Salep Miconazole: Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit

0
706
Salep Miconazole Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit
Salep Miconazole Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit

Bidhuan.id – Salep Miconazole merupakan varian obat topikal anti-jamur yang digunakan untuk mengatasi beragam jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penggunaan salep Miconazole juga diketahui merupakan salah satu cara efektif mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Lalu, apa saja manfaat dari Miconazole Cream ini? Berapakah harga Miconazole di Apotik? Untuk informasi lengkapnya, silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Jenis penyakit seperti infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur memang dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali, khususnya mereka yang jarang menjaga kebersihan tubuh setiap harinya. Tidak hanya di bagian wajah, punggung, atau area tubuh lainnya saja, namun infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur juga dapat terjadi di area genital. Dan salah satu cara mengatasinya yakni menggunakan salep Miconazole ini.

Farmakologi Salep Miconazole

Kemasan, Komposisi, dan Harga Miconazole di Apotik
Kemasan, Komposisi, dan Harga Miconazole di Apotik

Salep Miconazole sendiri merupakan obat topikal anti-jamur yang masuk pada golongan azol yang merupakan turunan dari golongan imidazole. Sistematis kerja obat ini adalah menghambat pertumbuhan jamur atau fungistatik pada jenis jamur kulit seperti candida (Baca selengkapnya: Infeksi Jamur Candidiasis, Pengobatan dan Pencegahan). Selain itu, obat topikal ini juga bersifat fungsidal atau dapat mematikan dan membunuh jamur hingga ke akarnya.

Dengan kata lain, salep kulit ini akan menghambat proses biosintesis egosterol di bagian membran sel hingga terjadi kerusakan pada dinding sel-sel jamur. Dengan cara tersebut, maka sel jamur akan kehilangan nutrisi selulernya dan mati hingga ke bagian akarnya. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai salep Miconazole, maka inilah informasi lengkap salep kulit Miconazole.

Informasi Salep Miconazole :

  • Indikasi Salep

Salep kulit Miconazole diketahui dapat mengatasi dan mengobati beberapa jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti :

  1. Kurap (tinea corporis)
  2. Gatal atlet (tinea cruris)
  3. Kutu air (tinea pedis)
  4. Panu (tinea vesikolor)
  5. Jenis penyakit ulit yang disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans
  • Kontra Indikasi Miconazole

Adapun kontra indikasi dari salep Miconazole yakni sebaiknya tidak diberikan pada penderita yang memiliki riwayat :

  1. Alergi atau hipersensitivitas pada kandungan miconazole
  2. Alergi atau hipersensitivitas pada komponen obat miconazole
  3. Alergi atau hipersensitivitas pada jenis obat azole
  • Dosis Salep Miconazole

Cara penggunaan Obat topikal seperti Salep Miconazole ini, dapat dioleskan secukupnya pada area kulit yang terinfeksi jamur sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Sebaiknya penggunaan obat topikal ini tidak digunakan dalam jangka panjang dan tidak melebihi batas waktu hingga empat minggu. Jika penggunaan obat tersebut sudah mencapai batasan waktu tersebut dan belum membaik, maka sebaiknya konsultasikan dengan ahli medis atau dokter.

  • Efek Samping Salep Miconazole

Setiap obat pada umumnya tentu akan selalu memiliki efek samping pada penggunanya. Tidak terkecuali pada salep Miconazole ini. Adapun beberapa efek samping salep Miconazole yang berpotensi terjadi antara lain adalah :

  1. Rasa terbakar
  2. Bengkak
  3. Kemerahan
  4. Iritasi
  5. Benjolan seperti jerawat
  6. Hingga terjadinya pengelupasan pada permukaan kulit

Perhatian

Terdapat beberapa hal yang harus sangat diperhatikan ketika Bidhuaners menggunakan Salep Miconazole. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain seperti :

  1. Salep Miconazole hanya untuk digunakan pada kulit sebagai obat luar/obat topikal.
  2. Hindari kontak salep dengan mata, hidung, ataupun mulut, segera bersihkan jika hal tersebut terjadi.
  3. Akan lebih baik jika penggunaan salep Miconazole sesuai dosis dan anjuran ahli medis seperti dokter.
  4. Hindari penggunaan salep Miconazole pada anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun.
  5. Sebaiknya berhati-hatilah untuk penggunaan terhadap ibu hamil dan juga menyusui.

  • Kemasan, Komposisi, dan Harga Miconazole di Apotik

Salep Miconazole sendiri dikemas dalam kemasan tube dengan netto 10 gram. Dan setiap gram salep Miconazole mengandung Miconazole Nitrat sebanyak 20 mg. Sedangkan untuk harganya pun terbilang sangat terjangkau, harga Miconazole di apotik biasanya akan berkisar pada nilai Rp. 5.000 perbuahnya.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai informasi obat topikal salep Miconazole yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi kulit karena bakteri. Semoga informasi obat untuk penyakit kulit di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca juga: Salep 88 : Obat Topikal Antijamur untuk Atasi Beragam Penyakit Kulit