungi atau jamur. Jika terjadi superinfeksi atau mengalami efek samping yang parah, maka segeralah hentikan penggunaan obat dan berkonsultasi dengan dokter.

  • Dosis Salep Trifamycetin

Untuk dosis penggunaan salep Trifamycetin yang tepat adalah mengoleskan salep pada area kulit yang terinfeksi 1 hingga 4 kali dalam satu hari. Atau dapat disesuaikan dengan anjuran dan petunjuk dari dokter yang mereferensikan obat.

  • Kemasan dan Harga Trifamycetin

Trifamycetin sendiri dikemas dalam dus dan tube dengan netto 15 gram (Salep 2%). Untuk harganya sendiri, biasanya salep Trifamycetin dijual di Apotik dengan kisaran harga Rp. 15.000 perbuahnya.

  • Penyimpanan Salep Trifamycetin

Salep Trifamycetin juga sebaiknya disimpan pada tempat yang kering dengan suhu yang cenderung sejuk yakni 15o hinggga 25o celcius.

Demikian di atas tadi adalah sedikit informasi mengenai obat topikal atau salep Trifamycetin yang telah kita ketahui bersama. Bijak dalam menggunakan berbagai macam obat tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Bidhuaners semuanya. Semoga informasi obat unggulan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat.



Baca juga: 5 Nama Obat Keloid Salep Paling Ampuh di Apotik