Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

0
7320
Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif
Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

Bidhuan.id – Mencari varian Obat sesak nafas (Asma) dan batuk yang cocok memang tidaklah mudah. Keluhan seperti sesak nafas dan batuk pada dewasa dan anak-anak biasanya memang menjadi keluhan yang berdampingan. Sebagian besar penderita asma biasanya juga akan mengalami batuk yang membuat nafas menjadi terasa sesak. Akan tetapi mereka yang terserang penyakit batuk memang belum tentu akan merasa sesak nafas seperti pada penyakit asma.

Lalu, bagaimana cara menemukan “obat sesak nafas dan batuk” yang tepat? Terlebih jika mengingat bahwa jenis penyakit tersebut merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Apakah Anda salah satu yang membutuhkan jawabannya? Mari kita simak bersama seluruh ulasan cara menghilangkan sesak nafas karena batuk
berikut ini.

Penyebab Penyakit Sesak Nafas atau Asma yang Disertai Batuk

Penyebab Penyakit Sesak Nafas atau Asma yang Disertai Batuk
Penyebab Penyakit Sesak Nafas atau Asma yang Disertai Batuk

Penyakit Asma sendiri merupakan sebuah penyakit gangguan pada pernapasan yang disebabkan oleh peradangan dan penyempitan pada bagian saluran pernapasan karena aktivitas berlebihan atau terlalu lelah. Gejalanya adalah anda akan merasa sesak nafas, mengeluarkan suara mengi, hingga batuk-batuk.

Adapun “Penyebab penyakit asma” ini antara lain adalah :

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Faktor cuaca atau udara yang terlalu dingin
  • Menghirup debu atau tungau
  • Menghirup bulu binatang
  • Hingga karena faktor stress berlebih

Penyakit sesak nafas seperti asma yang disertai batuk tentu saja merupakan penyakit yang akan sangat menyiksa. Oleh sebab itulah sebaiknya penyakit ini langsung diatasi secara intensif agar tidak berlangsung lama.

[Baca juga:Obat Anak Batuk Pilek, Jangan biarkan Anak Menderita Berlama-lama! ]

Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk

obat batuk sesak napas pada anak dan dewasa
obat batuk sesak napas pada anak dan dewasa

List daftar Obat batuk asma ini hanya sebagai informasi saja. Bukan ajakan untuk menggunakan atau memakai obat. Sangat disarankan bagi anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini. Sehingga bisa mendapatkan dosis yang tepat dengan hasil kesembuhan yang optimal.

Inhaler

Obat asma dan batuk yang satu ini biasanya dikenal paling efektif dan cepat dalam mengatasi asma atau sesak nafas yang disertai batuk-batuk. Inhaler ini merupakan obat hirup yang akan menyalurkan obat secara langsung melalui mulut untuk langsung menuju paru-paru. Dalam inhaler tersebut diketahui terdapat short acting beta2 argonist yang merupakan kandungan salbutamol dan terbutaline yang meredakan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan.

Kortikosteroid

Kortikosteroid atau steroid ini merupakan salah satu jenis obat untuk mengatasi peradangan. Bentuknya sendiri tersedia dalam berbagai variaan seperti tablet, semprot, suntikan, bahkan hingga berbentuk gel/lotion/krim. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asma dan batuk karena dikertahui dapat menyembuhkan peradangan hingga menekan sistem kekebalan tubuh.

Natrium Kromolin

Jenis obat yang satu ini juga diketahui sebagai salah satu obat lini pertama untuk penyakit asma dan batuk. Obat ini merupakan obat antialergi yang memiliki sistematis menghambat degranulasi sel mast ketika melepaskan zat histamin yang menjadi mediator pada jenis penyakit alergi. Dengan kandungan antialergi, obat ini memang efektif untuk mengatasi penyakit asma dan batuk yang juga disebabkan oleh alergi pada saluran pernapasan.

Omalizumab

Omalizumab juga diketahui merupakan salah satu jenis obat yang dapat menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan. Hal tersebut karena sifat obat ini yang dapat mengikat salah satu jenis protein yang memiliki keterlibatan pada respons daya tahan tubuh hingga mengurangi kadarnya di dalam aliran darah. Maka dari itulah obat ini dapa mengatasi penyakit sepeti asma atau sesak nafas yang juga disertai dengan batuk-batuk.

Tablet Leukotriene Receptor Antagonist (Montelukast)

Satu lagi jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk meredakan penyakit sesak napas atau asma serta batuk-batuk adalah tablet leukotiene receptor antagonist ini. Cara kerja obat ini adalah menghambat reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan atau memicu peradangan di bagian saluran pernapasan. Namun penggunaanya sendiri memiliki efek samping seperrti sakit kepala dan gangguan pada perut, sehingga sebaiknya gunakan dalam dosis yang tepat.

Beberapa macam Obat batuk asma di atas tadi merupakan obat-obatan yang dapat dikatakan ampuh dan efektif dalam mengatasi asma dan batuk. Semoga Bermanfaat.



[Baca juga:Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian]