Obat Salep Luka Bakar yang Bagus

0
5036
Obat Salep Luka Bakar yang Bagus
Obat Salep Luka Bakar yang Bagus

Bidhuan.id – Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa memilih obat salep luka bakar tidak dapat sembarangan. Alih-alih mendapatkan kesembuhan, penggunaan obat yang salah hanya akan membuat cara cepat mengeringkan luka bakar gagal dan luka bakar anda pun jadi tak kunjung sembuh. Lalu, seperti apa salep luka bakar yg ampuh? Bagaimana cara memilih salep luka bakar yang bagus? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Luka bakar atau yang dalam istilah medis disebut combustio, adalah sebuah kondisi luka yang terjadi di bagian jaringan kulit. Disebabkan oleh uap panas, api, radiasi, hingga bahan kimia. Diketahui bahwa luka bakar sendiri dibedakan menurut derajat yang memiliki beberapa grade atau tingkatan. Salah satu cara mengatasinya yakni dengan penggunaan obat salep luka bakar.

Varian Obat Salep Luka Bakar yang Bagus

Kendati di berbagai apotik kini sudah terdapat berbagai macam salep luka bakar yang bagus, namun sebelum mengobati luka bakar tersebut hendaknya Anda dapat mengetahui teerlebih dahulu grade dan juga derajat luka bakar yang dimiliki. Dengan begitu, Anda dapat menemukan obat salep luka bakar yang tepat.

Dan berikut ini adalah derajat luka bakar yang dibagi menjadi beberapa grade.

  1. Luka Bakar Grade 1 – Luka bakar grade 1 ini merupakan luka bakar yang terjadi pada lapisan epidermis kulit atau bagian lapisan kulit paling atas saja. Pada grade ini, kulit akan terlihat merah serta terlihat bengkak, kondisi tersebut juga diketahui menimbulkan rasa nyeri. Kulit juga biasanya akan melepuh dan di dalamnya terdapat cairan.
  2. Luka Bakar Grade 2 – Dibandingkan dengan luka bakar grade 1, luka bakar grade 2 ini memiliki luka yang lebih dalam. Kendati masih terlihat sama yakni melepuh dan di dalamnya terdapat cairan, namun tingkat kedalaman luka bakar tersebut berbeda.
  3. Luka Bakar Grade 3 – Dan luka bakar grade 3 ini dapat dikatakan sebagai grade yang paling parah. Lukanya sangat dalam bahkan melebihi epidermis hingga terkena otot dan tendon. Pada luka bakar ini rentan terjadi komplikasi antara infeksi dan kekurangan cairan.

Akan tetapi obat luka bakar yang banyak dijual di pasaran pada saat ini rata-rata hanya dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar grade 1 dan 2. Karena untuk luka bakar grade 3 biasanya sudah harus ditangani secara intensif oleh pihak medis.

Namun untuk Anda yang membutuhkan referensi mengenai salep luka bakar yg ampuh, berikut ini adalah beberapa obat salep luka bakar yang dapat di coba.

Baca juga: Teknologi Masa Depan Gel Suntik, Sembuhkan Luka dengan Cepat

Salep untuk Atasi Luka Bakar :

Salep untuk Atasi Luka Bakar
Salep untuk Atasi Luka Bakar
  • Salep Luka Bakar Biopalcenton

Salep luka bakar yang pertama ini banyak digunakan untuk mengobati luka bakar grade 1. Dalam Salep Bioplacenton ini terdapat kandungan Neomycin Sulphate sebanyak 0.5 % serta ekstrak Placenta sebanyak 100 mg.

Kandungan Neomycin Sulphate untuk membantu mencegah infeksi serta peradangan, sedangkan kandungan placenta akan membantu meregenerasi kulit yang terbakar hingga ke bentuk semula. Bioplacenton ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa, namun dapat juga menjadi obat salep luka bakar untuk anak.

  • Burnazin (Salep Luka Bakar Parah)

Berbeda dengan salep luka bakar pertama tadi, Burnazin ini diketahui kerap digunakan untuk pengobatan luka bakar dengan tingkatan yang lebih parah seperti grade 2 dan 3. Kandungan yang terdapat pada salep ini adalah silver suphadiazine sebanyak 10 mg, dan merupakan salep anti mikroba yang mampu mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terbakar.

  • Nutrimoist (Salep Luka Bakar yang Bagus)

Salep Nutrimoist ini merupakan salep yang dibuat dari ekstrak tanaman langka yang ada di negara Tiongkok. Kendati dibuat dari ekstrak alami, namun salep ini dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Karena salep ini mampu menjaga tingkat kelembaban kulit hingga memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit. Salah satu produk dari CNI ini juga dapat menjadi salep obat luka bakar untuk anak.

  • Madecassol 10 mg (Salep untuk luka bakar, luka bedah, dan luka trauma)

Salep untuk mengobati luka bakar ini diketahui mengandung asiatic acid 30%, asiaticoside 40%, dan madecassic acid 30%. Salep ini juga dapat digunakan untuk mencegah tendensi keloid pada luka bakar, luka bedah, dan luka trauma. Sehingga akan membantu dan mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar.

Seluruh obat salep luka bakar di atas tadi dapat digunakan untuk mengatasi beragam jenis luka bakar. Sebagian besarnya merupakan salep untuk mengobati luka bakar antara grade 1 dan grade 2. Gunakan salep hingga luka bakar yang terdapat di tubuh Anda sembuh, dan jauhi penyimpanan salep dari jangkauan anak-anak, khususnya balita.



Baca juga: Salep obat Bisul yang efektif Menyembuhkan