Varian Obat Sariawan di Tenggorokan yang Ampuh dan Manjur

0
451
Obat Sariawan di Tenggorokan
Obat Sariawan di Tenggorokan

Bidhuan.id – Mengatasi atau mengobati sariawan di tenggorokan memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Cara pengobatan sariawan di tenggorokan yang ampuh memang tidak harus selalu bergantung pada obat-obatan medis saja. Melainkan dapat juga menggunakan obat sariawan di tenggorokan dari bahan alami. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seperti “sariawan di tenggorokan obatnya apa?” atau, bagaimana cara mengobati sariawan di amandel dengan bahan alami?, maka simak terus ulasan di bawah ini.

Sariawan di tenggorokan memang dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari orang dewasa, anak-anak, bahkan hingga pada bayi. Mengatasi kondisi tersebut memang dapat dikatakan cukup membingungkan, pasalnya hingga saat ini tidak terdapat obat khusus untuk mengobati sariawan. Tekecuali memang pada kondisi yang sudah parah maka akan membutuhkan perawatan medis secara intensif.

Cara Mengobati Sariawan di Tenggorokan

Cara Mengobati Sariawan di Tenggorokan
Cara Mengobati Sariawan di Tenggorokan

Pada umumnya, sariawan serta nyeri di tenggorokan atau faringitis ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Virus dan bakteri tersebut biasanya akan menyerang tubuh saat tubuh sedang dalam kondisi yang paling lemah. Maka dari itulah sebenarnya cara mengatasi sariawan yang paling mudah adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk Anda yang ingin mencoba mengobati sariawan di tenggorokan dengan bahan alami, maka inilah beberapa obat sariawan di tenggorokan, obat sariawan di lidah, dan obat sariawan di amandel yang dapat kita ketahui bersama.

Baca juga: Cara Alami Obati Sakit Tenggorokan Tanpa Harus Ke Dokter

Macam-Macam Obat Sariawan di Tenggorokan Dari Bahan Alami :

  • Jus Bawang Merah (obat sariawan di tenggorokan)

Salah satu cara yang paling ampuh mengatasi sariawan di tenggorokan adalah menggunakan jus bawang ini. Memang saat dibayangkan saja rasa dari jus ini dipastikan tidak akan enak, namun dimanapun obat yang ampuh pasti akan selalu memiliki rasa yang tidak enak.

Untuk membuatnya Anda dapat menyiapkan beberapa siung bawang merah, kupas kemudian cuci bersih dan haluskan dengan blender. Campurkan dengan air secukupnya, lalu tambahkan madu alami asli agar rasanya tidak terlalu menyengat. Setelah diaduk rata, minumlah jus bawang tersebut.

  • Buah Mengkudu dan Madu (obat sariawan di amandel)

Tidak hanya dapat menurunkan hipertensi, namun kandungan yang terdapat di dalam buah mengkudu matang juga dapat membantu mengobati sariawan yang terdapat di amandel

Caranya yakni siapkan dua buah mengkudu yang sudah matang, setelah itu peras dan saring untuk di ambil air sari buahnya saja. Untuk menghilangkan rasa pedas dan aromanya yang menyengat, maka campurkan beberapa sendok makan madu lalu minumlah ramuan tersebut hingga 3 kali sehari.

  • Larutan Air Garam (obat sariawan di lidah dan mulut)

Larutan air garam ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya yakni unntuk mengobati sariawan yang terdapat di lidah, mulut, dan tenggorokan.

Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal melarutkan 1/2 sendok teh garam halus beryodium pada 1 cangkir air hangat. Aduk hingga larut kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Dapat di lakukan hingga beberapakali dalam sehari.

  • Ramuan Jeruk Lemon dan Jahe (obat sariawan di tenggorokan pada anak)

Sariawan di tenggorokan anak juga dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe yang dicampur air sari jeruk lemon. Untuk membuatnya, Anda dapat menyiapkan terlebih dahulu beberapa rimpang jahe. Cuci bersih jahe tersebut lalu parut hingga lembut.

Masukan parutan jahe tersebut pada air larutan yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk lemon dan madu, aduk hingga merata dan biarkan jahe mengendap. Setelah itu, segeralah berikan pada anak saat larutan masih hangat.

  • Larutan Madu Alami Asli (obat sariawan di tenggorokan pada bayi)

Untuk pengobatan yang ampuh, maka sebaiknya Anda menggunakan madu alami asli dan bukan madu campuran. Cara membuat larutan madu ini pun sangat mudah, karena Anda hanya tinggal melarutkan 1 sendok makan madu pada 1 cangkir air hangat.

Kemudian berikan pada bayi sedikit demi sedikit menggunakan sendok teh. Namun sebaiknya cara ini mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak medis seperti dokter, karena tidak semua bayi diperbolehkan mengkonsumsi madu.

Beberapa obat sariawan di tenggorokan di atas tadi mungkin dapat dikatakan lebih manjur jika dibandingkan dengan obat-obatan medis. Kendati demikian, jika sariawan di tenggorokan tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama hingga 1 minggu, maka hendaknya segera periksa ke dokter THT untuk mengetahui kondisi pastinya.

Baca juga: Masyarakat Wajib Tahu Alasan Minum Obat Sesudah atau Sebelum Makan