Penyakit Prostat : Kenali dan Pahami Cara Melakukan Pencegahannya!

38
Penyakit Prostat - Kenali dan Pahami Cara Melakukan Pencegahannya
Penyakit Prostat - Kenali dan Pahami Cara Melakukan Pencegahannya

Bidhuan.id – Penyakit prostat adalah penyakit yang paling sering dialami oleh laki-laki. Sementara pengertian prostat adalah kelenjar pria yang berada pada bawah bagian kantung kemih dan mengelilingi uretra. Lalu apakah penyakit ini berbahaya? Berbagai sumber menyatakan bahwa penyakit ini akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Dan dapat berubah menjadi sel kanker jika tidak mendapatkan penanganan tepat.

Dalam pembahasan kali ini akan dibahas secara lengkap tentang prostat, fungsinya, serta pencegahan prostat. Untuk mengetahui dengan lengkap tentang hal-hal tersebut, simaklah informasinya di bawah ini.

Letak Prostat Pada Pria

Infromasi Letak Prostat Pada Pria
Infromasi Letak Prostat Pada Pria

Sebelum terlalu jauh membahas tentang prostat dan cara pencegahannya, anda harus mengetahui secara detail di manakah letak prostat tersebut. Jika di atas telah dijelaskan sedikit tentang letaknya, bagian ini akan menjelaskannya secara detail. Letaknya, tepat berada di atas penis dan berada dekat kantung kemih. Oleh karenanya, penyakit prostat ini akan sangat menganggu penderitanya saat melakukan buang air kecil.

Fungsi Prostat Bagi Manusia

Setelah memahami tentang letaknya, berikutnya akan dijelaskan tentang fungsi prostat bagi manusia, khususnya laki-laki. Untuk mengetahuinya, simaklah informasi di bawah ini:

  • Membantu Mengeluarkan Air Mani
    • Pentingnya prostat bagi pria dapat dikatakan sama dengan pentingnya organ lainnya dalam tubuh. Karena kelenjar prostat berguna untuk mengeluarkan cairan prostat yang merupakan komponen dari air mani. Tidak hanya itu, otot yang ada pada kalenjar prostat juga membantu untuk mengeluarkan air mani.
  • Mengandung Banyak Komponen yang Baik Untuk Air Mani
    • Cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar prostat adalah 1/3 volume dari air mani. Dan cairan ini mengandung banyak enzim, seng, dan asam nitrat yang tentunya baik untuk sel-sel sperma yang dikeluarkan.
  • Katup yang Mencegah Keluarnya Urin
    • Kelenjar prostat rupanya memiliki fungsi yang sangat penting untuk pria, yaitu menjadi katup keluarnya urin. Artinya, prostat pada pria akan menutup jika tidak ada rangsangan untuk buang air kecil. Dan ktup akan terbuka jika memang dirasakan adanya rangsangan untuk buang air kecil.
  • Membantu Proses Ereksi
    • Tidak hanya berfungsi sebagai katup, prostat memiliki fungsi lain yaitu membantu pada saat berhubungan dengan istri. Namun yang akan banyak berperan dalam hal ini adalah saraf kelenjar prostat. Di mana saraf kelenjar prostat ini akan memicu penis untuk membengkak dan mengeras. Hal ini terjadi karena adanya darah yang terpompa masuk ke dalamnya.
  • Memfilter Racun
    • Satu hal lain dari fungsi kelenjar prostat adalah memfilter racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Racun ini dapat membuat kualitas dan kuantitas dari sperma memburuk. Namun dengan adanya kelenjar prostat tersebut kualitas dan kuantitas sperma akan tetap dapat terjaga dengan baik.

Baca: Penyakit Thalasemia: Pengertian, Jenis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

5 Penyebab Adanya Gangguan Prostat Pada Pria

Penyebab Adanya Gangguan Prostat Pada Pria
Penyebab Adanya Gangguan Prostat Pada Pria

Banyak penyebab yang mengakibatkan munculnya gangguan pada prostat. Berikut informasi lengkapnya di bawah ini:

