Herpes Zoster: Pengertian, Gejala, Risiko, Langkah Pengobatan dan Pencegahan

702
Herpes Zoster - Pengertian Gejala Risiko Langkah Pengobatan dan Pencegahan
Herpes Zoster - Pengertian Gejala Risiko Langkah Pengobatan dan Pencegahan

Bidhuan.id – Herpes Zoster adalah infeksi virus yang perlu diwaspadai keberadaannya. Infeksi yang juga dikenal dengan nama herpes zoster ophthalmicus ini biasa terjadi pada permukaan kulit dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang akan terasa gatal dan panas. Lalu, apa yang menjadi faktor yang menyebabkan virus herpes zoster  ini mampu menjangkiti manusia? Apakah herpes zoster menular? Bagaimana ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, berikut ulasan mengenai infeksi virus ini.

Pengertian Herpes Zoster

Seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas, Herpes Zoster adalah infeksi virus yang menjangkiti kulit dan saraf di sekitarnya. Virus ini sama dengan virus yang menjadi penyebab cacar air, yakni Varisela Zoster. Virus ini umumnya menetap pada dasar tulang tengkorak manusia maupun di sekitar tulang belakang setelah cacar, dan dapat muncul kembali dan menyebabkan Herpes Zoster.

  • Berbagai Gejala Herpes Zoster

Gejala awal ketika seseorang terjangkit Virus Herpes Zoster adalah rasa sakit layaknya tertusuk benda tajam maupun terasa panas terbakar. Rasa gatal dan mati rasa kemudian timbul dari luka yang muncul.

Tahap selanjutnya, luka tersebut nantinya akan menjadi luka yang melepuh dan berisi air seperti terkena cacar air. Beberapa hari kemudian, lepuhan akan mengering dengan sendirinya dan meninggalkan bekas koreng pada kulit. Biasanya, infeksi virus ini hanya timbul pada satu bagian tubuh sesuai dengan saraf yang dijangkiti.

Selain gejala umum di atas, biasanya infeksi virus ini akan menyebabkan gejala lainnya seperti:

  • Sakit kepala.
  • Suhu tubuh meningkat.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Tidak enak badan dan mudah lelah.

Meskipun tampak mengerikan, sebenarnya virus Herpes Zoster adalah penyakit yang tidak tergolong serius. Infeksi akan segera hilang setidaknya 14-28 hari setelah mulai dijangkiti. Namun untuk penanganan yang lebih baik, disarankan untuk segera menghubungi dokter.

    • Faktor Risiko Herpes Zoster

Belum diketahui pasti apa penyebab munculnya Herpes Zoster Ophthalmicus. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya infeksi virus ini, diantaranya adalah:

  • Usia. Umumnya pasien dengan usia 50 tahun ke atas-lah yang dapat terinfeksi oleh virus ini.
  • Mengalami depresi secara fisik maupun emosional.
  • Mengalami penurunan daya tahan tubuh, seperti para pengidap HIV/AIDS, pengguna steroid jangka panjang, atau sedang menjalankan program kemoterapi.
  • Langkah Pengobatan Herpes Zoster

Hampir sama dengan cacar air, tidak ada penanganan khusus yang dapat dilakukan untuk mengobati infeksi virus ini. Hal ini dikarenakan infeksi ini akan hilang secara sendirinya.

Akan tetapi, beberapa pengobatan dilakukan untuk mengurangi gejala yang timbul, seperti rasa sakit dan gatal. Selain itu, penggunaan obat antivirus Acyclovir dan Valacyclovir akan sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan dari infeksi ini. Penggunaan dilakukan tiga hari setelah munculnya ruam, atau tujuh hari apabila pengidap memiliki komplikasi penyakit lainnya. Penggunaan obat dilakukan selama kurang lebih 7-10 hari hingga ciri-ciri Herpes Zoster mulai sembuh.

Baca: 6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi

    • Langkah Pencegahan Herpes Zoster

Untuk mencegah terinfeksi virus ini, hal yang paling utama dilakukan adalah dengan menerima vaksin Herpes Zoster. Vaksin ini dianjurkan untuk dilakukan pada usia 50 tahun keatas. Selain itu, vaksin ini juga dapat diberikan kepada seseorang yang pernah terinfeksi virus ini dan mencegah virus ini kambuh di kemudian hari.

Selain dengan cara vaksinasi, pencegahan sederhana dapat dilakukan dengan menghindari meminjam/meminjamkan barang pribadi kepada pengidap Herpes Zoster, seperti pakaian ataupun handuk. Hal ini dikarenakan Herpes Zoster menular melalui cara ini.

Herpes Zoster merupakan virus yang menjangkiti permukaan kulit dan saraf yang dapat menyebabkan ruam yang panas hingga gatal. Meskipun tidak berbahaya, infeksi virus ini perlu diobati dengan benar agar penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat. Herpes Zoster adalah infeksi virus yang dapat dicegah dengan memahami berbagai gejala, faktor risiko, dan langkah pencegahannya



Baca: Hydrocortisone Salep – Obat Topikal Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal