Penyakit Sinus (Sinusitis): Jenis, Gejala, Pengobatan dan Bahaya Sinusitis

1235
Penyakit Sinus (Sinusitis) - Jenis Gejala Pengobatan dan Bahaya Sinusitis
Penyakit Sinus (Sinusitis) - Jenis Gejala Pengobatan dan Bahaya Sinusitis

Bidhuan.id – Penyakit sinus (sinusitis) yaitu sebuah penyakit dimana peradangan atau inflamasi terjadi pada dinding sinus. Sinus sendiri meliputi rongga kecil berisi udara yang letaknya dibelakang tulang dahi dan pipi. Penyakit ini sangat umum terjadi dan bisa menjangkit orang pada umur berapa pun. Apakah anda ingin mengetahui tentang penyakit sinus dan gejalanya ? Bagaimana pengobatan pengobatan sinusitis? atau anda mungkin juga bertanya-tanya apakah penyakit sinus itu berbahaya ? Kalau berbahaya, apa bahaya sinusitis? apakah penyakit sinusitis menular? simak secara lengkap ulasan tentang penyakit satu ini jika anda penasaran.

Bagian Anatomi Sinus

Sinus berfungsi untuk menghasilkan mukus atau lendir yang bermanfaat untuk mengatur suhu dan kelembaban udara yang masuk dari hidung sampai ke paru-paru agar sesuai dengan suhu tubuh manusia.  Lendir atau mukus ini mengalir ke hidung dari saluran saluran kecil yang berasal dari letak sinus berada. Saluran mukosa ini bisa terhalang jika sinus mengalami peradangan dan terinfeksi atau yang sering dikenal sebagai penyakit infeksi sinusitis.

Letak sinus pada anatomi manusia terletak pada tulang tengkorak bagian depan. Pada tulang tengkorak terbagi menjadi beberapa bagian di wajah, yakni 2 rongga sinus terletak pada bukaan lubang hidung, 2 pada kedua sisi batang hidung, di belakang mata dan di belakang tulang pipi, serta  empat pasang didalam kerangka kepala yaitu di belakang tulang dahi. Semua sinus tersebut terhubung melalui saluran kecil yang ada dalam rongga kecil di tengkorak manusia.

Jenis Penyakit Sinus dan Gejalanya

Jenis penyakit sinus yang ada terbagi kedalam beberapa jenis berdasarkan lama atau durasi penyakit ini menjangkiti penderita, yaitu :

  • Sinusitis akut yang terjadi selama 1-2 minggu
  • Sinusitis subakut terjadi lebih sebentar dibandingkan sinusitis akut
  • Sinusitis kronis yang terjadi bisa mencapai lebih dari 8 minggu dan bisa berbahaya jika dibiarkan
  • Sinusitis kambuhan biasanya terjadi akibat alergi atau adanya pemicu inflamasi atau peradangan sinus.

Gejala Sinusitis pada anak dan dewasa

Sedangkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit sinus kronis baik pada anak maupun dewasa yang wajib untuk dilakukan penyembuhan secara intensif antara lain :

  • Terjadi nyeri pada bagian wajah dan dahi

Ketika penderita mengalami sinusitis yang sedang kambuh, maka akan mengalami rasa nyeri pada beberapa bagian wajah dan dahi yang terletak daerah sinus yang mengalami peradangan.

  • Mengeluarkan ingus lewat hidung dan tenggorokan

Selain rasa nyeri pada bagian sinus yang mengalami inflamasi, maka gejala penyakit sinus kronis lainnya adalah penderita akan mengeluarkan ingus berwarna kuning kehijau-hijaauan, dengan bau yang lumayan tajam. Selain itu, biasanya lendir ini juga akan keluar pada bagian tenggorokan atau disebut degan postnasal drip.

  • Terjadi Hidung Tersumbat

Hidung yang tersumbat ini bukan dikarenakan mukosa atau lendir yang tertahan di hidung melainkan berasal dari inflamasi atau pembengkakan pada sinus di bagian dalam. Pembengakan yang menyebabkan hidung tersumbat ini akan membuat anda kesulitan bernafas dan berkurangnya indera penciuman serta perasa.

  • Batuk terus menerus merupakan salah satu akibat penyakit sinusitis

Batuk terus menerus juga akan menghinggapi penderita penyakit sinus kronis. Batuk yang muncul ini adalah akibat dari lendir yang mengalir melalui tenggorokan sehingga menyebabkan gatal dan iritasi di tenggorokan. Batuk yang terjadi biasanya akan meningkat frekuensinya pada malaam hari, sehingga penderit sinus ini akan kesulitan tidur dimalam hari. Solusinya adalah dengan mengubah posisi tidur menjadi setengah duduk dengan kepala tegak untuk membantu mengurangi frekuensi batuk.

  • Sakit kepala bisa jadi akibat Penyakit sinus kronis

Sakit kepala yang terjadi wajar adanya bagi penderita penyakit sinus di kepala, di hidung dan dibagian sinus lainnya karena semua peradangan yang terjadi akan terakumulasi di bagian tengkorak, sehingga syaraf bagian kepala akan merasakan rasa sakit yang ada. Tidak hanya sakit kepala yang terjadi, penderita juga biasanya akan merasakan sakit di bagian gigi, telinga, rahang serta pipi.

  • Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan atau radang akan terjadi akibat batuk yang berkepanjangan atau terus menerus sehingga menimbulkan iritasi di tenggorokan.

Baca: Thiamphenicol – Obat Golongan Antibiotik Spektrum Luas Wajib Resep Dokter

Cara Mengatasi Sinusitis yang Kambuh (Pengobatan Sinusitis)

Terdapat beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika penyakit sinus menghinggapi anda lagi antara lain :

  • menyemprotkan semprotan hidung saline untuk membersihkan saluran hidung penderita sinus.
  • meminum obat pereda rasa sakit
  • Bila perlu minum obat dekongestan, namun harus dikonsultasikan dulu kepada dokter, karena konsumsi obat ini tidak bisa dikonsumsi lebih dari seminggu
  • Kortikosteroid hidung perlu dikonsumsi untuk mencegah dan menangani peradangan atau inflamasi

Bahaya Penyakit Sinus Kronis

Apabila penyakit sinusitis kronis tidak ditangani secara intensif dan terpercaya, maka akan terjadi komplikasi yang cukup membahayakan antara lain :

  • Apabila inflamasi dan infeksi menyebar ke dinding otak maka bisa menyebabkan penyakit meningitis.
  • Akan mengalami kehilangan atau kerusakan indera penciuman baik sebagian maupun keseluruhan
  • Yang terparah adalah dapat mengganggu penglihatan atau dapat menjadi buta
  • Akan memicu munculnya infeksi di kulit atau tulang

Apakah Sinusitis Menular?

Jawabannya ialah tidak, penyakit sinusitis tidak menular. Namun hal ini juga tidak sepenuhnya benar. Sebab pada beberapa kasus sinusitis yang disebabkan oleh virus sebagai contoh flu dapat juga menyebar ke orang lain.

Setelah menyimak informasi lengkap tentang Penyakit Sinus, Penyebab dan Gejalanya semoga bisa menjawab rasa penasaran anda tentang penyakit satu ini. Walaupun tidak terlalu berbahaya, namun penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi yang cukup beresiko. Jadi tangani dengan benar dan jangan sepelekan “bahaya sinusitis” jika gejala penyakit sinusitis mulai muncul. Salam sehat !

Baca: Obat Flu Demacolin – Komposisi, Dosis, Efek Samping dan Harga

ARTIKEL TERKAIT