Obat Antasida Doen: Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harganya

0
1064
Obat Antasida Doen Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harganya
Obat Antasida Doen Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harganya

Bidhuan.idAntasida doen merupakan salah satu obat yang banyak dipakai dan cukup popular dikalangan masyarakat. Pada umumnya, Obat ini digunakan ketika menderita sakit maag. Karena memang Obat Antasida Doen berfungsi sebagai Obat Maag penetral asam lambung. Mengingat sudah banyak tersedia antasida doen generik di Apotik, maka harga obat antasida pun jadi lebih terjangkau di masyarakat. Lalu, bagaimanakah cara pemakaian obat ini? Berapa Dosis yang diperlukan serta apa saja Efek Samping dan Peringatan yang penting untuk diketahui sebelum menggunakan Obat ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Kegunaan Antasida Doen

Antasida Doen merupakan salah satu Obat yang dikenal sebagai obat penetral asam lambung. Obat ini dapat membantu meringankan berbagai gejala-gejala maag yang timbul. Mulai dari rasa panas pada bagian perut kiri atas, kembung, munculnya rasa perih pada uluh hati hingga mual-mual. Obat maag yang mengandung aluminium dan magnesium ini mampu bekerja dengan cepat dalam menetralkan asam pada lambung.

Obat ini dapat dengan mudah ditemukan di apotek serta dapat bebas dibeli tanpa menggunakan resep dokter dikarenakan antasida doen termasuk dalam kategori obat bebas.

Umumnya, obat yang termasuk kategori bebas ini digunakan untuk mengobati penyakit yang gejalanya masih tergolong ringan. Namun, ada baiknya sebelum Anda mengonsumsi obat antasida doen untuk terlebih dahulu mengetahui beberapa informasi mengenai obat ini.

obat penetral asam lambung Antasida Doen
obat penetral asam lambung Antasida Doen

Berikut penjelasan mengenai hal-hal penting terkait dengan obat antasida doen, antara lain :

Komposisi

Obat maag antasida doen tersedia dalam dua bentuk, yaitu tablet dan sirup yangmana pada setiap satu tablet atau satu sendok takar (5 ml) mengandung :

  • Aluminium Hidroksida : 200 mg
  • Magnesium Hidroksida : 200 mg

Kedua zat yang terkandung didalam antasida doen ini dapat bekerja dengan cepat dalam membantu menurunkan asam lambung yang naik.

Cara Pemakaian Obat Antasida Doen

Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya resiko efek samping dari penggunaan obat antasida doen. Tentu saja, perlu bagi kita terlebih dulu mengetahui dosis dan cara pemakaiannya secara tepat, yakni :

Untuk obat yang berbentuk tablet dianjurkan agar dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan, sedangkan untuk yang berbentuk cair sebaiknya botol kemasan dikocok terlebih dahulu.

Dosis Antasida Doen

Untuk Dosis Obat Maag Penetral Asam Lambung ini adalah sebagai berikut:

  • Anak 6 – 12 tahun = 3 – 4 kali sehari dengan ½ – 1 tablet atau ½ – 1 sendok takar suspensi.
  • Dewasa = 3 – 4 kali sehari dengan 1 – 2 tablet atau 1 – 2 sendok takar suspense.

Waktu minum: 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan saat sebelum tidur.


Cara Penyimpanan Obat

Disarankan untuk menyimpan obat ini pada suhu dibawah 30 o C, terlindungi dari cahaya, serta jauhkanlah dari jangkauan anak – anak dan binatang.

Baca juga: Berapa Lama Jangka Waktu Obat Dapat Dikonsumsi Setelah Segel Terbuka?

Cara Kerja Obat

Kombinasi antara aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida merupakan kombinasi antasida yang efektif untuk menetralisir kelebihan asam lambung serta menginaktifkan pepsin, sehingga rasa nyeri ulu hati yang diakibatkan iritasi oleh asam lambung dan pepsin dapat berkurang.

Antasida cair (antasida doen sirup) biasanya bekerja lebih cepat dan lebih baik daripada tablet. Antasida hanya bekerja pada asam yang ada di lambung dan tidak memiliki peran mencegah produksi asam.


Efek Samping Antasida Doen

Adapun efek samping yang dapat terjadi dalam pemakaian obat antasida doen, yaitu:

  • Magnesium yang terkandung didalam antasida dapat menyebabkan diare.
  • Aluminium yang terkandung didalam antasida dapat menyebabkan sembelit. Namun, dapat diminimalisir dengan cara meminum banyak cairan.
  • Aluminium yang terkandung pun juga dapat mengikat fosfat didalam usus yangmana dapat merendahkan kadar fosfat tubuh terutama jika obat ini dikonsumsi dalam dosis besar dan jangka waktu yang lama. Sehingga dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan, kelelahan, dan lemah otot.
  • Dapat beresiko terjadinya gangguan pada ginjal
  • Dapat menimbulkan dehidrasi

Berapa Harga Antasida Doen Tablet dan Sirup di Apotik?

Karena sudah tersedia antasida doen generik di Apotik, tentu harganya pun jadi sangat terjangkau.

Untuk Antasida Doen Tablet dengan kemasan isi 100 Tablet dijual seharga Rp 10.000 . Sedangkan Antasida Doen Sirup dijual di Apotik pada kisaran harga Rp 4.200 – Rp 8.000


Peringatan dan Perhatian

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi obat antasida doen, yakni :

  • Tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak – anak dibawah umur 6 tahun kecuali atas petunjuk dari dokter.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk penderita apendiks.
  • Jangan diberikan pada penderita fungsi renal yang berat karena dapat menimbulkan hipermagnesia.
  • Tidak disarankan untuk dikkonsumsi secara terus – menerus (lebih dari 2 minggu) kecuali atas petunjuk dari dokter karena dikhawatirkan dapat menyebabkan ketergantungan pada fungsi lambung.

Jika sakit maag yang Anda alami tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat ini selama satu minggu, sangat disarankan untuk segera mengghentikan penggunaan dan berkonsultasilah pada dokter karena mungkin Anda memiliki masalah medis yang lebih serius sehingga perlu untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Demikian informasi terkait Obat Antasida Doen, diharapkan informasi tersebut dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Obat Omeprazole 20 Mg: Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag