Obat Dumolid: Kegunaan, Efek Samping, Bahaya dan Harganya

0
2539
Obat Dumolid Kegunaan, Efek Samping, Bahaya dan Harganya
Obat Dumolid Kegunaan, Efek Samping, Bahaya dan Harganya

Bidhuan.id – Obat Dumolid, obat apa ini? kegunaan obat dumolid ini apa? Apa Efek samping obat dumolid? Mari kenali lebih jauh. Dumolid sesungguhnya merupakan merk dagang bagi nitrazolam. Untuk Anda ketahui jika nitrazolam ini adalah obat yang masuk ke dalam golongan benzodiazepine, di mana dimanfaatkan dalam mengatasi gangguan tidur, ansietas berat, serta gangguan panik. Jika seseorang hendak membeli obat yang masuk ke dalam golongan benzodiazepine membutuhkan resep dokter, tidak dijual bebas, karena jenis obat ini dapat menyebabkan tingkat kecanduan tinggi, jadi harus digunakan dengan ekstra hati-hati. Mari baca selengkapnya.

Obat penenang

Termasuk obat penenang, banyak orang yang sering menyalahgunakannya. Di mana rata-rata penyalahgunaan yang terjadi adalah:

  • Konsumsi obat dengan alasan non medis
  • Konsumsi obat tak menggunakan resep dokter
  • Konsumsi obat terlalu sering, bahkan dosis lebih tinggi, dari yang diresepkan, ini berefek negatif pada tubuh orang tersebut

Efek samping

efek samping obat dumolid
efek samping obat dumolid

Beberapa efek samping obat Dumolid di antaranya adalah:

  • Depresi
  • Gangguan emosi
  • Mengantuk berlebihan
  • Gangguan koordinasi dan berbicara
  • Bingung atau disorientasi
  • Gangguan konsentrasi dan memori
  • Penurunan pada tekanan darah
  • Penurunan pada frekuensi nafas

Hati-hati kecanduan

Jika memang sudah terlanjur kecanduan obat ini, maka cara untuk menghentikannya, satu-satunya adalah konsultasi ke dokter. Jika Anda memaksa menghentikan penggunaan obat golongan benzodiazepine dengan tanpa pengawasan dokter, benar-benar berbahaya, lebih baik Anda tidak bermain-main dengan kesehatan Anda sendiri. Umumnya dapat muncul gejala withdrawal symptom atau gejala putus zat.

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan biasanya yakni dengan menurunkan dosis yang digunakan, namun tidak sekaligus, melainkan dengan bertahap. Setelahnya akan dibutuhkan proses rehabilitasi jangka panjang. Rehabilitasi tersebut menggunakan pendekatan TC, atau Therapeutic Community. Dengan begitu, lingkungan akan bisa mendukung usaha dalam menghentikan kecanduan yang dialami oleh pasien.

[Baca juga:Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak]

Bahaya laten obat anti depresi

Bahaya laten obat anti depresi
Bahaya laten obat anti depresi

Seperti disebutkan sebelumnya kegunaan obat dumolid adalah untuk menghilangkan depresi. Obat ini sama dengan obat Nitrazepam, dan Megadon. Untuk Nitrazepam biasanya dipakai sebagai hipnotik untuk terapi jangka pendek gangguan insomnia, depresi, cemas, serta iritabilitas. Nitrazepam pun mempunyai efek ketergantungan pada penggunanya, di mana dosisnya semakin meningkat, dan menimbulkan gangguan kepribadian juga. Saat berhenti menggunakan obat tersebut maka bisa menyebabkan gejala gelisah, diare, dan depresi.

Untuk efek jangka pendek dari obat yakni kemampuan penilaian menurun, reaksi acuh tak acuh, daya konsentrasi menghilang, serta reaksi koordinasi pengendalian terganggu. Sedangkan untuk efek jangka panjangnya yakni penderita menjadi mudah tersinggung, dan memiliki perilaku membingungkan. Umumnya obat yang satu ini dijual dengan istilah Megadon dan Dumolid.

Memang menggunakan obat penenang itu dapat menjadikan pengguna obat tersebut merasa nyaman, namun di balik itu semua, gejala-gejala dan efek samping negatif yang menyusul akan membuat penderita justru menjadi kecanduan. Bahkan untuk memulihkan membutuhkan terapi jangka panjang.

Orang-orang yang menggunakan Dumolid terkadang ada yang merasakan reaksi berbeda. Di mana mungkin tubuh beberapa orang dapat mentolerir obat tersebut dengan sempurna, tetapi ada juga yang merasakan efek negatif pada tubuhnya. Variasi dari efek tersebut terjadi karena perbedaan respon yang diakibatkan variabel berbeda. Itu termasuk metabolisme dan variasi genetik seseorang, interaksi makanan, serta penggunaan obat yang lain.

[Baca juga:Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian]

Harga obat dumolid di apotik

Untuk harga Dumolid ini berkisar antara Rp 180.000 – 225.000/strip

Namun, perlu diingat, obat ini bukanlah obat bebas. Sehingga diperlukan resep dokter terlebih dahulu untuk menebusnya di apotik.

Sekian artikel tentang obat Dumolid, obat apakah ini dan apa kegunaannya? Semoga bermanfaat.

[Baca juga:Nama Obat Penenang, Cek Daftarnya di Sini]