Setelah diketahui HOAX Beredar Meme Beras Plastik Yang Bikin Ngakak

4978
meme beras plastik

Ada-ada saja ulah Netizen yang mengomentari isu berlebihan mengenai fenomena beras plastik. Situs-situs media online ternama memposting video berjudul “Awas!!! Hati-hati Beredar Cara Pembuatan Beras Plastik asal China [VIDEO]” padahal menurut rekan blogger Harry Nazarudin dilihat sudut pandang ilmiah itu adalah hoax. 

Setelah diketahui HOAX Beredar Meme Beras Plastik Yang Bikin Ngakak. Netizen merasa heran dengan tersebarnya berita mengenai beras plastik ini. Tersebar di media sosial meme beras plastik yang memperlihatkan gambar buah-buahan, ikan, telur yang terbuat dari plastik sebagai bahan candaannya.

meme beras plastik
Benar-benar kacau negeri ini. Mulanya saya tidak percaya dengan pemberitaan tentang beras plastik. Tapi siang ini saya menemukan buah-buahan dari plastik, ikan dari plastik dan telur dari plastik.
meme beras plastik
Buah plastik aja dah lama, masa beras plastik aja kaget
Akibat makan beras plastik
Akibat makan beras plastik
meme beras plastik
Toko plastik barokah tutup selamanya, Ketika semua plastik sudah menjadi beras
meme beras plastik
Setelah beras plastik kini warga menemukan ayam berbahan dasar plastik!!
meme beras plastik
Setelah beras plastik ada, kini sayuran plastik juga ada
meme beras plastik
Setelah beras plastk, muncul buah plastik
meme beras plastik
Beli beras plastik sekarung buat makan 5 hari, biar greget
meme beras plastik
Udah 5 hari gak makan, beli beras ternyata plastik, masuk rumah sakit koma 2 tahun

Ada poin penting mengapa video bisa dikatakan Hoax selain secara ilmiah. Pendapat Netizen ini pula patut menjadi dasar

Video Pembuatan beras plastik asal China ini tidak memiliki informasi bahwa yang diproduksi adalah beras. Video ini menunjukkan proses membuatan biji plastik yang disebut extrusion, mesinnya namanya extruder. Plastik dicairkan, lalu masuk ke semacam pipa yang dipanaskan dan memiliki pengaduk ulir seperti mata bor. Dari situ, plastik akan keluar seperti odol dan masuk ke saringan seperti membuat cendol, yang membentuk panjang seperti mie. Lalu dicelupkan ke air, karena benang plastik ini masih panas dan lembek. Sesudah mengeras, benang plastik ini dipotong kecil-kecil di chopper membentuk pelet atau biji supaya bisa dimasukkan ke karung dan bisa dikirim dengan mudah. Tidak ada yang menunjukkan orang ini sedang bikin beras plastik. Embel-embel asal China juga ngawur. Orangnya ngomong mandarin, tapi bisa saja dia di Taiwan, Kanada, atau Tangerang!



Beras plastik ini menjadi isu nasional bertepatan dengan peristiwa 20-21 Mei 2015. Mungkinkah ini sebagai pengalihan isu?

SHARE