Parotitis: Gejala, Peyebab, Dan Pengobatan Penyakit Parotitis

123
Parotitis: Gejala, Peyebab, Dan Pengobatan Penyakit Parotitis
Parotitis: Gejala, Peyebab, Dan Pengobatan Penyakit Parotitis

Bidhuan.id Apa sih Parotitis itu? Pasti banyak yang baru mendengar kata Parotitis bukan? Ketika anda mendengar tentang Parotitis yang ada di pikiran anda adalah sebuah kondisi yang ada kaitannya dengan kelenjar parotis. Sekedar informasi bahwa parotitis merupakan sebuah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bagian kelenja parotis atau yang lebih kita kenal dengan istilah gondokan.

Seseorang yang sudah terindikasi menderita Parotitis akan bisa dikenali dengan adanya benjolan atau pembengkakan yang terdapat pada salah satu maupun juga dua pipi yang berada di belakang telinga. Selain itu, terdapat dua kelenjar parotitis yakni berada di bagian kiri dan juga kanan bagian belakang dekat dengan telinga.

Seseorang yang terindikasi menderita Parotitis harus segera dilakukan penanganan secepatnya karena jika terlalu lama maka akan membuat pembengkakan atau benjolan semakin besar sehingga pada akhirnya akan lebih sulit untuk disembuhkan.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana tindakan yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah Parotitis atau gondokan tersebut.

Baca: Lameson: Obat Keras untuk Mengobati Peradangan, Rematik, Eksim, Asma hingga Lupus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Parotitis

Kelenjar parotis adalah sebuah kelenjar yang merupakan tempat untuk menghasilkan air lir dan nantinya air liur yang dikeluarkan tersebut akan bermuara pada bagian gigi geraham atas.

Air liur memiliki kegunaan untuk membantu membersihkan mulut dari bakteri maupun sisa-sisa makanan yang bisa mengakibatkan gigi berlubang sehingga bisa mengakibatkan anda mengalami sakit gigi. Jika seseorang mengalami peradangan pada kelenjar parotis, maka hal ini bisa menimbulkan infeksi yang akan bersarang pada mulut anda.

Untuk lebih jelasnya, maka kami sarankan agar supaya anda menyimak penjelasan kami di bawah ini:

1. Gejala Parotitis

Gejala Parotitis
Gejala Parotitis

Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya gejala seseorang yang menderita Parotitis bisa berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya, dan bahkan pada beberapa orang yang menderita Parotitis, mereka sama sekali tidak mengalami tanda atau gejala yang mengindikasikan bahwa ia sudah terkena peradangan atau inflamasi.

Namun biasanya ketika pembengkakan sudah semakin jelas, maka anda akan melihat pada bagian pipi belakang terlihat lebih besar dan membengkak. Kondisi ini lama-lama akan semakin membesar jika tidak segera dilakukan penanganan.

Adapun beberapa gejala yang bersifat umum dari seseorang yang menderita Parotitis antara lain seperti di bawah ini:

  • Mulut kering
  • Suka membuka mulut
  • Mengeluarkan air liur di bagian sudut mulut namun tanpa disadari
  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Jika diperhatikan lebih dalam maka akan tampak terjadinya pembengkakan yang ada pada kelenjar parotis.
  • Mengalami nyeri di area wajah, terutama ketika anda sedang makan

Dalam beberapa kasus juga sudah ditemukan jika seseorang yang terindikasi menderita infeksi Parotitis mengalami kesulitan untuk bernapas atau demam yang tinggi, maka ia harus segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya agar supaya ia dapat terhindari dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

2. Penyebab Parotitis

Penyebab Parotitis
Penyebab Parotitis

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang menderita Parotitis. Dan juga penyebab dari Parotitis terkadang akan berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Untuk lebih jelasnya, maka simak baik-baik penjelasan yang akan kami paparkan di bawah ini.

  • Parotitis karena Infeksi

Penyebab seseorang menderita Parotitis yang pertama adalah karena infeksi virus maupun juga bisa disebabkan oleh serangan bakteri. Hal ini kemudian akan menjadi pemicu terjadinya peradangan atau inflamasi yang harus segera dilakukan penanganan agar tidak sampai membuat kondisi pasien atau penderita semakin parah.

  • Parotitis karena sumbatan pada saluran keluar air liur

Penyebab Parotitis juga bisa karena adanya penyumbatan yang terjadi pada saluran keluar air liur. Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh penumpukan lendir atau dahak sehingga akan membuatnya semakin lama semakin mengental dan pada akhirnya akan sulit dikeluarkan.

  • Parotisis karena penggunaan Parotitis

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu bahwa penggunaan obat juga bisa menyebabkan seseorang menderita Parotitis. Adapun beberapa jenis obat-obatan yang bisa menjadi pemicu seseorang menderita Parotitis antara lain antihistamin, antikolinergik, dan juga obat antipsikotik.

Anda harus tahu bahwa jika anda menggunakan obat-obatan seperti di atas, terutama dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan produksi air liru anda akan semakin lama semakin berkurang dan kemudian akan menyebabkan mulut anda kering yang pada akhirnya timbullah penyakit Parotitis.

Sebenarnya masih terdapat beberapa penyebab lain yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter mengenai apa saja penyebab lainnya dari Parotitis sehingga anda bisa lebih waspada.

Baca: Penyakit Gondongan: Gejala, Ciri, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegah

3. Penanganan Pengobatan Parotitis

Setelah kita bersama-sama membahas mengenai apa saja hal-hal yang menjadi sebab seseorang menderita Parotitis dan juga gejala atau tanda-tandanya, maka tentu saja anda juga harus mengetahui mengenai bagaimana cara pengobatan atau penanganan dari penyakit yang satu ini.

Beberapa hal yang harus anda lakukan antara lain sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup
  • Gunakan obat-obatan seperti paracetamol yang berguna sebagai obat penurun demam dan juga digunakan sebagai obat penghilang nyeri
  • Banyak minum air putih
  • Membiasakan diri berkumur dengan air garam
  • Jangan merokok, minum alkohol, maupun mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  • Disarankan untuk melakukan vaksinasi MMR yang merupakan singkatan dari Measles, Mumps, Rubella.

Itulah beberapa penjelasan dari kami mengenai Parotitis. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan kewaspadaan anda

ARTIKEL TERKAIT