Penyebab Mata Bengkak dan Daftar Nama Obatnya

0
3615
Penyebab Mata Bengkak dan Daftar Nama Obatnya
Penyebab Mata Bengkak dan Daftar Nama Obatnya

Bidhuan.id – Mencari produk obat mata bengkak yang tepat di apotik baik itu obat tetes mata maupun obat salep mata memang tidaklah mudah. Pasalnya, organ indera penglihatan seperti mata memiliki tingkat sensitifitas yang sangat tinggi. Untuk itulah saat mengalami seperti keluhan kelopak mata bengkak dan gatal, mata bengkak sebelah kiri, mata bawah bengkak hingga mata bengkak digigit serangga, sebaiknya tidak diatasi secara asal-asalan. Lalu, bagaimana cara mengatasi yang tepat? Obat mata bengkak apa yang cocok dengan keluhan tersebut? Mari kita ketahui bersama melalui ulasan dibawah ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat krusial. Sebagai indera penglihatan, mata diwajibkan untuk selalu berada dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki keluhan. Dengan begitu, beragam aktivitas pun dapat dilakukan tanpa harus terganggu.

Penyebab Mata Bengkak

penyebab dan cara mengatasi mata bengkak
penyebab dan cara mengatasi mata bengkak

Namun bagaimana ketika mata mengalami keluhan? Ya, sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga akan memiliki beragam keluhan jika kesehatannya tidak dijaga dengan baik. Seperti salah satunya yakni “Mata bengkak“. Kondisi tersebut biasanya dikarenakan beberapa faktor, adapun beberapa Penyebab mata bengkak antara lain seperti :

  • Alergi
  • Konjungtivitis atau inflamasi pada selaput mata bagian depan
  • Blefaritis atau peradangan yang terjadi pada kelopak mata
  • Sengatan serangga
  • Iritasi polusi
  • Karena terlalu lama menangis
  • Hingga karena faktor usia

Lalu, bagaimana “cara mengatasi mata bengkak” tersebut? Jika dilihat dari faktor penyebabnya, maka sudah tentu langkah penanganan atau pengobatan yang dilakukan pun akan berbeda-beda. Namun kondisi mata bengkak yang umum terjadi biasanya karena faktor seperti iritasi, alergi, disengat serangga, hingga karena terlalu lama menangis.

[Baca juga:Penyebab serta Ciri Mata Silinder (Astigmatisme) Rendah dan Tinggi]

Dengan begitu, jenis obat yang digunakan untuk menyembuhkan mata bengkak pun akan berbeda-beda. Namun diketahui terdapat beberapa jenis obat untuk mata bengkak yang dapat ditemukan di berbagai apotik. Dan berikut ini adalah beberapa jenis obat mata bengkak yang dapat kita ketahui bersama.

Daftar Nama Obat Mata Bengkak

Nama Obat Tetes mata dan Obat Salep Mata untuk Mata Bengkak
Nama Obat Tetes mata dan Obat Salep Mata untuk Mata Bengkak

Berikut ini adalah daftar nama obat mata bengkak, baik yang berupa obat tetes mata maupun obat salep mata yang dapat anda beli di Apotik terdekat.

Cendo Xitrol (Obat Mata bengkak karena konjungtivitis)

Pada umumnya, obat mata bengkak ini akan digunakan untuk pengobatan mata bengkak yang disebabkan oleh konjungtivitis atau peradangan dan infeksi mata lainnya. Obat ini dijual dalam dua varian yakni obat tetes dan krim atau salep. Dosis penggunaan obat mata bengkak ini antara 4 hingga 6 kali dalam sehari sebanyak 1 hingga 2 tetes saja.

Benadryl Salep (Obat Mata bengkak karena Alergi)

Untuk mata bengkak yang disebabkan oleh alergi, maka dapat menggunakan obat yang mengandung diphenhydramine yang masuk pada golongan antihistamin seperti Benadryl ini. Namun salep benadryl ini diketahui hanya untuk meringankan rasa gatal pada bagian mata yang bengkak. Dengan hilangnya bakteri, maka pembengkakan pun akan lebih mudah reda.

Kloramfenikol (Obat Mata bengkak karena Infeksi)

Chloramphenicol atau yang dikenal juga dengan kloramfenikol ini merupakan salah satu obat mata bengkak yang terbagi dalam dua varian, yakni salep dan juga obat tetes. Obat dengan kandungan antibiotik tinggi ini dapat menyembuhkan mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi. Dan obat mata bengkak ini dapat ditemukan di berbagai apotik terdekat.

Gentamycin (Obat Mata bengkak karna Infeksi Bakteri)

Satu lagi obat antibiotik mata bengkak yakni gentamycin ini. Kandungan gentamisin sulfat yang terkandung di dalamnya diketahui dapat menyembuhkan mata bengkak akibat infeksi bakteri. Gentamycin ini terdiri dari dua jenis yakni obat tetes mata dan juga salep mata. Obat mata bengkak ini juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai apotik.

Cendo Floxa

Tidak berbeda jauh dengan bebeapa jenis obat mata bengkak di atas tadi, Cendo Floxa ini juga diketahui dapat mengatasi mata bengkak akibat infeksi bakteri seperti konjungtivitis. Karena di dalam obat ini terkandung ofloxacin, dapar fosfat, serta natrium klorida. Cendo Floxa ini juga dapat ditemukan di berbagai apotik terdekat.

Erlamycetin

Obat mata yang berbentuk krim atau salep ini juga dapat membantu mengatasi keluhan seperti mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena Erlamycetin ini juga diketahui mengandung Chloramphenicol yang ampuh mengatasi infeksi pada mata. Untuk mengatasi mata bengkak, oleskan salep Erlamycetin hingga 3 atau 4 kali dalam sehari.

Rata-rata obat mata bengkak yang tersedia di apotik memang sebagian besarnya untuk mengobati mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti konjungtivitis.

Karena jika keluhan mata bengkak yang umum terjadi karena iritasi polusi atau karena sembab menangis, dapat diatasi dengan mengompres mata menggunakan air hangat atau obat tetes mata ringan. Untuk itu, sebaiknya kenalilah terlebih dahulu penyebab mata bengkak sebelum mengambil langkah pengobatan.



[Baca juga:Jangan Sembarangan Gunakan Obat Tetes Mata, Bisa Buta Permanen]