6 Obat Penenang Alami sebagai Pengganti Obat penenang di apotik

0
858
6 Obat Penenang Alami sebagai Pengganti Obat penenang di apotik
6 Obat Penenang Alami sebagai Pengganti Obat penenang di apotik

Bidhuan.id – Obat penenang alami kini sudah banyak digunakan sebagai solusi selain obat kimia untuk mengatasi stres dan kecemasan. Nampaknya perkembangan zaman yang keras memicu banyaknya kebutuhan akan obat-obatan ini. Karena minimnya efek samping dari obat herbal penenang pikiran ini dan keefektifan hasilnya setelah konsumsi teratur, banyak orang mulai beralih dari obat penenang di apotik ke obat penenang alami. Lantas, apa sajakah bahan-bahan alami (herbal) yang dapat digunakan sebagai obat penghilang stres pikiran tersebut? Bagaimana cara membuat obat penenang alami? Temukan jawabannya dibawah ini.

Obat herbal penenang pikiran

Penggunaan obat penenang di apotik mungkin sudah lama dipercaya oleh sebagian orang sebagai obat stres dan depresi paling ampuh. Namun, tak dapat disangkal pula penggunaan obat tersebut secara rutin / terus menerus dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek ketergantungan serta berbagai bahaya lainnya pada tubuh.

Sebagai solusinya, anda bisa mulai mencoba menggunakan beberapa bahan alami berikut ini sebagai obat penenang alami.

  1. Rosemary

Rosemary merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai obat penenang alami sekaligus bahan tambahan dalam masakan. Aroma pada tanaman ini berguna untuk mengurangi tekanan akibat stres maupun cemas karena rosemary mampu melemaskan otot-otot tubuh yang kaku.

Selain digunakan pada bahan tambahan masakan, minyak rosemary juga sering digunakan dalam terapi relaksasi bagi otak sejak bertahun-tahun lalu. Seperti teh, daun rosemary juga bisa diseduh dengan air dan diminum.

  1. Lavender (Obat penghilang stres pikiran)

Lavender berkhasiat sebagai ramuan yang dapat menghilangkan stres karena aroma bunga ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan menenangkan kulit. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai salah satu minyak esensial untuk memijat tubuh.

Mengkonsumsi teh dengan aroma lavender juga dipercaya memberikan efek rileks dan tenang. Selain dengan dikonsumsi langsung, lavender juga bisa digunakan dalam bentuk parfum atau penyegar ruangan. Menghirup aromanya saja terbukti memberikan efek tenang pada pikiran dan sangat membantu melepaskan tegangan. Jadi tak salah, jika anda mulai mencobanya sebagai obat penghilang stres pikiran.

  1. Teh hijau sebagai obat stres Alami

Teh hijau memang sudah diketahui sejak lama memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan, ternyata teh hijau juga bisa membantu meringankan stres dan membuat pikiran menjadi tenang.

Teh hijau mengandung asam amino yang disebut tiamin, yang berguna untuk mengurangi semua hormon stres. Untuk menghindari stress, nikmati setidaknya tiga hingga empat cangkir teh hijau dalam sehari.

  1. Ginko Biloba (obat penghilang stres pikiran)

Ginko Biloba merupakan jenis tanaman herbal yang dapat membantu mengobati depresi serta melawan perubahan otak atau pikun akibat penuaan. Tanaman ini juga dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan dan kadar serotin dalam otak.

Untuk hasil yang maksimal, konsumsi 80 mg ekstrak ginko biloba sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Kisaat

Kisaat merupakan bunga beraroma wangi yang dapat digunakan sebagai aroma terapi dengan efek menenangkan. Tanaman semak ini memiliki khasiat sebagai obat herbal penenang pikiran dan bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat tersebut adalah daun dan akarnya.

Akar dari tanaman kisaat mampu menenangkan syaraf pusat sehingga dapat digunakan untuk orang yang sulit tidur. Kisaat mengansung senyawa asam velerant yang mampu memberikan efek tidur setelah dikonsumsi.

Cara membuat obat penenang alami dari tanaman Kisaat pun tidaklah sulit, tumbuk akar kisaat lalu tambahkan air minum secukupnya. Setelah itu, saring dan minum air tersebut untuk memenangkan syaraf pusat.

  1. Jojoba(Obat stres dan depresi)

Jojoba sering dijadikan sebagai salah satu kandungan dalam formula produk kecantikan dan sabun mandi. Jojoba dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh. Untuk mendapatakan efek relaksasi yang menenangkan pikiran, cobalah untuk mandi dengan sabun yang mengandung jojoba.

Minyak jojoba juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak jojoba pada tangan, kaki dan daerah kulit lainnya sehingga tubuh tidak kering setelah mandi. Selain kulit terasa lembut, tubuh juga akan segera merasa rileks. Minyak jojoba juga baik digunakan untuk terapi pijat yang dapat membantu pikiran menjadi tenang.

Dari ulasan diatas, kini kita tahu kalau ternyata banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penenang alami. Selain aman dan natural, bahan-bahan ini juga memberikan hasil yang efektif meski memang efek yang dirasakan tidaklah secepat pada penggunaan obat penenang di apotik. Tertarik untuk mencobanya Bidhuaners?



Baca: Kisah Apoteker Tekab yang Terungkap Karena Apoteknya Jual Pil Bojek