  • Nyeri Pada Bagian Bawah Perut
    • Ciri utama yang sering sekali muncul pada penderita gangguan prostat adalah nyeri pada bagian perut. Rasa sakit akan muncul dengan secara lebih ketika menahan buang air kecil. Rasa sakit ini tidak jarang menimbulkan keringat dingin berlebihan. Oleh karenanya, bagi penderita diharapkan tidak lagi menahan rasa ingin buang air kecil.
  • Sering Buang Air Kecil
    • Jika anda mengalami buang air kecil yang cukup sering pada malam hari, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Karena mungkin saja terdapat masalah pada kelenjar prostat anda. Ciri-ciri anda harus memeriksakan diri ke dokter, misalnya buang air kecil lebih dari 10-20 kali dalam sehari semalam.
  • Saat Berkemih dan Ejakulasi Mengeluarkan Darah
    • Ciri yang satu ini, dapat terjadi jika gangguan penyakit prostat pada pria sudah cukup parah. Penderita akan mengeluarkan darah pada saat berkemih dan saat ejakulasi. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera menghubungi dokter. Sehingga mendapatkan penangan yang terbaik dan tepat.
  • Nyeri Pada Saat Ejakulasi dan Berkemih
    • Karena letak prostat yang sangat dekat saluran kencing, maka sedikit saja mengalami gangguan akan terasa nyeri yang menghampiri. Rasa sakit seperti ini dapat membuat penderitanya ketakutan untuk berkemih atau melakukan hubungan dengan istri. Jika memang ciri ini telah dirasakan, ada baiknya segera mencari dokter terdekat.
  • Mengalami Gangguan Ereksi
    • Salah satu fungsi dari kelenjar prostat adalah membantu terjadinya ereksi. Namun jika, kelenjar prostat mengalami gangguan, maka akan terjadi pula gangguan pada saat ereksi. Hal ini dikarenakan prostat mengalami pembengkakan atau membesar. Gangguan ini terkadang akan menganggu proses untuk berhubungan dengan istri.

Baca: Netizen Ramai Bicarakan Foto Seorang Pria Menikahi 2 Istri Sekaligus

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Pencegahan Gangguan Penyakit Prostat?

cara Pencegahan Gangguan Penyakit Prostat.jpg
cara Pencegahan Gangguan Penyakit Prostat.jpg

Mencegah lebih baik dari mengobati, karenanya penting untuk mengetahui beberapa macam pencegahan gangguan prostat seperti yang ada di bawah ini:

  • Jangan Menahan Keinginan Berkemih
    • Hal yang pertama dan terutama yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan gangguan prostat adalah jangan menahan keonginan untuk berkemih. Karena keinginan berkemih yang ditahan terlalu lama akan membuat kelenjar prostat membesar. Dan usahakan pada saat berkemih, anda dalam posisi duduk, sehingga otot-otot panggul dalam keadaan rileks.
  • Mengonsumsi Makanan yang Kaya Likopen
    • Makanan yang kaya akan likopen akan memperkuat prostat dan akan menjauhkan kemungkinan anda terkena penyakit prostat. Beberapa contoh makanan yang kaya likopen adalah tomat dan semangka. Untuk yang ingin mengonsumsinya secara rutin pun tidak perlu khawatir, karena dua makanan ini tidak akan mengalami efek samping apapun.
  • Hindari Imobilitas Berlebihan
    • Walau bekerja didepan laptop secara terus menerus, usahakan untuk beristirahat setiap satu atau dua jam sekali. Hal ini penting untuk dilakukan, karena imobilitas seperti duduk berjam-jam dapat menyebabkan munculnya gangguan pada prostat.
  • Hindari Makanan Berlemak
    • Makanan berlemak memanglah makanan yang sedap dan nikmat untuk dimakan. Namun makanan ini pula yang menjadi sumber masalah kesehatan tubuh. Makanan berlemak adalah salah satu makanan penyebab penyakit prostat. Karena makanan berlemak akan meningkatkan pembesaran prostat. Oleh karenanya, walaupun makanan ini enak dan nikmat untuk disantap. Usahakan untuk menghentikan secara perlahan memakan makanan berlemak ini.
  • Hindari Minuman yang Memicu Berkemih
    • Selain makanan, terdapat minuman yang harus dihindari agar gangguan prostat tidak terjadi pada anda. Minuman tersebut adalah kopi dan alkohol. Minuman-minuman ini akan meningkatkan keinginan untuk berkemih. Oleh karenanya, sebaiknya hindari dan hentikan minum minuman seperti yang telah disebutkan di atas.
  • Kontrol Keinginan Minum Anda
    • Salah satu bentuk pencegahan pada gangguan prostat adalah dengan menghindari retensi urine. Oleh karenanya, anda juga harus mengurangi dan mengontrol keinginan minum anda. Sebaiknya anda minum pada siang hari dengan air yang cukup. Sedangkan untuk malam hari, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi air.

Beberapa penjelasan tentang prostat hingga cara mencegah terjadinya penyakit prostat telah dijabarkan di atas. Ada baiknya untuk terus menjaga kesehatan daripada harus mengobati bukan? Oleh karenanya, usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat. Sehingga tubuh akan terlindungi dari segala macam penyakit yang mungkin terjadi.

Baca: Kampanye Kanker Prostat dengan Video Unik

ARTIKEL TERKAIT