4 Nama Obat Sembelit di Apotik dan Alami yang Terbukti Ampuh

0
97152
Nama Obat Sembelit di Apotik dan Alami yang Terbukti Ampuh
Nama Obat Sembelit di Apotik dan Alami yang Terbukti Ampuh

Bidhuan.id – Obat sembelit adalah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi susah buang air besar. Sembelit memang merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, mungkin tidak semua orang mengetahui cara mengatasi sembelit yang tepat. Lantas, bagaimana cara mengobati sembelit dengan cepat dan efektif? Apa saja obat sembelit di apotik yang bagus dan ampuh? Mari kita temukan bersama jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kondisi seperti sembelit atau susah buang air besar ini disebabkan oleh feses yang keras sehingga sulit keluar dan tidak lancar. Bahkan pada kasus yang sudah terhitung parah, sembelit atau susah buang air besar ini akan terjadi hingga berhari-hari. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan varian obat sembelit medis ataupun obat alami.

Obat Sembelit yang Bagus dan Ampuh

Obat Sembelit di Apotik dan Obat Sembelit Alami
Obat Sembelit di Apotik dan Obat Sembelit Alami

Pada umumnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama sembelit atau susah buang air besar. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah :

  • Kurang mengkonsumsi makanan yang berserat
  • Faktor mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen tertentu
  • Kebiasan buang air besar yang tidak teratur atau sering menunda buang air besar
  • Faktor kehamilan, dll

Sebenarnya jika sudah kesulitan buang air besar hingga 2 hari, sebaiknya segera diatasi dengan mengkonsumsi obat yang tepat agar tidak berlarut-larut.

Baca juga: Sabun batang untuk obat sembelit

Jika Anda bingung mencari referensi mengenai beragam obat sembelit yang bagus, maka berikut ini adalah varian obat sembelit di apotik dan juga obat sembelit alami yang dapat anda coba gunakan.

Obat Sembelit di Apotik dan Obat Sembelit Alami :

  • Obat Sembelit Microlax

Microlax adalah salah satu varian obat pencahar untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Obat yang juga mudah dijumpai di apotik ini bukan obat oral, melainkan obat supositoria atau obat rektal untuk dimasukan ke dalam anus.

Kandungan yang terdapat di dalam Microlax diketahui akan membuat feses lebih lunak sehingga mudah keluar dengan sendirinya. Kisaran harganya pun cukup terjangkau oleh banyak kalangan.

  • Obat Sembelit Dulcolax

Selain Microlax, Dulcolax juga dikenal sebagai salah satu varian obat pencahar untuk mengatasi sembelit yang ampuh dan efektif. Obat sembelit Dulcoax tersedia dalam dua jenis yakni obat rektal dan tablet.

Obat pencahar ini diketahui mengandung bisacodyl yang dapat berfungsi meningkatkan gerakan atau motilitas pada dinding usus besar, serta meningkatkan kadar air pada feses sehingga menjadi lebih lunak dan mudah keluar.

  • Dulcolactol Syrup (Obat Sembelit Anak)

Salah satu jenis obat pencahar yang aman digunakan oleh anak-anak adalah obat laktulosa Dulcolactol ini. Dulcolactol syrup sendiri  mengandung laktulosa yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada anak-anak.

Obat pencahar ini di produksi oleh Boehringer Ingelheim dapat di konsumsi oleh anak kurang dari 1 tahun hingga orang dewasa. Namun dosis dan takaran pakainya harus sangat diperhatikan.

Selain menggunakan Dulcatol Syrup, anda juga bisa menggunakan Protexin Infant Sachet dan Microlax untuk mengatasi sembelit pada anak. Mengenai kedua obat sembelit tersebut pun telah kami bahas pada artikel Obat Sembelit Anak

  • Lidah Buaya/Aloevera (Obat Sembelit Alami)

Selain dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, ternyata tanaman lidah buaya juga dapat membantu mengatasi sembelit. Namun yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, obat pencahar alami ini miliki efek yang sangat kuat sehingga sebaiknya digunakan dengan sangat hati-hati.

Siapkan setengah batang tanaman lidah buaya kemudian cuci bersih dan buang kulitnya. Cincang sebagian daging lidah buaya tersebut dan campurkan dengan air hangat, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga merata. Minum larutan tersebut selagi hangat. Ramuan ini sebaiknya jangan digunakan oleh penderita diare, ibu hamil, dan wanita haid.

Beberapa obat sembelit di atas tadi merupakan cara mengobati sembelit dengan cepat dan efektif. Beberapa varian obat tersebut merupakan obat sembelit di apotik dan obat sembelit alami yang dapat digunakan oleh orang dewasa hingga anak-anak. Semoga informasi obat di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat bagi para Bidhuaners semua ya.

Jika ada masukan obat sembelit lainnya yang tak kalah baiknya dari obat-obatan yang sudah disebutkan diatas. Anda bisa memberitahu kami melalui kontak yang tersedia agar dapat ditambahkan/dibahas secara tersendiri di artikel selanjutnya.

Baca juga: 4 Obat Migrain Paten, Generik hingga Herbal untuk Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

BACA JUGA