Penyakit Polip: Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasinya

695
Penyakit Polip - Penyebab Ciri dan Cara Mengatasinya
Penyakit Polip - Penyebab Ciri dan Cara Mengatasinya

Bidhuan.id – Penyakit polip ini merupakan sejenis penyakit tumor yang tumbuh didalam hidung. Anda harus tau bahayanya penyakit polip yang bisa saja menyerang anda. Tumor atau adanya daging tumbuh yang hidup didalam rongga hidung anda, akan menyebabkan gangguan pernafasan. Anda juga harus tanggap terhadap ciri-ciri penyakit polip hidung agar bisa langsung diberi penanganan oleh dokter dan tidak terlambat.

Informasi Lengkap Tentang Penyakit Polip

Penyakit polip ini biasanya tumbuh dan dibarengi dengan jenis penyakit lainnya. Penyakit apa sajakah itu ? Apasaja gejala jika terkena polip ? Serta bagaimana cara mengobati polip pada hidung ? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Penyakit Polip

Penyakit polip ternyata tidak terjadi begitu saja, ada beberapa penyebab yang memicu pertumbuhan tumor pada rongga hidung. Berikut penyebabnya :

  • Penyakit Sinusitis Memicu Tumbuhnya Polip

Penyakit sinusitis, sejenis penyakit yang sama dengan flu yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mungkin tidak berbahaya, namu jika tidak anda sembuhkan maka lama-kelamaan akan terjadi komplikasi dan pada akhirnya akan memicu tumbuhnya polip.

  • Karena Alergi Rinithis

Penyebab penyakit polip pada hidung yang selanjutnya disebabkan oleh alergi rinithis atau alergi debu. Untuk orang yang memiliki riwayat alergi debu sebaiknya berhati-hati, karena alergi ini bisa memicu tumbuhnya tumor atau polip di rongga hidung.

  • Fribosis Kristik Penyebab Penyakit Polip

Selain itu, ternyata penyakit polip disebabkan juga oleh keadaan fribosis kristik. Yaitu keadaan dimana seseorang sedang mengalami peningkatan jumlah produksi lendir didalam hidung. Bahkan jika gejala ini semakin parah, maka bisa membuat kondisi polip di hidung juga semakin parah.

  • Memiliki Riwayat Penyakit Asma

Ini adalah jenis penyakit yang juga menimbulkan polip pada hidung. Asma adalah penyakit yang membuat pasien kesulitan bernafas karena adanya gangguan pada pernafasan. Kondisi yang seperti ini, lama kelamaan akan menimbulkan polip pada rongga hidung.

  • Mengalami Sindrom Churg Strauss

Jika anda mengalami sindrom churg strauss atau yang biasa disebut peradangan pada pembuluh darah, maka kondisi ini juga bisa menimbulkan polip pada hidung.

  • Intolerensi Pada Aspirin

Ada beberapa antibiotic yang diberikan dokter dan mengandung unsure zat aspirin. Untuk anda yang mempunyai riwayat alergi pada jenis aspirin ini atau telah mengonsumsi jenis aspirin ini dalam jangka waktu lama, bisa memicu timbulnya polip pada hidung.

Ciri-ciri Munculnya Polip

Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang terkena penyakit polip.

  • Pasien Akan Merasa Sakit Kepala

Ciri-ciri munculnya polip adalah anda akan merasa sakit kepala. Sakit kepala ini dikarenakan otak kekurangan oksigen, karena polip tersebut akan membuat pernafasan pada hidung tidak maksimal. Akhirnya muncul reaksi sakit pada kepala.

  • Mengalami Hilangnya Napsu Untuk Makan

Tumbuhnya daging atau sejenis kanker pada rongga hidung normal ini biasanya juga akan menimbulkan gejala seperti menurunnya napsu makan. Anda akan kehilangan napsu makan dikarenakan tubuh akan banyak mengalami keluhan atau rasa sakit yang dirasakan.

  • Hidung Tersumbat Adalah Ciri-ciri Polip

Pilek atau hidung tersumbat yang mengakibatkan hidung meler mengeluarkan cairan berupa lendir, mungkin dianggap penyakit flu biasa. Namun anda juga perlu berhati-hati karena bisa jadi itu adalah pertanda bahwa anda sedang mengalami polip. Penyakit polip ini akan membuat rongga hidung bagian pernafasan menyempit.

  • Mengalami Bersin-bersin

Untuk anda yang terserang polip, biasanya akan mengalami bersin-bersin. Keadaan ini dipicu oleh adanya jaringan baru yang tumbuh didalam rongga hidung, dan mengakibatkan hidung terasa sensitive kemudian akan bersin-bersin.

  • Terjadi Penurunan Pada Indra Penciuman

Apabila anda terserang polip, maka akan ada penurunan pada indra penciuman. Hal ini akan membuat pasien sangat menderita karena tidak dapat mencium bau secara sempurna. Ini terjadi karena adanya penyumbatan yang terjadi didalam hidung.

Cara Mengatasi Penyakit Polip

Penyakit polip bisa diatasi dan dicegah dengan beberapa cara dibawah ini :

  • Konsumsi Madu Murni Secara Rutin

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa kandungan yang ada didalam madu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan untuk anda yang menderita polip, juga bisa konsumsi madu murni secara rutin untuk menyembuhkan polip di hidung anda.

  • Menghindari Hirup Udara Kotor

Penyumbatan yang terjadi pada hidung bisa terjadi karena anda terlalu sering menghirup udara yang kotor. Maka mulai sekarang jaga hidung anda dari polusi dan udara yang berdebu dengan menggunakan masker kemanapun anda pergi. Cara ini bisa mencegah timbulnya polip dalam hidung

  • Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Polip

Jeruk nipis ternyata bisa dijadikan sebagai pengobatan polip hidung secara alami. Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan beberapa tanaman herbal lainnya seperti jahe, sirih serta cengkeh. Rebus secara bersamaan, saring dan minum air nya secara rutin dan teratur. Maka bisa meredakan polip dalam hidung anda secara berangsur-angsur.

  • Lakukan Pemeriksaan Ke Dokter Spesialis THT

Untuk gejala polip yang sudah parah, bisa sangat beresiko fatal apabila tidak dilakukan pemeriksaan ke dokter. Langsung saja pergi ke dokter spesialis THT dan dokter akan langsung memberikan beberapa jenis obat yang bisa meredakan polip tersebut.

Penyakit polip jangan dianggap remeh, karena seseorang yang terganggu pernafasannya akan sangat menderita, dan untuk gejala yang parah pasien bisa beresiko kehilangan nyawanya hanya karena penyakit tumor ini.

Baca: Penyakit Sinus (Sinusitis) – Jenis, Gejala, Pengobatan dan Bahaya Sinusitis

ARTIKEL TERKAIT