20 Penyebab Diare, Gejala, Ciri dan Cara Mengatasinya

273
20 Penyebab Diare Gejala Ciri dan Cara Mengatasinya
20 Penyebab Diare Gejala Ciri dan Cara Mengatasinya

Bidhuan.id – Penyebab diare dan cara mengatasinya perlu anda ketahui, karena jenis penyakit yang satu ini bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Untuk orang yang terserang penyakit diare, dari yang tingkatannya ringan hingga parah maka sebaiknya langsung periksakan ke dokter saja untuk mendapatkan penanganan dan diberikan jenis obat yang tepat.

Ada banyak penyebab dari diare ini, karena ada beberapa jenis makanan penyebab diare, yang membuat anda terserang diare dalam jangka waktu yang lama. Namun untuk gejala diare yang ringan, anda bisa melakukan pengobatan diare sendiri dirumah.

Simak beberapa penyebab serta cara mengatasinya dibawah ini.

Beberapa Penyebab Diare Lengkap Beserta Cara Mengatasinya

  • Infeksi Bakteri Menyebabkan Diare

Ada beberapa jenis bakteri yang bisa menyerang manusia, sehingga menjadi penyebab utama diare. Jenis bakteri tersebut adalah eschersia colli, campylobacter, salmonella, shigella.

  • Terinfeksi Virus

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa virus bisa menular lewat udara, dan ketika jenis virus ini sudah masuk ke dalam tubuh anda, maka virus tersebut akan menjadi penyebab diare atau mencret pada anak-anak hingga dewasa. Nama virus tersebut adalah norovirus, rotavirus, cytomegalo.

  • Terlalu Sering Konsumsi Makanan Asam, Pedas

Untuk anda yang sering dan hobi memakan makanan asam serta pedas ini, bisa juga memicu terjadinya diare atau mencret yang akan membuat anda menderita sakit perut yang hebat.

  • Terinfeksi Parasit Penyebab Diare Pada Anak Hinga Dewasa

Beberapa jenis parasit cripstosporadium dan giardia lambilia ini jika sudah masuk dan bersarang ditubuh anda bisa memicu timbulnya diare yang berkepanjangan.

  • Ditemukan Adanya Penyakit Didalam Usus

Jika anda mengalami diare yang berkepanjangan, bisa jadi didalam tubuh anda terdapat penyakit usus yang belum anda sadari. Segera periksakan ke dokter, karena keadaan ini bisa membuat diare semakin parah.

  • Penggunaan Antibiotik Yang Tidak Sesuai Dosis

Antibiotic memang kerap kali diberikan dokter dalam resep, untuk memperkuat imun dalam tubuh serta melawan berbagai infeksi dalam tubuh. Namun pemakaian melebihi dosis, tidak mengikuti resep dokter malah bisa menyebabkan diare.

  • Terjadinya Peradangan Pada Usus

Keadaan pasien yang sedang mengalami peradangan pada usus. Penyakit chrohn atau celiac itu merupakan serangan penyakit yang biasanya membuat usus menjadi radang.

  • Mengalami Iskemia Usus

Ini adalah kondisi dimana pasien mengalami masalah pada usus, seperti aliran darah yang tidak mengalir secara sempurna ke usus. Kondisi ini menyebabkan pasien mengalami diare yang berkepanjangan.

  • Mengonsumsi Vitamin C Secara Berlebihan

Ini adalah penyebab diare pada anak serta orang dewasa, apabila mengalami kelebihan vitamin c. Hal tersebut akan membuat usus kaget karena vitamin c memiliki rasa asam yang lebih.

Baca: Pilihan Obat Herbal Diare yang Terbukti Ampuh

  • Terlalu Banyak Makan Yang Bersantan

Ternyata makanan bersantan bisa memicu timbulnya diare pada perut anda. Maka dari itu makanlah makanan yang mengandung santan secukupnya saja.

  • Alkohol Penyebab Diare

Alcohol mempunyai pengaruh yang buruk terhadap organ pencernaan yang ada di perut. Apalagi jika minum alcohol pada kondisi perut kosong, bisa membuat pasien mengalami diare yang cukup parah.

  • Terkena Usus Buntu

Jika anda terkena radang usus buntu, maka anda akan mengalami diare. Hal itu muncul karena masalah pada usus dan membuat saluran pencernaan tidak bekerja secara sempurna.

  • Sedang Menjalani Terapi Untuk Kanker

Diare juga kerap kali dialami pasien yang terkena kanker, ini karena pasien tersebut sedang menjalani terapi untuk kanker. Biasanya terapi radiasi akan menimbulkan efek samping diare.

  • Mengonsumsi Makanan Pemanis Buatan Menyebabkan Diare Ringan

Diare bisa terjadi karena pasien telah memakan makanan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis inilah yang membuat usus mengeluarkan reaksi khusus dalam proses pencernaan sehingga mengakibatkan diare.

Baca: 4 Bahaya Aspartam Pada Produk Makanan dan Minuman Kemasan yang Harus Diwaspadai!

  • Mengalami Alergi Susu

Terkadang ada organ pencernaan yang tidak bisa mencerna gula atau laktosa yang terkandung didalam susu, sehingga akan mengeluarkan fases yang lembek dan terjadi diare.

  • Sedang Dalam Cuaca Estrem

Ini adalah penyebab diare pada bayi. Biasanya daya tahan tubuh si kecil sedang lemah, sehingga bisa terserang diare akibat cuaca panas atau dingin yang sedang sangat ekstrem.

  • Mengalami Keracunan Makanan

Selanjutnya anda juga bisa mengalami diare disebabkan karena keracunan makanan. Bisa jadi makanan yang anda makan kotor atau mengandung beberapa jenis kuman dan bakteri yang menyerang usus dan akhirnya diare.

  • Menderita Diare Karena Tidak Makan Teratur

Jangan menyepelekan makan teratur, karena bisa jadi anda mengalami diare karena ternyata pola makan anda sendiri yang tidak teratur, sehingga menghambat proses pencernaan dan akhirnya diare.

  • Telah Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Pengawet

Anda harus tau, bahayanya pengawet buatan yang ada di di makanan. Jika anda terlalu sering makan makanan yang mengandung pengawet, bisa memicu timbulnya diare.

  • Mengonsumis Buah Yang Mengandung Fruktosa

Fruktosa ini adalah sejenis gula alami yang biasanya ada didalam buah. Namun ada beberapa orang dengan sistem pencernaan yang lemah, tidak bisa mencerna fruktosa dengan baik sehingga mengalami diare.

Anda harus paham bahaya penyebab diare yang bisa menyerang anda kapanpun di kalangan anak-anak maupun dewasa. Mulailah jeli memillih makanan agar tidak mengalami diare.



Baca: 15 Obat Sakit Perut Anak untuk Mengobati Perut Melilit (Obat Apotik dan Herbal)