Kampanye Kanker Prostat dengan Video Unik

0
1202

Sebuah lembaga peduli kanker di Amerika yang bernama American Cancer Society, mengkampanyekan kanker prostat dengan video yang unik dan lucu. Video ini telah mencapai 8,236,249 juta penonton. Video yang berjudul kamera tersembunyi mengajarkan para pria bahwa kesehatan itu penting. Sungguh media kampanye yang brilian.

Apa itu kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker paling umum di antara pria (setelah kanker kulit), tetapi pada umumnya sering dapat diobati dengan sukses apabila terdeteksi lebih dini. Lebih dari 2 juta pria di Amerika Serikat sebagai penderita kanker prostat.

kanker prostat
wikipedia

Kanker ini berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Bagaimana Prevalensi di Indonesia

Berdasarkan data dari Indonesian Society of Urologic Oncology (ISUO) dan Sanofi Indonesia, kanker prostat merupakan penyakit ganas berupa kelenjar yang terdapat dalam sistem reproduksi pria dan berada di bawah kandung kemih atau di depan anus. Pengidap kanker prostat di Indonesia jumlahnya sekitar 11 per 100.000 penduduk. (ifestyle.bisnis.com)

Opini :



Kanker prostat bisa disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini. Karena prevalensi di Amerika begitu tinggi, untuk itulah diperlukan kampanye untuk menyadarkan para pria agar lebih memperhatikan penyakit kanker prostat ini. Begitu pula di Indonesia, apabila memiliki gejala awal seperti dibawah ini
1. Sering BAK terutama pada malam hari
2. Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran kemih
3. Nyeri buang air kecil
4. lemah atau terganggu aliran urin (retensi urin)
5. perasaan tidak lampias ketika berkemih. Biasanya keluhan ini juga ditemui pada pembesaran prostat jinak atau infeksi prostat (dharmais.co.id).
Segeralah periksakan diri anda ke dokter.