Obat Simvastatin: Interaksi, Kontraindikasi dan Efek Sampingnya

0
5149
Obat Simvastatin Interaksi, Kontraindikasi dan Efek Sampingnya
Obat Simvastatin Interaksi, Kontraindikasi dan Efek Sampingnya

Bidhuan.id – Mengenai interaksi obat simvastatin apa saja? Mari kenali lebih jauh. Simvastatin ini merupakan obat penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Obat ini sendiri dikategorikan ke dalam golongan statin, dan termasuk obat hipolipidemia, derivat sintetis produk fermentasi dari Aspergillus Terreus. Untuk Anda ketahui bahwa obat golongan statin itu sifatnya lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis obat hipolidemia yang lain, terkait fungsinya dalam menurunkan LDL, namun memang kurang efektif jika dibandingkan dengan golongan fibrat untuk menurunkan Trigliserida. Mari baca selengkapnya.

Diet sehat

Simvastatin sendiri dikenal sebagai obat penurun kolesterol. Obat ini digunakan bersamaan diet sehat. Selain itu, obat simvastatin ternyata memiliki kemampuan meningkatkan jumlah kolesterol baik, jadi tak terbatas pada menurunkan kolesterol jahat saja. Selain mampu mengubah pola makan melalui diet sehat, contohnya diet rendah lemak atau rendah kolesterol, perubahan lifestyle pun akan ikut membantu dalam memaksimalkan kinerja obat yang satu ini. Contohnya rajin olahraga, berhenti merokok, dan menurunkan berat badan sampai berat ideal. Untuk lebih detailnya, Anda bisa konsultasikan dengan dokter.

[Baca juga:Food Combining Indonesia, Metode Diet Terbaru]

Cara menggunakan: Dosis Simvastatin per hari

Dosis Simvastatin per hari
Dosis Simvastatin per hari

Sebelum berlanjut ke interaksi obat simvastatin, mari terlebih dahulu ketahui mengenai cara menggunakannya serta berapa Dosis Simvastatin per hari?

Umumnya dosis simvastatin adalah 1x sehari diminum sewaktu malam hari. Cara mengkonsumsinya melalui mulut, baik dengan maupun tanpa makanan, dan pastikan Anda menggunakan simvastatin sesuai dengan resep dokter. Anda beritahu pada apoteker dan dokter mengenai produk obat apa saja yang sedang digunakan, sebelum menggunakan simvastation. Baik itu obat resep hingga obat tanpa resep, karena takutnya ada interaksi obat. Sebagai contoh jika pasien menggunakan pengobatan niacin, maka dosis simvastatin pun harus diturunkan.

[Baca juga:Hindari 4 Minuman ini Setelah Konsumsi Obat]

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang mengkonsumsi obat ini dengan rutin dibutuhkan, tentunya sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter. Anda jangan sampai lupa meminumnya pada waktu yang sama per harinya. Walaupun sudah merasa lebih baikan, sebab rata-rata orang yang bermasalah dengan Trigliserida atau kolesterol tinggi itu tak merasakan sakit.

Mengenai efek samping simvastatin jangka panjang ialah dapat menyebabkan terjadinya hilang ingatan (memory loss) atau susah untuk mengingat sesuatu yang baru. Berbeda dengan Obat atorvastatin dan pravastatin yang dinyatakan lebih aman karena pengkonsumsi obat ini belum pernah ada yang dinyatakan mengalami efek samping tersebut. Selain itu juga efek samping simvastatin dapat menimbulkan gangguan pada otot dan saluran pencernaan sebagaimana dikutip dari Klikdokter.com

Interaksi Obat Simvastatin

Interaksi Obat Simvastatin
Interaksi Obat Simvastatin

Walaupun memang beberapa macam obat itu tak boleh digunakan bersamaan, untuk kasus lainnya ada beberapa obat yang dapat digunakan pada satu waktu walaupun kemungkinan terjadi interaksi. Untuk kasus ini, maka dokter akan memberikan dosis yang berbeda, dan juga melakukan hal pencegahan lainnya jika memang diperlukan. Menggunakan obat lain ini tak direkomendasikan.

Dokter juga mungkin tak akan memberikan resep beberapa nama obat di bawah ini ke Anda, bisa juga dokter mengganti beberapa jenis obat yang tengah Anda gunakan, berikut list obat yang bisa menyebabkan terjadinya interaksi:

  1. Voriconazole
  2. Tipranavir
  3. Telithromycin
  4. Telaprevir
  5. Saquinavir
  6. Ritonavir
  7. Posaconazole
  8. Nelfinavir
  9. Nefazodone
  10. Mifepristone
  11. Mibefradil
  12. Lopinavir
  13. Ketoconazole
  14. Itraconazole
  15. Indinavir
  16. Idelalisib
  17. Gemfibrozil
  18. Fosamprenavir
  19. Erythromycin
  20. Darunavir
  21. Danazol
  22. Cyclosporine
  23. Cobicistat
  24. Clarithromycin
  25. Boceprevir
  26. Atazanavir
  27. Amprenavir

Ada cukup banyak list obat yang bisa menyebabkan interaksi. Anda tak perlu menghafalnya, namun biarkan ditangani oleh dokter. Jadikan ini hanya sebagai sumber informasi saja.

Beberapa jenis obat tak boleh dikonsumsi ketika makan, atau makan jenis makanan tertentu sebab ada interaksi obat yang kemungkinan terjadi. Begitu pula dengan mengkonsumsi alkohol maupun tembakau, bersamaan dengan penggunaan obat-obatan, bisa meningkatkan resiko terjadinya interaksi, jangan sampai Anda lakukan.

Sekian artikel tentang interaksi simvastatin, kontraindikasi, dan efek sampingnya, semoga bermanfaat.



[Baca juga:Obat Amitriptyline: Khasiat, Efek Samping dan List Obat yang Berinteraksi Fatal]