Panadol Extra (Merah): Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harga Obat di Apotik

0
2320
Panadol Extra (Merah) Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harga Obat di Apotik
Panadol Extra (Merah) Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harga Obat di Apotik

Bidhuan.id – Panadol Extra (Merah) merupakan obat yang sangat populer di kalangan masyarakat sebagai obat penurun demam. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala sebelah alias migrain, sakit pada bagian otot dan juga berfungsi untuk meredakan beberapa rasa nyeri lainnya dengan cepat seperti sakit gigi. Lalu, bagaimanakah dosis obat Panadol Extra dan aturan pemakaiannya? Apa saja Efek samping Panadol Extra dan Peringatan yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat ini? Berapa Harga Panadol Extra di Apotik? Untuk Info selengkapnya, silahkan perhatikan ulasan di bawah ini

Kegunaan

Obat Panadol Extra (Merah) memiliki kandungan zat aktif bermana paracetamol dan juga dikenal dengan nama acetaminophen. Zat aktif ini digunakan sebagai analgetic (pereda nyeri) dan juga antipiretik (penurun demam) yang bisa diperoleh tanpa harus menggunakan resep dokter. Paracetamol memang memiliki efek anti-inflamasi namun tidak tergolong sebagai obat NSAID karena efek anti-inflamasi dalam paracetamol tidaklah signifikan. Di samping itu, obat ini juga memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk mencegah rasa kantuk.

Komposisi

Obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet saja dan memiliki komposisi berikut ini:

  1. Paracetamol 500 mg
  2. Caffeine 65 mg

Indikasi

Obat ini dapat digunakan untuk :

  1. Meringankan sakit kepala sebelah
  2. Meredakan nyeri
  3. Menurunkan demam

Dosis Obat Panadol Extra (Merah)

Dengan memperhatikan indikasinya, obat ini hanya dapat diberikan kepada anak-anak berusia di atas 12 tahun dan orang dewasa (kecuali terdapat anjuran dari dokter). Adapun dosisnya adalah 3 sampai 4 tablet dalam waktu satu hari.

Cara Pemakaian

Ada beberapa hal yang patut dijadikan pedoman dalam menggunakan obat penurun demam ini:

  1. Perhatikanlah aturan pemakaian yang tercantum dalam kemasan obat.
  2. Minumlah obat ini dengan segelas air (240 ml).
  3. Obat ini lebih baik dikonsumsi setelah makan.
  4. Apabila rasa nyeri masih berlanjut atau terdapat alergi, segera hubungi dokter.

Cara Penyimpanan Obat

Obat ini wajib disimpan di dalam suhu kamar dan terlindung dari cahaya langsung matahari. Selain itu, obat ini juga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Kerja Obat

Sebagaimana disebutkan di atas, obat ini mengandung paracetamol dan kafein. Paracetamol berfungsi untuk mencegah kerja enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini merupakan enzim yang berperan dalam pembentukan prostaglandin yaitu senyawa yang menyebabkan rasa nyeri dalam tubuh.

Dengan menghambat senyawa prostaglandin, jumlah prostaglandin dalam tubuh akan berkurang sehingga respon tubuh terhadap nyeri pun menjadi berkurang. Kemudian, paracetamol juga mampu menurunkan suhu tubuh dengan menurunkan suhu hipotalamus set-point yang berfungsi sebagai pusat pengendali subuh tubuh di dalam otak.

Efek Samping Obat Panadol Extra

Meskipun memiliki manfaat yang besar, obat ini juga memiliki beberapa efek samping. Adapun efek samping yang dapat ditimbulkan tersebut adalah:

  • Dapat menyebabkan kerusakan hati dalam pemakaian dosis tinggi dan jangka panjang.
  • Dapat menyebabkan hipersensitivitas
  • Dapat menyebabkan peningkatan resiko asma

Kontra Indikasi

Obat ini tidak boleh diberikan kepada:

  • Penderita alergi paracetamol atau kafein
  • Penderita gangguan fungsi hati akut

Peringatan dan Perhatian

Dalam mengkonsumsi obat ini, Anda harus memperhatikan juga beberapa hal berikut:

  1. Bila rasa nyeri sudah bertahan lebih dari 5 hari, disarankan untuk segera menghubungi / berkonsultasi ke dokter.
  2. Penggunaan obat ini bersama-sama dengan minuman yang mengandung caffeine seperti soda, kopi, dan teh akan menyebabkan perasaan gugup, iritabilitas, gangguan tidur, dan meningkatnya detak jantung.
  3. Tidak dianjurkan untuk digunakan bersama-sama dengan obat paracetamol lainnya.

Kemasan dan Harga Obat Panadol Extra di Apotik

Obat ini dikemas dalam dus dengan dua jenis berbeda: satu dus berisi 2 strip x 10 tablet dan satu dus berisi 100 tablet. Obat ini diproduksi oleh PT Glaxo Smith Kline. Adapun harganya di pasaran adalah Rp 7.500,00 per strip.

Meskipun bisa didapatkan dengan mudah, perhatikan selalu aturan pemakaian dan anjuran dokter sehubungan dengan konsumsi obat Panadol Extra (Merah).



Baca juga: Sanmol Drop, Obat Pereda Demam Anak dan Bayi