Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif

0
1812
Obat Gatal Alergi yang Ampuh dan Efektif.
Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif.

Bidhuan.id – Obat gatal alergi memang tersedia dalam berbagai macam jenis. Jenis Obat alergi yang bermacam-macam ini dikarenakan penyebab dari penyakit alergi yang berbeda-beda. Mulai dari obat gatal alergi kulit, obat gatal alergi dingin, obat gatal alergi anak, dll. Ingin tahu macam-macam varian obat untuk gatal alergi tersebut secara lebih lengkap? Silahkan ikuti terus artikel obat gatal alergi kulit di bawah ini.

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa alergi adalah salah satu bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada sesuatu yang sebenarnya tidak berbahaya. Kondisi tersebut dapat berupa substansi atau dapat juga karena bersentuhan langsung dengan tubuh. Pada umumnya, alergi akan memicu timbulnya rasa gatal sehingga perlu diobati dengan obat gatal alergi kulit.

Obat Gatal Alergi Kulit yang Bagus

Obat Gatal Alergi Kulit yang Bagus
Obat Gatal Alergi Kulit yang Bagus

Akan tetapi, gejala alergi sendiri sebenarnya tidak hanya menimbulkan rasa gatal saja, melainkan juga dapat menimbulkan gejala lain. Dan beberapa di antaranya seperti :

  • Batuk-batuk
  • Bersin-bersin
  • Ruam pada kulit
  • Sesak napas
  • Gatal, merah, dan berair, pada bola mata
  • Adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Dari sekian banyak gejala alergi di atas, diketahui bahwa gejala alergi yang paling umum terjadi adalah bersin dan batuk, terdapat ruam, dan gatal-gatal pada kulit. Lalu, obat apa yang tepat untuk menyembuhkan gatal alergi kulit pada tubuh tersebut?

(Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Gatal Alergi Secara Alami )

Berikut inilah nama obat gatal alergi kulit dari kelompok medis dan juga cara tradisional yang dapat kita ketahui bersama.

Macam-Macam Obat Alergi Kulit :

  • Salep Kulit Protopic (obat gatal alergi bentol kulit)

Obat salep kulit Protopic ini diketahui dapat mengobati alergi pada kulit seperti bentol-bentol. Namun biasanya salep ini harus dibeli dengan resep dokter. Salep ini biasanya dikemas dalam kemasan Oitment 10 gr dan hanya untuk orang dewasa dengan usia di atas 16 tahun. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan salep tersebut pada bagian tubuh yang terdapat bentol karena alergi hingga 2 kali sehari.

  • Salep Kulit Hydrocortisone (obat gatal alergi kulit)

Salep kulit Hydrocortisone ini juga diketahui merupakan salah satu salep kulit yang efektif dalam menangani alergi pada kulit. Bahkan salep ini juga dapat mengobati alergi yang disertai ruam dan peradangan. Salep kulit ini tersedia dalam kemasan oitment seberat 5 gr. Cukup dioleskan pada area kulit yang terdapat alergi 3 hingga 4 kali sehari.

  • Pil Cetrizine (obat gatal alergi dingin)

Berbeda dari obat gatal alergi sebelumnya, Obat yang satu ini bukanlah obat alergi kulit. Namun apa salahnya untuk kita tahu. Obat Cetrizine ini merupakan obat alergi oral yang berbentuk pil/kaplet. Kandungan antihistamin pada obat alergi ini memang dapat mengobati alergi dingin seperti hayfever, alergi bersin karena bulu hewan, debu, bahkan alergi kulit bentol, kemerahan/ruam, gatal, dll. Obat ini dapat di konsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak sesuai dengan dosis.

  • Pil Loratadine (obat gatal alergi anak)

Selain menggunakan obat luar, mengatasi alergi pada anak juga dapat menggunakan obat oral. Salah satunya seperti menggunakan obat Loratadine yang berupa pil/kaplet. Obat ini juga merupakan obat yang mengandung antihistamin yang dapat meredakan alergi kulit.

Untuk anak-anak di atas 2 tahun, maka dosis yang dianjurkan adalah maksimum 10 mg per-hari dengan berat badan di atas 30 kg. Sedangkan dosis untuk anak dibawah 2 tahun dengan berat badan di bawah 30 kg adalah maksimum 5 mg per-hari.

  • Obat Gatal Alergi Tradisional
  1. Obat gatal alergi tradisional pertama yang dapat dicoba adalah menggunakan air sari lemon. Caranya yakni menggunakan air perasan jeruk lemon, kemudian oleskan air perasan jeruk lemon tersebut menggunakan kapas pada bagian yang terdapat alergi. Namun biasanya cara ini hanya dapat dilakukan pada area alergi yang tidak luas.
  2. Obat gatal alergi tradisonal kedua yang dapat dicoba adalah menggunakan cuka sari apel. Ramuan tradisional ini dapat digunakan untuk alergi yang sudah meluas pada hampir seluruh area tubuh. Caranya yakni dengan mencampurkan cuka sari apel tersebut pada air mandi, kemudian gunakan airnya untuk membasuh tubuh.

Demikian di atas tadi adalah nama obat gatal alergi dan juga obat gatal alergi tradisonal yang dapat dicoba. Namun jika ragu menggunakan obat gatal alergi dari kelompok medis di atas, maka hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis di bidang tersebut. Semoga ulasan artikel obat gatal alergi kulit di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

(Baca juga: Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit )