Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit

0
15418
Salep Genoint Gentamicin
Salep Genoint Gentamicin

Bidhuan.id – Salep Genoint adalah salah satu jenis salep yang dapat digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit kulit. Cara mengobati penyakit kulit dengan salep genoint memang dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling mudah dan efektif. Lantas, apa saja kegunaan salep Genoint Gentamicin ini lebih lengkapnya? Efek samping apakah yang akan ditimbulkan dari salep Genoint Gentamicin ini? Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini.

Salep Genoint ini diketahui memiliki kandungan gentamicin, dan juga masuk pada kategori obat antibiotik dengan golongan aminoglikosida. Maka dari itulah salep Genoint Gentamicin ini dapat digunakan untuk mengobati infers yang di akibatkan oleh bakteri. Bahkan salep Genoint ini juga dapat membunuh hingga mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit

Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit
Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit

Hal tersebut karena kandungan gentamicin sendiri memang merupakan antobiotik yang dapat mengobati beberapa jenis infeksi seperti penyakit septikemia, infeksi telinga, infeksi mata, serta infeksi paru-paru, dll. Namun pada salep Genoint ini, kandungan gentamicin yang terdapat di dalamnya difungsikan untuk mengatasi infeksi pada kulit.

Salep Genoint Gentamicin ini biasanya akan dijual dalam kemasan tube 15 gram salep. Dan juga sudah sangat mudah ditemukan di berbagai toko obat atau apotik. Untuk mengetahui informasi detailnya, berikut ini adalah ulasan mengenai salep Genoint Gentamicin yang dapat kita ketahui bersama.

Baca juga: Obat Salep Luka Bakar yang Bagus

Informasi Salep Genoint Gentamicin :

  • Indikasi (Manfaat Salep Genoint Gentamicin)

Seperti yang telah diulas singkat di atas tadi, bahwa kegunaan salep Genoint Gentamicin ini adalah untuk mengobati infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Baik untuk infeksi kulit primer ataupun infeksi kulit sekunder. Namun diketahui bahwa salep ini tidak akan berfungsi untuk infeksi kulit yang disebabkan oleh virus atau jamur.

  • Kontraindikasi

Hindari penggunaan salep Genoint Gentamicin ini pada penderita yang memiliki reaksi hypersensitive atau alergi terhadap kandungan gentamicin atau kandungan antibiotika dengan golongan aminoglikosida lainnya.

Selain itu, hindari juga penggunaan salep Genoint Gentamicin antibiotik ini pada bayi yang baru lahir atau pada bai yang lahir prematur.

  • Efek Samping Salep Genoint Gentamicin

Kalaupun ada efek samping yang dirasakan oleh penggunanya, maka efek samping negatif dari salep Genoint Gentamicin yang paling mungkin terjadi adalah iritasi ringan pada permukaan kulit. Contohnya seperti pruritus atau erythema. Namun hal tersebut tidak akan terjadi selama salep ini digunakan sesuai dengan dosis dan anjuran.

  • Kandungan dan Dosis Salep Genoint Gentamicin

Dalam salep Genoint ini diketahui terdapat kandungan Gentamicin Sulfate 0.1%. sedangkan untuk dosis penggunaannya adalah dengan mengoleskan salep ini pada bagian kulit yang terinfeksi 3 hingga 4 kali dalam sehari. Dan sebaiknya, penggunaannya dibawah pantauan dokter dan sesuai anjurannya.

  • Perhatian
  1. Jenis salep Genoint ini merupakan jenis salep untuk kulit, maka dari itulah sebaiknya hindari kontak dengan mata secara langsung.
  2. Penggunaan obat antibiotik topikal seperti salep Genoint ini dapat menyebabkan superinfeksi hingga iritasi kulit. Jika terjadi dua kondisi tersebut, maka hendaknya segera menghentikan pemakaian obat.
  3. Jika salep Genoint Gentamicin ini akan digunakan untuk mengobati bisul, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kerak yang terdapat pada sekitaran bisul tersebut.
  4. Sebaiknya tidak digunakan untuk pengobatan jangka panjang.
  5. Usahakan untuk menggunakan salep Genoint ini pada area yang terinfeksi saja dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Karena penggunaan obat ini dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sehingga kulit akan lebih mudah terbakar.

Demikian di atas tadi adalah informasi mengenai salep Genoint Gentamicin yang telah kita ketahui bersama. Tentunya akan lebih bijak jika kita semua dapat mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai obat-obatan yang akan digunakan. Salah satunya seperti pada salep Genoint yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit ini.



Baca juga: 5 Mahasiswa UGM Sulap Lendir Lele Jadi Obat Luka Penderita Diabetes