Polip Hidung: Penyebab, Gejala dan Pilihan Obat Tradisional Selain Operasi

1122
Polip Hidung - Penyebab Gejala dan Pilihan Obat Tradisional Selain Operasi
Polip Hidung - Penyebab Gejala dan Pilihan Obat Tradisional Selain Operasi

Bidhuan.id – Polip hidung merupakan salah satu penyakit yang mengganggu sistem pernafasan pada hidung. Gambaran polip hidung yaitu seperti adanya sumbatan pada rongga hidung, yang mengganggu sistem pernafasan. Sumbatan ini adalah daging yang tumbuh tetapi mempunyai sifat lunak dan jinak. Lalu, apakah polip hidung berbahaya atau tidak ?

Menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya polip ini tidak terlalu berbahaya karena daging yang tumbuh tersebut bukanlah kanker. Namun jika dibiarkan terlalu lama, maka pasien akan menderita sesak nafas, flu yang berkepanjangan, perubahan pada suara (menjadi bindeng), serta gangguan pada indra perasa dan penciuman. Untuk itu, mengobati polip hidung secara alami sangat penting dalam kasus ini.

Apa Penyebab Polip Hidung Muncul ?

Penyakit polip tumbuh disebabkan karena infeksi pada sinusitis atau bisa terjadi karena itu merupakan suatu pertanda alergi dari tubuh terhadap udara kotor yang terhirup. Penyakit asma dan sesak nafas yang diderita pasien juga bisa memicu timbulnya polip. Sensitive terhadap bulu binatang, serta alergi pada obat anti nyeri sejenis aspirin, ibu profen dan bisa juga disebabkan karena faktor keturunan.

Namun sampai saat ini belum bisa dipastikan dengan jelas apa penyebab timbulnya polip tersebut.

Apa Saja Gejala Yang Dirasakan Ketika Polip Mulai Tumbuh ?

Ada beberapa ciri-ciri polip hidung yang bisa anda amati. Ketika anda mendapati gejala dibawah ini, maka segeralah langsung periksakan ke dokter atau anda bisa mengatasi gejala polip tersebut sebelum polip menjadi semakin parah.

  • Pada awalnya pasien akan mengalami sakit kepala dan disertai dengan rasa nyeri pada bagian wajah,
  • Kemudian pasien akan merasa mengalami gejala flu seperti bersin-bersin, hidung tersumbat karena lendir,
  • Bertambah parah, pasien juga akan mengalami gangguan pada pernafasan seperti merasa kesulitan untuk bernafas serta menurunnya indra penciuman. Bahkan jika keadaan sudah kronis maka pasien bisa mengalami infeksi pada saluran pernafasan,
  • Pasien akan mulai tidur dalam keadaan mendengkur, serta akan kehilangan napsu makannya dari hari ke hari.

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosa Penyakit Polip Hidung Tersebut ?

Jika sudah ditemukan gejala bahaya penyakit polip pada anda atau orang-orang sekitar anda, maka seger periksalah ke dokter dan kemudian dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan apakah benar sudah tumbuh polip pada hidung anda.

Bisa dilakukan dengan memeriksa secara langsung rongga hidung anda, bisa dilakukan dengan prosedur endoskopi atau yang terakhir, dokter spesialis THT akan memeriksa dengan prosedur CT-scan.

Baca: Paru Paru Basah (Pneumonia) – Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Mengatasi Penyakit Polip Hidung

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit polip hidung tersebut. Biasanya jika menggunakan jalur medis, dokter akan mengambil langkah operasi kecil untuk membuang daging yang tumbuh di sekitar rongga hidung tersebut.

Namun anda bisa memutuskan untuk menggunakan tanaman sebagai obat tradisional polip hidung. Ternyata ada beberapa tanaman yang bisa anda gunakan untuk mengobati polip tersebut, diantaranya adalah :

  • Tanaman Lobak

Yang pertama ada tanaman lobak. Tanaman ini mempunyai sifat anti bakteri, sehingga bisa membantu menghilangkan infeksi atau alergi yang memicu pertumbuhan polip dalam rongga hidung. Mengonsumsi lobak secara teratur dan rutin, setidaknya bisa mencegah polip kambuh dan bisa mengurangi gejala yang dialami pasien.

  • Tanaman Jahe

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa tanaman ini sangat bermanfaat sebagai rempah-rempah penyedap makanan serta bisa dijadikan minuman yang menghangatkan tubuh. Dan ternyata jahe juga bisa mengobati dan mengurangi gejala polip. Hal ini karena sifat jahe yang anti inflamasi, anti bakteri serta anti jamur yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi didalam rongga hidung.

  • Tanaman Buah Jeruk

Buah jeruk juga bisa dan efektif untuk menurunkan gejala polip hidung yang dirasakan pasien. Dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin c dan bermanfaat sekali untuk memperkuat daya tahan tubuh serta menangkal berbagai penyakit dan infeksi yang menyerang tubuh. Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat meningkatkan produksi bioflavonoid yang merupakan zat pengatur jaringan serta pembuluh darah pada rongga hidung.

  • Tanaman Kunyit

Kandungan anti inflamasi yang ada didalam kunyit ini ternyata bisa mengurangi gejala polip pada rongga hidung yang dialami pasien. Anda bisa menjadikan kunyit ini sebagai minuman yang dicampurkan ke dalam teh hangat serta di minum pada pagi hari dan sebelum tidur. Jika anda mengonsumsi minuman ini secara rutin, maka efektif untuk menyembuhkan polip hidung secara perlahan.

  • Tanaman Cabai Rawit

Menurut penelitian mengonsumsi cabai rawit secara rutin maka bisa meningkatkan sirkulasi dan memperkuat kapiler pada rongga hidung. Sehingga untuk anda yang menginginkan untuk sembuh dari gejala polip yang kerap kali mengganggu aktivitas anda, maka segera konsumsi cabai rawit saja (namun dalam porsi yang cukup dan jangan berlebihan). Zat aktif yang biasa disebut capsaisin ini mempunyai tindakan pain-relief serta syptic yang kuat terbukti bisa membersihkan salurang hidung serta menyembuhkan polip secara perlahan dan alami.

Dari uraian di atas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa polip hidung bukan merupakan jenis kanker, serta tidak berbahaya untuk pasien. Namun jika tidak segera diatasi, maka gangguan pada pernafasan anda akan semakin parah.

Baca: Penyakit Sinus (Sinusitis) – Jenis, Gejala, Pengobatan dan Bahaya Sinusitis

ARTIKEL TERKAIT