6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi

0
17735
6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi
6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi

Bidhuan.id – Salep kortikosteroid adalah salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala seperti dermatitis atau eksim. Selain itu, salep kortikosteroid juga dapat digunakan unntuk melawan gejala radang, gatal, hingga pembengkakan. Lantas, apa saja salep atau krim yang mengandung kortikosteroid? Merk salep kortikosteroid apakah yang ampuh dan cepat dalam mengatasi jenis penyakit kulit? Untuk mengetahuinya, silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Dewasa ini, jenis obat-obatan memang sudah tersedia dalam berbagai macam merk. Tidak terkecuali pada jenis obat seperti salep kortikosteroid. Bahkan terkadang sebagian orang mungkin merasa bingung ketika mencari varian obat yang tepat. Maka dari itu tentu tidak ada salahnya jika Bidhuaners semua dapat mengetahui detail dari berbagai macam jenis obat terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Farmakologi Salep Kortikosteroid

Pilihan Salep Kortikosteroid Terbaik
Pilihan Salep Kortikosteroid Terbaik

Kortikosteroid sendiri diketahui merupakan obat streoid atau obat anti-inflamasi. Fungsi utamanya yakni meredakan pembengkakan, gatal-gatal, alergi, hingga kemerahan karena iritasi. Kandungan seperti kortikosteroid juga sebenarnya merupakan tiruan yang dibuat mirip dengan hormon manusia yang produksi oleh kelenjar adrenal.

Perlu diketahui juga bahwa obat yang mengandung kortikosteroid merupakan jenis obat keras dengan efek samping yang cukup serius. Untuk itu, sebelum menggunakannya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis ataupun dokter.

Baca juga: Salep Miconazole: Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit

Lantas, apa saja salep kortikosteroid yang ampuh dan bagus? Berikut ini adalah beberapa pilihannya.

Pilihan Salep Kortikosteroid Terbaik :

  • Salep Bethamethasone

Bethamethasone Topikal adalah salah satu salep atau krim yang mengandung kortikosteroid. Fungsinya sendiri adalah untuk mengurangi gejala inflamasi pada kulit yang disebabkan oleh beberapa gejala seperti dermatitis, eksim, hingga alergi.

Obat topikal ini merupakan obat khusus untuk kulit, namun sebaiknya tidak digunakan pada bagian kulit wajah, ketiak, dan selangkangan.

  • Salep Hydrocortisone (Hidrokortison Salep Kulit)

Salah satu salep kortikosteroid terbaik lainnya adalah salep Hydrocortisone. Hanya saja salep Hydrocortisone merupakan obat ringan yang dapat membantu meringankan gejala inflamasi, gatal-gatal, dan kemerahan pada kulit.

Namun karena obat ringan, salep Hydrocortisone ini tidak dapat mengatasi gejala-gejala tersebut melainkan hanya akan meredakan dan meringankannya.

  • Salep Desoximetasone

Selain dua varian obat di atas, Salep Desoximetason juga merupakan salah satu salep kortikosteroid yang ampuh untuk mengurangi pembengkakan, kulit kemerahan, dan rasa gatal pada kulit.

Desozimetasone juga merupakan obat resep dan obat yang umum digunakan unguk mengatasi beberap jenis penyakit kulit. Karena merupakan obat resep, maka penggunaannya sebaiknya dibawah anjuran ahli medis.

  • Salep Triamcinolone Acetonide

Memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dengan beberapa salep kortikosteroid sebelumnya, Triamcinolone Acetonide juga merupakan salep kortikosteroid untuk meredakan gatal, kemerahan pada kulit, hingga bengkak yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti ruam, eksim, dermatitis, dan juga alergi.

  • Desonide Topikal (Salep Kortikosteroid untuk Bekas Gigitan Nyamuk)

Desonide Topikal juga merupakan salah satu jenis salep kortikosteroid yang berpotensi sedang. Fungsi utamanya yakni untuk menekan reaksi seperti alergi, autoimun, hingga peradangan atau inflamasi dengan gejala seperti gatal, bentol, hingga kemerahan.

Salep topikal kortikosteroid ini juga merupakan jenis obat keras sehingga membutuhkan resep dokter dan pengawasan dari ahli medis untuk menggunakannya.

  • Salep Kalcinol

Salep Kalcinol juga diketahui merupakan salah satu salep yang masuk pada golongan kortikosteroid dan mengandung fluocinolone acenotide 0025%. Indikasinya sendiri adalah sebagai anti-inflamasi untuk kasus seperti dermatitis.

Salep kortikosteroid ini juga dapat digunakan untuk mengatasi dermatitis dan inflamasi yang terjadi di area genital. Kalcinol juga merupakan obat resep dan sebaiknya digunakan dibawah penngawasan ahli medis.

Itulah enam pilihan salep kortikosteroid yang ampuh dan juga bagus dalam mengatasi beragam kondisi dermatitis dan inflamasi. Semoga informasi obat topikal (salep) terbaik di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Bidhuaners semuanya.



Baca juga: 5 Nama Obat Keloid Salep Paling Ampuh di Apotik