Pilihan Obat Herbal Diare yang Terbukti Ampuh

0
957
Obat Herbal Diare
Obat Herbal Diare

Bidhuan.id – Tidak sedikit orang yang mungkin merasa bingung ketika mencari obat herbal diare dari bahan alami. Selain menggunakan obat-obatan medis, cara mengatasi diare yang cepat juga sebenarnya dapat pula dilakukan dengan menggunakan ramuan tradisonal alami. Bahkan obat herbal alami untuk diare juga memiliki jenis yang beragam, seperti obat herbal diare dewasa, obat herbal diare anak, obat herbal diare bayi, obat herbal diare untuk ibu menyusui, dll. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Ikuti terus ulasan dibawah ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa diare adalah sebuah gangguan yang terjadi di dalam pencernaan. Kondisi tersebut ditandai dengan encernya tinja serta seringnya frekuensi buang air besar hingga beberapa kali. Dan salah satu cara yang dapat menjadi pertolongan pertama adalah dengan menggunakan obat herbal diare yang tepat.

Pilihan Obat Herbal Diare yang Manjur

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa varian obat herbal alami untuk mengobati diare sendiri memang bermacam-macam. Biasanya akan dibedakan menurut usia seperti dewasa dan anak-anak, atau seberapa parah diare yang dialami, hingga untuk kalangan ibu menyusui. Agar tidak salah mengobati, maka berikut ini adalah beberapa macam obat herbal diare yang dapat kita ketahui bersama.

Macam-macam Obat Herbal Diare Dari Bahan Alami :

cara alami mengobati diare
cara alami mengobati diare
  • Obat Herbal Kunyit (obat herbal diare dewasa)

Untuk membuat obat herbal dari kunyit ini sebenarnya tidaklah sulit. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu kunyit sebesar kurang lebih 1/2 jari, kapur sirih sebanyak 1 sendok teh, dan juga air putih sebanyak 1 gelas. Setelah itu, rebus kunyit dengan 1 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1/3 gelas.

Saat masih panas, campurkan kapur sirih dan aduk hingga merata lalu dinginkan. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan minum airnya hingga 3 kali sehari. Gunakan obat herbal diare dewasa tersebut hingga diare berhenti, namun jika tidak ada perubahan maka hentikan penggunaan obat herbal alami ini dan lakukan pemeriksaan medis.

  • Obat Herbal Daun Kayu Putih (obat herbal diare anak)

Jika anak mengalami diare, maka dapat mencoba obat herbal alami dari daun kayu putih ini. Untuk membuat ramuan ini maka siapkan terlebih dahulu daun kayu putih kering sebanyak 6 hingga 10 gram dan air bersih sebanyak 2 gelas.

Cara membuatnya yakni merebus daun kayu putih tersebut dengan air bersih hingga mendidih dan airnya surut menjadi 1 gelas. Angkat dan tiriskan. Setelah hangat, berikan obat herbal diare anak ini sebanyak 1 kali sehari hingga diarenya sembuh.

  • Obat Herbal Daun Jambu Biji (obat herbal diare buat balita)

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya karena obat alami ini merupakan obat herbal diare anak 1 tahun atau lebih. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu daun jambu biji sebanyak 10 lembar, kunyit kering sebanyak 11 gram, dan lempuyang emprit sebanyak 9 gram.

Cara membuatnya yakni cuci terlebih dahulu semua bahan di atas kemudian iris tipis semua bahan alami tersebut. Setelah itu, rebus semua bahan dengan 4 gelas air bersih hingga mendidih dan airnya surut menjadi 3 gelas. Untuk anak berusia 1-3 tahun maka berikan ramuan sebanyak 1 sendok makan hingga 4 kali sehari.

  • Oralit Alami (obat herbal diare bayi)

Obat herbal diare pada anak dan bayi ini dapat diberikan saat Anda tidak memiliki obat seperti oralit bubuk. Untuk membuatnya maka siapkan terlebih dahulu air matang sebanyak 200 ml, gula pasir sebanyak 2 sendok teh, dan garam halus sebanyak 1/2 sendok teh.

Dan cara membuatnya yakni dengan mencampurkan seluruh bahan tadi dan langsung diberikan pada anak atau bayi. Untuk usia kurang dari 1 tahun, maka berikan oralit alami tersebut sebanayk 1/2 gelas saja. Namun jika sudah beberapa kali tidak ada perubahan, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter.

  • Teh Chamomile (obat herbal diare untuk ibu menyusui)

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa alternatif obat herbal ini hanya untuk ibu menyusui yang belum menderita diare akut. Cara pengobatannya sendiri sangat mudah, karena ibu hanya tinggal meminum teh chamoile tanpa gula hingga 3 kali sehari.

Kandungan yang terdapat di dalam teh tersebut diketahui dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di usus. Namun jika tak kunjung sembuh, maka hendaknya memeriksakan kondisi tersebut pada dokter agar tidak mengganggu proses menyusui.

Itulah beberapa varian obat herbal diare yang dapat dicoba sesuai dengan usia penderitanya. Varian obat herbal ini dapat menjadi alternatif sebelum akhirnya menggunakan beragam obat-obatan medis. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semua.



Baca juga: Asam Mefenamat untuk ibu hamil, Aman Digunakan Tidak?